Air Terjun Jumog, Surga yang Hilang di Kabupaten Karanganyar


Karanganyar, sebuah Kabupaten diujung timur provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, daerah ini menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang sangat keren, tak hanya itu, di Kabupaten Karanganyar juga terdapat candi candi megah.



foto pemandangan air terjun jumog karanganyar 
pemandangan yang sangat menyegarkan. foto : ariwyo




Salah satu wisata alam populer di Karanganyar adalah air terjun Jumog, walaupun kepopuleran air terjun ini masih kalah dengan Gerojogan Sewu yang terletak di Tawangmangu, namun pemandangan dan keindahan alam di air terjun Jumog tak kalah indah lho.


Air terjun Jumog memiliki ketinggian sekitar 30 meter, walaupun terbilang tidak terlalu tinggi tapi pemandangan alam disini sangat indah, lokasi ini juga sering disebut “Hidden Paradise” oleh masyarakat sekitar dan wisatawan yang datang.

Keunggulan air terjun Jumog adalah pengelolaan dan fasilitasnya, untuk pengelolaan bisa dibilang cukup profesional, ditambah lagi fasilitas penunjang disini juga cukup memadai, seperti terdapatnya gazebo untuk istirahat, jalan yang sudah ditata rapi, tempat permainan anak dan tentunya warung makan.




foto suasana di air terjun jumog 
seger.!! foto : ambarajja_is




Untuk masalah penginapan, tenang, di kawasan air terjun sudah terdapat penginapan dengan harga yang cukup terjangkau, akses yang cukup mudah menjadikan objek wisata ini cepat populer, nah bagi kamu yang ingin kesini, kamu bisa mengikuti rute dibawah.


Bagi kamu yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, kamu bisa memilih jalur menuju Solo – Tawangmangu – dari Tawangmangu kamu bisa menuju ke arah Nglorog atau Magetan, Jawa Timur, sudah terdapat banyak papan penunjuk jalan, jadi kamu tidak perlu kawatir, gerbang bertuliskan Kawasan Wisata Sukuh berada di kiri jalan sebelum Cemoro Kandang, jadi jangan sampai terlewat ya

Harga tiket disini juga cukup murah, tak lebih dari Rp. 10.000 kok, dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 400 meter, tenang, jalannya sudah ditata rapi, sepanjang perjalanan kita akan melihat indahnya pemandangan alam lereng gunung Lawu, udara disini cukup segar dan dingin karena berada di ketinggian sekitar 900 mdpl.






Foto kiriman David Sanjaya (@davvidsan) pada






Tips Saat Berlibur Ke Air Terjun Jumog :

  • datanglah saat pagi hari agar kamu bisa puas berlama lama disini.
  • waktu yang paling tepat adalah saat hari biasa, karena biasanya saat hari libur objek wisata ini akan ramai oleh pengunjung.
  • jangan membuang sampah sembarangan.
  • untuk sampai di lokasi aksesnya cukup mudah, bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun 
  • transportasi umum



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • 38 km dari pusat kota Surakarta melalui Jl. Lawu (1 jam 10 menit)
  • 42 km dari Kabupaten Magetan melalui Jl. Raya Sarangan (1 jam 21 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Air Terjun Jumog :

Candi Sukuh (6 menit)
Candi Cheto (26 menit)
Gerojogan Sewu (23 menit)
Gunung Lawu



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »