Igir Wringin, Wisata Alam Indah di Purbalingga


Apa kamu tahu tentang tempat wisata Punthuk Mongkrong di Magelang ? sebuah wisata alam perbukitan yang menawarkan pemandangan Kabupaten Magelang, nah di Purbalingga ternyata terdapat tempat wisata serupa dengan pemandangan tak kalah indah lho.


foto pemandangan alam purbalingga dari igir wringin
pemandangan alam Purbalingga. foto : r_khatama



Namanya Igir Wringin, Igir Wringin merupakan puncak tertinggi di kawasan pegunungan Wringin dengan ketinggian skeitar 640 Mdpl, sedangkan puncak Igir Wringin sendiri kira-kira berada di ketinggian 612 Mdpl, tidak terlalu tinggi memang, namun pemandangan yang ditawarkan objek wisata ini sangat mempesona.

Di puncak Igir Wringin terdapat rumah pohon layaknya di Kalibiru, Yogyakarta, rumah pohon ini menjadi daya tarik utama di wisata alam Igir Wringin, ditambah lagi setelah foto-foto kerennya tersebar luas di Internet menjadikan Igir Wringin kian populer, tak jarang pulau wisatawan dari luar kota seperti Purwokerto, Banyumas dan kota lainnya datang kesini untuk melihat keindahan alam Purbalingga.

Tapi, untuk menikmati keindahan alam di Igir Wringin tidaklah mudah, dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki selama kurang lebih 1,5 jam, tergantung kecepatanmu dalam berjalan, jadi sebelum memutuskan kesini pastikan kamu olahraga dulu ya agar tidak mudah capek.



foto jembatan bambu di igir wringin
jembatan bambu buat selfie. foto : rumah_pohon




Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai trekking, apabila takut mendaki gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, tidak ada salahnya mengalihkan tujuan dengan mendaki di Igir Wringin.

Selama pendakian kamu akan menemukan dua Pos, di Pos 1 kamu bisa istirahat sebentar agar tubuhmu tidak kaget karena sebelumnya tidak pernah mendaki, melanjutkan ke Pos 2 dari sini kamu bisa memilih untuk langsung menuju ke Puncak atau ke air terjun.

Air terjun tersebut bernama Curug Luwang Areng, sempatkanlah mampir ke air terjun ini untuk menyegarkan badan setelah mendaki, ibarat bonus, Curug Luwang Areng memiliki pemandangan yang cukup indah lho, cocok untuk bersantai sejenak.

Cukup menyiapkan uang tak lebih dari Rp.10.000 kamu sudah bisa melihat pemandangan indah Kabupaten Purbalingga dari ketinggian, selain itu Igir Wringin juga sudah ditunjang dengan fasilitas yang cukup memadai.

Bukan hanya itu, jika kamu ingin merasakan suasana yang berbeda, kamu bisa mendirikan tenda di kawasan Igir Wringin lho, Wisata Alam Igir Wringin juga terkenal dengan keindahan sunrisenya, jadi daripada kamu harus naik di saat fajar, alangkah lebih baiknya jika kamu camping langsung di kawasan tersebut.

baca juga : wisata alam Posong, spot keren untuk melihat kemegahan gunung Sindoro


foto pagi hari di igir wringin
pagi hari di Igir Wringin. foto : ivoni_jong_adventure




Rute Menuju Igir Wringin

Akses mnuju Igir Wringin bisa dibilang cukup mudah, dari Purbalingga langsung ambil arah ke Bobotsari, kemudian ambil arah yang menuju Rajawana, setalah sampai di Rajawana kemudian ambil arah ke Desa Panusupan, setelah sampai di Desa Wisata Panusupan langsung saja menuju ke Igir Wringin (sudah terdapat banyak papan petunjuk jalan).

baca juga : mencari spot foto di Purbalingga ? kunjungi wisata ini aja



foto jalur ke puncak igir wringin
jalur yang harus kamu lewati. foto : http://suarakunangkunang.blogspot.co.id/




Tips Berlibur Ke Igir Wringin ;


  • Waktu terbaik adalah saat musim kemarau, karena jalur yang akan kita lewati adalah jalur tanah jadi akan cukup licin ketika musim hujan.
  • Disarankan untuk datang saat hari biasa (senin-kamis) sebab biasanya saat weekend akan ramai oleh pengunjung.
  • Untuk kenyamanan, kamu bisa datang saat pagi dan sore hari, jika terpaksa datang di siang hari pastikan kamu membawa topi ya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, namun disarankan lebih baik menggunakan motor.
  • Pastikan kendaraanmu normal dan selalu isi full bensinmu ya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.






Lokasi :


  • Alamat ; Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
  • 10 Km dari pusat Kabupaten Purbalingga melalui Jl. Sersan Sayuti (19 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Lihat peta cara menuju ke igir wringin



Wisata Terdekat Dari Igir Wringin :

Desa Wisata Panusupan

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »