Puncak Sendaren, Spot Keren Untuk Melihat Keindahan Alam Purbalingga dari Ketinggian


Purbalingga, sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal memiliki wisata alam keren, salah satunya adalah Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, karena karakteristiknya yang berada di kaki Gunung Slamet menjadikan Purbalingga memiliki banyak potensi wisata alam.


foto jembatan puncak sendaren purbalingga
berani selfie disini? foto : mftkhsn



Salah satu wisata alam populer di Purbalingga adalah Puncak Sendaren, tentu kamu tidak asing dengan wisata Kalibiru di Jogja atau Punthuk Mongkrong di Magelang yang menyajikan pemandangan alam di daerah masing-masing dari ketinggian.

Serupa dengan tempat wisata tersebut, Puncak Sendaren juga menawarkan pemandangan alam dari Kabupaten Purbalingga, objek wisata satu ini berada di ketinggian skitar 682 Mdpl menjadikan lokasi tersebut menjadi spot kece untuk melihat keindahan alam Purbalingga.

Tak hanya populer di Purbalingga dan kota tetangganya saja, Puncak Sendaren juga sudah populer dikalangan traveler kota-kota besar seperti Semarang, Yogyakarta hingga Jakarta, setiap harinya terutama ketika weekend tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung.

Salah satu spot favorit di Puncak Sendaren adalah jembatan bambu, yaitu sebuah jembatan dengan panjang sekitar 10 meter yang dibuat di ujung tebing dengan tujuan agar pengunjung bisa lebih menikmati pemandangan dengan suasana berbeda.

baca juga : ini dia lokasi keren di Purbalingga bagi kamu pecinta selfie


foto susuh burung puncak sendaren romantis
ini dia susuh burung. foto : ratnofiuzza



Tidak hanya jembatan saja, di kawasan Puncak Sendaren juga terdapat spot lain yang tak kalah favorit, yaitu Susuh Burung, sebuah rumah pohon yang dibangun dengan bentuk menyerupai rumah burung, tak heran jika Puncak Sendaren menjadi spot selfie favorit dikalangan anak muda Purbalingga.

Untuk menikmati pemandangan di Puncak Sendaren kita terlebih dahulu harus mendaki menuju puncak, untuk sampai di puncak sendiri tak membutuhkan waktu lama kok, selama perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam di kawasan Gunung Sendaren ini, mulai dari pepohonan, perkebunan hingga air terjun.

Selain itu Wisata Alam Puncak Sendaren juga terkenal dengan pemandangan sunset dan sunrisenya yang mempesona, cobalah datang dikala fajar untuk melihat indahnya matahari terbit di Puncak Sendaren ini, namun bagi kamu yang tidak bisa datang fajar pun tidak perlu kawatir.

Di kawasan Puncak Sedaren juga terdapat camping ground yang dapat kamu gunakan untuk mendirikan tenda, jadi kamu tidak perlu susah susah bangun pagi dan mendaki ke puncak, cukup mendirikan tenda disini kamu bisa melihat keindahan kota Purbalingga di malam hari dan tentunya sunrise di pagi hari.

baca juga : Baturaden, wisata alam keren di lereng gunung Slamet


foto puncak sendaren purbalingga
selfie disini harus antre ya guys. foto : nlukyandari


Rute Menuju Puncak Sendaren

Akses menuju lokasi cukup mudah kok, dari Kota Purbalingga kamu bisa menuju ke Pasar Bobotsari, dari perempatan pasar bobotsari belok kanan dan ikuti saja jalan tersebut hingga kamu menemukan percabangan jalan dimana yang satu lurus dan yang satu lagi naik ketas (sudah terdapat papan petunjuk).

 Lalu kamu pilih jalan yang menuju keatas hingga menemukan Balai Desa Panusupan, dari Balai Desa kamu lurus terus kira-kira 500 meter kamu akan menemukan pertigaan lalu ambil jalur kekanan hingga kamu sampai di tempat wisata Puncak Sendaren.

baca juga : yuk body rafting di Ranto Canyon, Brebes


foto romantis puncak sendaren
duh, romantis ya. foto : ernnie_



Tips Berlibur Ke Puncak Sendaren :


  • Agar lebih puas dan leluasa, disarankan datang ketika hari biasa (senin-jumat) karena biasanya saat hari libur dan weekend wisata ini ramai oleh pengunjung.
  • Jembatan bambu di Puncak Sendaren hanya boleh diisi maksimal 5 orang, jadi kamu harus antre ya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan.
  • Pastikan kamu menggunakan sepatu atau sandal untuk kegiatan outdoor agar lebih nyaman.
  • Jika ingin melihat sunrise, kamu bisa mendirikan tenda di kawasan ini.



Harga Tiket Masuk :
Rp. 5000/orang

Update Agustus 2016
*harga tiket bisa berubah kapanpun

Akomodasi (Penginapan)
Karena berada di desa jadi cukup susah menemukan penginapan di sekitar kawasan wisata, sebagai alternatif kamu bisa mendirikan tenda di kawasan Puncak Sendaren.




Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga.
  • 20 Km dari pusat Kabupaten Purbalingga melalui Jl. Sersan Sayuti (40 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke puncak sendaren


Wisata Terdekat Dari Puncak Sendaren :

Igir Wringin (26 menit)
Watu Geong 

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »