Air Terjun Jumog, Surga yang Hilang di Kabupaten Karanganyar

0 Comments A+ a-

Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di ujung timur provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, walaupun terletak di paling ujung, Karanganyar ternyata memiliki berbagai jenis wisata yang sangat keren lho.

air terjun jumog karanganyar
pemandangan air terjun jumog. foto : ariwyo

Salah satu jenis wisata alam populer di Karanganyar yang wajib kamu kunjungi adalah air terjun, nah, di Karanganyar ini terdapat beberapa air terjun keren yang bisa kamu kunjungi, terutama Air Terjun Jumog ini.


Apa yang Menarik di Air Terjun Jumog ?

Air terjun Jumog merupakan tempat wisata alam populer kedua di Karanganyar setelah Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog sendiri memiliki ketinggian sekitar 30 meter, walaupun terbilang tidak terlalu tinggi tapi pemandangan alam yang ditawarkan Air Terjun Jumog sangat indah lho,bahkan karena keindahannya ini, Air Terjun Jumog kerap dijuluki "Hidden Paradise" di Karanganyar.

foto suasana di air terjun jumog

air terjun jumog dari dekat. foto : ambarajja_is

Jika dibandingkan dengan Grojogan Sewu, bisa dibilang Air Terjun Jumog lebih alami walaupun secara fasilitas masih kalah dengan Grojogan Sewu, namun walaupun masih kalah, nyatanya fasilitas di tempat wisata Karanganyar satu ini cukup memadai kok.

Sama halnya dengan Grojogan Sewu, tepat di depan lokasi air terjun terdapat sebuah jembatan yang kerap menjadi spot foto favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata Air Terjun Jumog ini.

Suasana di kawasan Air Terjun Jumog juga masih terasa sangat asri dengan banyaknya pepohonan hijau dan sejuknya udara karena memang lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu akan membuatmu betah berlama-lama disini.

Tapi, untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Jumog, sebelumnya kamu harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu sebelum sampai di lokasi air terjun, tenang, selama perjalanan kita akan disuguhkan indahnya alam kawasan wisata Air Terjun Jumog ini kok, bahkan terkadang kita bisa mendengar suara kicauan burung juga lho.

Air Terjun Jumog bukanlah air terjun musiman, hal ini dibuktikan dengan tetap derasnya debit air di Air Terjun Jumog walaupun saat musim kemarau, jadi kamu bisa datang kesini kapanpun.

baca juga :
cukup dengan uang Rp.50.000 saja kamu sudah bisa mengunjungi beberapa wisata populer di Karanganyar ini

pemandangan air terjun jumog
pemandangan air terjun jumog dair jauh. foto : asrindara









Fasilitas :

  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Tempat Bermain Anak
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog :
Rp. 10.000/orang


Jam Buka :
08:00 - 17:00 WIB

Kontak :
0852 2979 0862 / 0271 5818082


Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat beberapa penginapan tak jauh dari lokasi wisata Air Terjun Jumog ini, tinggal pilih saja sesuai seleramu.




Lokasi :



  • Alamat ; Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • 38 km dari pusat kota Surakarta melalui Jl. Lawu (1 jam 10 menit)
  • 42 km dari Kabupaten Magetan melalui Jl. Raya Sarangan (1 jam 21 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Air Terjun Jumog Karanganyar

#Kendaraan Pribadi
Bagi kamu yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, kamu bisa memilih jalur menuju Solo – Tawangmangu – dari Tawangmangu kamu bisa menuju ke arah Nglorog atau Magetan, Jawa Timur, (sudah terdapat banyak papan penunjuk jalan), ketika sampai di jalan yang menanjak dan berkelok kelok, pelankan kendaraanmu dan fokus ke sebelah kiri, gerbang bertuliskan Kawasan Wisata Sukuh berada di kiri jalan sebelum Cemoro Kandang, jadi jangan sampai terlewat ya

#Transportasi Umum
Atau jika kamu menggunakan transportasi umum bisa naik bus umum dari Solo menuju Terminal Karangpandan (Jurusan Tawangmangu). Dilanjutkan dengan naik bus kecil dengan jurusan Nglorog (Candi Sukuh) atau Terminal Kemuning (Candi Cetho), setelah itu kamu bisa naik ojek untuk mengantarkanmu ke lokasi wisata Air Terjun Jumog.




Tips Saat Berlibur Ke Air Terjun Jumog :

  • datanglah saat pagi hari agar kamu bisa puas berlama lama disini.
  • waktu yang paling tepat adalah saat hari biasa, karena biasanya saat hari libur dan weekend, Air Terjun Jumog akan ramai oleh pengunjung.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • untuk sampai di lokasi aksesnya cukup mudah, bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun 
  • transportasi umum
  • gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.





Wisata Terdekat dari Air Terjun Jumog :

Candi Sukuh (6 menit)
Candi Sukuh merupakan salah satu Candi unik di Karanganyar, karena bentuk Candi Sukuh menyerupai bangunan Suku Maya di Meksiko

Candi Cheto (26 menit)
Candi Cheto adalah wisata Candi paling populer di Karanganyar, karena selain fasilitasnya yang cukup lengkap, di komplek Candi Cheto kita juga bisa menemukan patung-patung unik.

Gerojogan Sewu (23 menit)
Grojogan Sewu adalah air terjun paling populer di Kabupaten Karanganyar karena memang wisata ini didukung dengan berbagai fasilitas yang memanjakan wisatawan.



loading...