Skip to main content

Kampung Kurcaci, Wisata Alam Edukatif di Purbalingga

Akhir akhir ini memang sedang hits wisata rumah pohon dan rumah hobbit. Menjadikan beberapa daerah di Indonesia tertarik untuk membuat konsep wisata serupa.

rumah hobbit kampung kurcaci
rumah hobbit. foto : @saynoaja

Contohnya saja Rumah Hobbit di Jogja dan Lembang Bandung yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Tak mau kalah, Kabupaten Purbalingga juga memiliki wisata alam serupa bernama Kampung Kurcaci yang terletak di Desa Wisata Serang.




Apa yang Menarik di Kampung Kurcaci Purbalingga ?

Kampung Kurcaci Purbalingga ini berada di kaki Gunung Slamet, yaitu gunung tertinggi di Jawa Tengah, menjadikan udara di tempat wisata Purbalingga satu ini terasa cukup sejuk.

rumah hobbit kampung kurcaci purbalingga
rumah hobbit kedua. foto : @istiana_28

Bentuk dari rumah hobbit di Kampung Kurcaci ini tak berbeda jauh dengan yang ada di Malang dan Jogja.

Awalnya masyarakat Desa Serang ingin membuat sekolah alam yang dilengkapi dengan sebuah rumah mini untuk menarik wisatawan. Ternyata rumah mini tersebut malah menjadi viral dan langsung populer di sosial media.

Di wisata alam Kampung Kurcaci Purbalingga ini tak hanya ada satu rumah hobbit saja, melainkan ada sekitar 2 rumah. Tentu semakin memanjakan wisatawan yang ingin berfoto disana.

Baca juga :
Mencari spot foto keren di Purbalingga? yuk kunjungi tempat wisata ini.



Apa yang Bisa Dilakukan di Kampung Kurcaci Purbalingga ?

camping di kampung kurcaci
camping di kampung kurcaci. foto : @odi_lutfi

Apakah di Kampung Kurcaci ini kita hanya bisa befoto saja ? tentu tidak. Di Kampung Kurcaci Purbalingga ini kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti :

Camping
Kawasan Kampung Kurcaci bisa dibilang cukup luas, dengan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan, jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin camping ceria bersama teman-teman.

Trekking di Hutan Wisata
Di Kampung Kurcaci ini terdapat banyak sekali pepohonan damar yang sudah berumur ratusan tahun, di hutan wisata ini kita bisa trekking berkeliling hutan dengan udaranya yang sejuk dan suasananya yang nyaman.

Mengunjungi Air Terjun
Tak hanya menawarkan sebuah rumah hobbit saja, di Kampung Kurcaci ternyata juga terdapat sebuah air terjun bernama Curug Lawang, walaupun tidak terlalu tinggi, namun Curug Lawang ini sangat cocok dikunjungi ketika siang hari.

Sekolah Alam
Konsep awal dari Rumah Kurcaci Purbalingga adalah sekolah alam. Disini kita bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang berhubungan dengan alam.

Tak hanya itu saja, di Sekolah Alam Kampung Kurcaci ini juga terdapat perpustakaan dan beragam permainan tradisional lho.

Kini Kampung Kurcaci menjadi salah satu wisat alam favorit di Purbalingga yang selalu ramai dikunjungi oleh kalangan muda dan wisatawan yang berkunjung bersama keluarga.

Baca juga :
Igir Wringin, Tempat wisata yang cocok buat ngadem di Purbalingga
Yuk, melihat keindahan alam Kabupaten Purbalingga dari Puncak Sendaren.

selfie keren di kampung kurcaci
selfie desk di dekat curug lawang. foto : @faat_abalabal 




Fasilitas :
  • Spot Foto
  • Rumah Hobbit
  • Rumah Pohon
  • Sekolah Alam
  • Perpustakaan
  • Air Terjun
  • Camping Ground
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Kampung Kurcaci Purbalingga :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka : 
09:00 – 17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, sudah terdapat beberapa rest area di sekitar wisata alam Kampung Kurcaci, atau kamu juga bisa camping di kawasan hutan wisata.




Lokasi :

  • Alamat ; Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
  • 25 Km dari pusat Kabupaten Purbalingga melalui Jl. Serayu (50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Kampung Kurcaci Purbalingga

#Dari Arah Purbalingga dan Purwokerto
Kamu bisa mengikuti rute :
Sokaraja – Kalimanah - Purbalingga Kota - Arah Bobotsari melewati Bojongsari – Mrebet, hingga kamu menemukan Pertigaan Serayu (terdapat papan petunjuk jalur pendakian Gunung Slamet).

Dari pertigaan tersebut silahkan belok kiri menuju Desa Serang/Pratin (kebun strawberry). Kampung Kurcaci berada di Jl.Raya Brobahan sekitar 1km sebelum rest area Lembah Sari.

#Dari Arah Pemalang
Kamu bisa mengambil rute Belik – Gombong – Kutabawa/Pratin, lalu belok kanan menuju Desa Serang, Kampung Kurcaci terletak sekitar 1km sebelum rest area Lembah Sari.




Tips Berlibur ke Kampung Kurcaci Purbalingga :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kampung Kurcaci adalah di hari biasa (senin-kamis) disaat pagi atau sore hari.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Sangat cocok untuk wisata keluarga.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Cocok untuk hunting foto.





Lihat peta cara menuju ke kampung kurcaci purbalingga




Wisata Terdekat dari Kampung Kurcaci (- 1 Jam):

Goa Lawa (20 menit)
Sesuai namanya, Goa Lawa merupakan wisata alam keluarga dengan sajian utama berupa goa, di dalam goa ini terdapat banyak kelelawar yang mendiami atap goa. Tak hanya menawarkan sensasi berkeliling goa saja, di wisata alam ini juga terdapat tempat permainan anak, jadi sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar