Info Lengkap Punthuk Setumbu, Spot Terbaik Melihat Sunrise di Dekat Candi Borobudur

0 Comments A+ a-


Magelang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jogja, hal ini menjadikan wisatawan menganggap beberapa tempat wisata di Magelang terletak di Jogja, seperti Candi Borobudur dan Punthuk Setumbu

foto indahnya sunrise di punthuk setumbu
sunrise di puncak Punthuk Setumbu. foto : @ayahalmira

Berbicara mengenai Punthuk Setumbu, kali ini Brobali.com akan membahas mengenai tempat wisata satu ini.

Punthuk Setumbu merupakan nama sebuah bukit yang terletak di Kabupaten Magelang, yaitu sebuah objek wisata paling populer untuk melihat sunrise dengan pemandangan Candi Borobudur yang sedang diselimuti kabut.




Apa yang Menarik di Punthuk Setumbu ?

Objek Wisata Punthuk Setumbu Magelang terletak sekitar 4 kilometer sebelah barat Candi Borobudur, membuat Punthuk Setumbu menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise di sekitar Candi Borobudur.

sunrise diantara gunung merbabu dan merapi
sunrise diantara gunung merbabu dan merapi. foto : @adelinsepat

Sayangnya banyak yang mengira lokasi Candi Borobudur dan Punthuk Setumbu ini berada di Yogyakarta, itu karena kebanyakan paket wisata kesini berasal dari Yogyakarta.

Salah satunya adalah paket wisata dari Hotel Manohara yang sudah sangat terkenal terutama dikalangan wisatawan mencanegara, namun sebenarnya lokasi kedua wisata ini masih termasuk kedalam Kabupaten Magelang, Jawa Tengah lho.

Terlepas dari kesalah pahaman tersebut, nyatanya Bukit Punthuk Setumbu yang memiliki ketinggian kurang lebih 400 mdpl ini memang memiliki pemandangan yang sangat mempesona siapa saja yang berkunjung.

Bahkan banyak yang mengatakan jika pemandangan di Punthuk Setumbu mirip dengan pemandangan di Bagan, Myanmar lho.

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Punthuk Setumbu adalah melihat indahnya sunrise dengan background Candi Borobudur, bahkan jika kamu beruntung pada waktu tertentu kita bisa melihat matahari terbit tepat ditengah antara Gunung Merbabu dan Merapi.

sunrise diantara gunung merbabu dan gunung merapi
sunrise diantara gunung merbabu dan gunung merapi. foto : @syammr

Ditambah lagi harga tiketnya yang murah menjadikan Punthuk Setumbu sebagai primadona pemburu matahari terbit di Magelang dan sekitarnya.

Jika kamu tidak mau bersusah payah berkendara di pagi buta untuk melihat sunrise di Punthuk Setumbu, kamu bisa juga sebelumnya menginap di sekitar kawasan wisata Punthuk Setumbu.

Di kawasan Punthuk Setumbu sendiri sudah banyak penginapan berbentuk rumah tradisional warga yang bisa kamu sewa, jadi tidak perlu repot terburu-buru menuju objek wisata ini agar tidak ketinggalan sunrise.

Untuk bisa sampai di puncak Punthuk Setumbu, kamu diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit, walaupun pendek tapi jalur menuju puncak cukup menguras tenaga, karena kita harus berjalan kaki di saat fajar dimana udara terasa cukup dingin dan tubuh masih dalam keadaan lemas.

Tapi tenang, jika kamu tidak mau berjalan kaki, kamu bisa menyewa ojek atau naik sepeda menuju puncak kok.

baca juga :
Tempat keren untuk melihat sunrise dan sunset disekitar Candi Borobudur
Punthuk Mongkrong, wisata alternatif tak kalah indah dengan Punthuk Setumbu



gardu pandang di punthuk setumbu
gardu pandang di punthuk setumbu. foto : @ireztia



Sejarah Bukit Punthuk Setumbu

Awalnya, Punthuk Setumbu merupakan salah satu bukit yang termasuk dalam gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya bukit ini adalah ladang penduduk.

Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise dengan view Candi Borobudur yang terlihat indah ketika diselimuti kabut, bukit inipun kian terkenal dan akhirnya menjadi salah satu tempat wisata populer di Magelang dan Jogja.

Setelah sampai di puncak kamu akan menemui banyak wisatawan lain dari berbagai negara yang sedang menunggu terbitnya matahari, sekitar pukul setengah 6 lebih matahari akan terbit.

Saat itulah kita bisa melihat keindahan alam Kabupaten Magelang yang sedang diselimuti kabut, perlahan-lahan Candi Borobudur mulai terlihat dengan kabut tipis yang menyelimutinya.

Pemandangan sunrise di bukit Punthuk Setumbu memang sangat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya, terlebih lagi jika cuaca sedang cerah.

Maka kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dari Candi Borobudur dengan background gunung merbabu dan gunung merapi dibelakangnya.

Puncak Bukit Punthuk Setumbu tidaklah luas, namun di puncak sudah disediakan gazebo dan kursi untuk wisatawan yang ingin beristirahat, karena itu sangat disarankan untuk datang lebih awal agar kamu tidak kehabisan tempat.

Objek wisata keren ini juga sering disebut dengan nama Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu, selain itu wisata Magelang satu ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi landscape karena keindahan alam yang ditawarkannya.

gardu pandang love punthuk setumbu
ada spot fotonya juga. foto : @desierlinayu 

Nah, setalah puas melihat keindahan alam Kabupaten Magelang dari Punthuk Setumbu, silahkan mengisi perut dan bersantai terlebih dahulu, lalu kamu bisa menuju ke Gereja Ayam Bukit Rhema.

Objek wisata ini cukup populer dikalangan wisatawan terutama anak muda, ditambah lagi Gereja Ayam tersebut juga pernah digunakan untuk lokasi syuting film AADC lho.

Bangunan Gereja Ayam ini sebenarnya berbentuk sebuah Burung, nah, di area paling atas (di bagian kepala) kita bisa melihat pemandangan alam sekitar yang terlihat hijau nan asri, dari sini kita juga bisa melihat bukit Punthuk Setumbu tadi.

Untuk menuju ke Gereja Ayam, ada dua pilihan jalur, pertama kita kembali ke tempat parkir dengan melewati jalur awal untuk mengambil kendaraan lalu menuju ke lokasi Gereja Ayam.

Atau kita bisa trekking dengan melewati hutan langsung menuju Gereja Ayam dengan jarak sekitar 1km.

Nah, jika kamu memilih trekking melewati hutan, untuk kembali ke tempat parkir, dari Gereja Ayam kita bisa naik ojek.

Bagi kamu yang membawa anak kecil tidak disarankan untuk trekking melewati hutan, alangkah lebih baiknya jika kamu kembali ke tempat parkir dan menggunakan kendaraan pribadi.


gereja ayam punthuk setumbu
gereja ayam. foto : @andreyaguw




Fasilitas :
  • Penginapan
  • WC
  • Tempat Parkir
  • Ojek menuju puncak
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Gardu Pandang (Spot Foto)
  • Camp Ground
  • Dan masih banyak lainnya


Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu :
Rp. 15.000/orang

Jam Buka :
Fajar - 17:00 WIB


Akomodasi (Penginapan)
Di kawasan wisata Punthuk Setumbu sudah terdapat penginapan berupa rumah warga yang memang disewakan, tapi apabila kamu tidak ingin menginap di penginapan.

Kamu bisa berkemah di puncak bukit Punthuk Setumbu, namun areanya tidak terlalu luas, atau kamu juga bisa menginap di Hotel sekitar tempat wisata, salah satunya adalah Hotel Manohara






Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
  • 20 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang-Yogyakarta (33 menit)
  • 4 km dari Candi Borobudur melalui Jl. Ngaran Kidul (11 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Punthuk Setumbu Magelang

Dari depan tempat wisata Candi Borobudur, kamu bisa menuju kearah Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah Perbukitan Menoreh. Tak jauh dari hotel terdapat petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Cukup ikuti petunjuk arah tersebut hingga kamu sampai di lokasi wisata Punthuk Setumbu.







Tips Saat Berlibur Ke Punthuk Setumbu Magelang :

  • datanglah saat musim kemarau agar kamu mendapatkan pemandangan indah dengan cuaca yang cerah.
  • waktu terbaik untuk berlibur di Punthuk Setumbu adalah di hari biasa (senin-jumat), tepatnya pada saat fajar (sunrise), apabila kamu datang di akhir pekan atau hari libur, maka siap-siap merasakan puncak Punthuk Setumbu yang ramai oleh wisatawan
  • bawalah kamera DSLR untuk mendapatkan foto terbaik.
  • jangan buang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.
  • gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor, karena kita akan trekking menuju puncak dengan berjalan kaki di medan tanah.
  • sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta fotografi landscape.
  • perjalanan menuju puncak memakan waktu kurang lebih 15-20 menit, tergantung kecepatanmu berjalan.










Wisata Terdekat Dari Punthuk Setumbu :

Candi Borobudur (11 menit)
Candi Borobudur adalah sebuah komplek candi budha terbesar di Indonesia, Candi Borobudur juga sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia karena keunikan arsitekturnya.

Gereja Ayam Bukit Rhema
Gereja Ayam Bukit Rhema adalah sebuah bangunan gereja berbentuk burung yang sudah usang karena gereja ini dibangun tidak sampai selesai, tapi justru hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


loading...