Skip to main content

Geopark Ciletuh, Geopark Baru Di Indonesia



Taman Alam Batuan Tua Ciletuh yang terletak di Sukabumi, jawa barat kini resmi ditetapkan menjadi Geopark Nasional karena sudah memenuhi syarat dari UNESCO.

 foto indahnya sunset di geopark ciletuh sukambui 
puncak darma ciletuh. foto : fahmiifauzan

Sejenak kita kembali mengenai pengertian geopark, geopark merupakan sebuah situs warisan alam yang berisi berbagai jenis unsur geologi, kawasan geoprak harus memiliki batas wilayah yang nyata, fungsi dari geopark sendiri sebagai konservasi lingkungan dan untuk memberikan ilmu pengetahuan alam secara luas.
baca juga : 10 tempat wisata paling favorit di Bandung

Geopark pertama di Indonesia adalah Batur Global Geoprak, bali. dan baru baru ini kita tahu jika Taman Alam Ciletuh ditetapkan sebagai geopark baru di Indonesia karena sudah memenuhi syarat untuk menjadi Taman bumi atau geopark, yaitu memiliki keragaman biologi, fenomena geologi dan keanekaragaman budaya.

Hal ini menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat Indonesia, terlebih lagi bagi warga sukabumi, akhir akhir ini memang banyak kabar membanggakan dari pariwisata Indonesia mulai dari Lombok yang berhasil menjadi juara World Best Halal Destination, Raja Ampat yang menjadi peringkat pertama World Best Snorkeling Destination dan pulau Bali yang menjadi peringkat dua Pulau Wisata Terbaik Dunia tahun 2015.

Memang tak sia-sia usaha pemerintah yang gencar mempromosikan objek wisata Indonesia melalui Wonderful Indonesia, kita sebagai warga indonesia juga tentunya harus membantu melestarikan budaya lokal dan menjaga tempat tempat wisata di daerah sendiri agar Indonesia menjadi tempat liburan favorit turis mancanegara dan lokal.
baca juga : Phuntuk Setumbu, melihat indahnya candi borobudur yang diselimuti kabut


Dibawah ini merupakan foto-foto dari Geopark Ciletuh Sukabumi.

 




foto curug sodong di geopark ciletuh 
curug sodong. foto : chepybennington


foto keren mtma di geopark ciletuh 
deny sumargo dari MTMA. foto : mytrip_myadvntr


foto pemandangan di geopark ciletuh 
pemandangan alam di geopark ciletuh. foto : dianpuspa_



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar