Rumah Hobbit Lembah Semilir, Wisata Alam Baru di Karanganyar

0 Comments A+ a-

Sebelumnya Kabupaten Karanganyar memang jarang mengeluarkan wisata-wisata baru, tapi akhir-akhir ini Karanganyar mulai ikut meramaikan wisata baru seperti daerah lain.

rumah hobbit lembah semilir

view rumah hobbit lembah semilir. foto : @trisnoarybudi 

Nah, salah satu wisata yang sempat populer adalah Rumah Hobbit. Tak mau ketinggalan, Karanganyar juga mengeluarkan jenis wisata tersebut.




Apa yang Menarik di Rumah Hobbit Karanganyar?

Kita tahu jika Kabupaten Karanganyar memiliki udara yang cukup sejuk karena berada di kaki Gunung Lawu, tak heran jika wisata-wisata di Karanganyar selalu ramai dikunjungi wisatawan.

lembah semilir karanganyar
gardu pandang di kawasan rumah hobbit karanganyar. foto : @dennynugroho88

Tak terlepas dengan Rumah Hobbit Karanganyar ini, wisata yang dibuka pada bulan Desember 2016 ini dalam sekejab langsung menarik hati wisatawan.

Sebelumnya kita tahu jika wisata Rumah Hobbit sudah cukup populer di beberapa daerah seperti Jogja, Bandung dan Purbalingga. Terinspirasi dari wisata-wisata tersebut, Karanganyar akhirnya memunculkan wisata serupa.

Rumah Hobbit Karanganyar ini terletak di Lembah Semilir, yang awalnya hanyalah sebuah belantara pegunungan sepi saja. Rumah Hobbit Karanganyar ini dibangun menggunakan bambu, jadi nampak menyatu dengan alam.

Wisata Karanganyar satu ini tak hanya menawarkan Rumah Hobbit saja, tapi disini juga terdapat gardu pandang yang dapat kita gunakan untuk melihat pemandangan alam sekitar.

rumah hobbit karanganyar
ada ayunannya juga. foto : @mahesaphotography



Fasilitas :
  • Gadu Pandang
  • Rumah Hobbit
  • Tempat Parkir
  • Warung


Harga Tiket Masuk Rumah Hobbit Lembah Semilir Karanganyar :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, kamu bisa mencarinya di pusat Kabupaten Karanganyar, atau di sekitar wisata Grojogan Sewu dan Bukit Sekipan.





Lokasi :

  • Alamat ; Lembah Semilir, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.
  • 14 Km dari pusat Kabupaten Karanganyar melalui Jl. Karangpandan-Ngargoyoso (28 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Rumah Hobbit Karanganyar 

#Dari Arah Solo dan Sekitarnya
Apabila kamu dari arah Solo, Semarang dan sekitarnya, kamu tinggal mengikuti Jalan Raya Solo-Tawangmangu saja hingga sampai di Karangpandan.

Dari Karangpandan, silahkan menuju ke Jalan Karangpandan-Ngargoyoso hingga kamu menemukan Pasar Kemuning, lurus saja ikuti jalan menuju Kebun Teh Kemuning hingga kamu sampai di Omah Kodok, dari Omah Kodok kamu tinggal ke arah utara menuju Rumah Hobbit.






Tips Berlibur ke Rumah Hobbit Karanganyar :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Rumah Hobbit adalah saat pagi hari di hari biasa (senin-jumat), sebab saat weekend atau hari libur biasanya cukup ramai pengunjung.
  • Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Jangan malu untuk bertanya ke warga sekitar apabila kamu tidak yakin dengan jalurnya.




Lihat peta cara menuju ke rumah hobbit karanganyar




Wisata Terdekat dari Rumah Hobbit Karanganyar (- 1 Jam):

Kebun Teh Kemuning (5 menit)
Kebun Teh Kemuning merupakan perkebunan teh yang sudah sangat populer di Karanganyar, biasanya Kebun Teh Kemuning dijadikan sebagai tempat nongkrong dan bersantai bersama teman maupun keluarga.

Candi Cheto (15 menit)
Candi Cheto adalah candi paling populer di Karanganyar, lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat Candi Cheto semakin spesial.

Candi Sukuh (13 menit)
Candi Sukuh terkenal karena memiliki arsitektur yang mirip dengan bangunan Suku Maya di Meksiko.

Air Terjun Jumog (13 menit)
Air Terjun Jumog adalah air terjun populer kedua setelah Grojogan Sewu, walaupun begitu, keindahan Air Terjun Jumog tak boleh kita remehkan.

Air Terjun Grojogan Sewu (31 menit)
Grojogan Sewu merupakan ikon wisata di Kabupaten Karanganyar, tepatnya di Tawangmangu. Keindahan Grojogan Sewu ditunjang dengan berbagai fasilitas pendukung yang sangat memadai.

Bukit Sekipan (38 menit)
Jika kamu sedang mencari wisata keluarga di Karanganyar, Bukit Sekipan merupakan salah satu wisata yang sangat direkomendasikan.

Taman Balekambang (31 menit)
Kamu tidak punya modal untuk keliling dunia? datang saja ke Taman Balekambang, karena disini terdapat banyak sekali miniatur ikon wisata dari berbagai negara.



Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments