Skip to main content

Top 10 Tempat Wisata Paling Populer di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa, Kabupaten ini juga menjadi perlintasan bagi wisatawan yang akan menuju ke Bali, Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Bondowoso dan Situbondo ini memiliki banyak sekali wisata menarik.

Kebanyakan wisata di Kabupaten Banyuwangi didominasi oleh wisata alam, walaupun begitu ternyata beberapa tempat wisata yang ada di Banyuwangi termasuk bertaraf internasional lho, nah, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata populer dan wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi,





Kawah Ijen

foto kawah ijen banyuwangi
kaldera kawah ijen. foto : dhewafuldha

Kawah ijen merupakan sebuah kaldera yang terletak di puncak gunung Ijen, Kawah Ijen sendiri berada di ketinggian sekitar 2.443 Mdpl dan memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter, Kawah Ijen sudah sangat terkenal di kalangan traveler, baik lokal maupun mancanegara.

Pemandangan yang ditawarkan Kawah Ijen memang sangat mempesona, salah satu pemandangan populer di Kawah Ijen adalah Blue Fire, yaitu api biru yang muncul dari pembekuan belerang yang ada di dasar kawah, selain itu kita juga bisa melihat para penambang belerang berlalu-lalang naik turun gunung untuk mengangkut belerang.

Lokasi : Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi






Pulau Merah

foto sunset di pantai pulau merah
sunset di pantai pulau merah. foto : hilmanimanuddin

Pulau Merah atau Pantai Pulau Merah merupakan tempat wisata yang tak kalah populer dengan Kawah Ijen, dinamakan Pantai Pulau Merah karena di dekat pantai terdapat sebuah bukit dimana tanahnya berwarna merah.

Pemandangan di pantai ini sangat indah dengan air lautnya yang jernih, selain itu bagi kamu yang menyukai aktivitas surfing bisa mencoba ombak di pantai ini, Pantai Pulau Merah memang dikembangkan sebagai spot surfing favorit di Banyuwangi, jadi wajib hukumnya untuk mencoba ombak disini ya surfer.

Lokasi : Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran






Teluk Hijau

foto pantai teluk hijau banyuwangi
bersih banget pemandangannya. foto : hadisasongko91

Teluk Hijau atau wisatawan mancanegara biasa menyebutnya Green Bay merupakan sebuah pantai dengan pemandangan alam keren, Teluk Hijau masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri, hamparan pasir putih dan jernihnya air laut akan membuatmu untuk segera berbasah-basahan.

Pantai Teluk Hijau memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, namun walaupun begitu pesona keindahannya tetap terpancar sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang kesini, bahkan tak sedikit yang mengatakan jika Teluk Hijau merupakan pantai terindah di Banyuwangi karena memiliki pasir putih bersih.

Lokasi : Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran





Pantai Plengkung

foto ombak di pantai plengkung g land
ombaknya bro!! foto : ernovaes

Ini dia pantai paling populer di kalangan Peselancar, Pantai Plengkung atau wisatawan mancanegara biasa menyebutnya G-Land merupakan pantai yang memiliki ombak sangat keren, banyak wisatawan mancanegara datang kesini hanya untuk merasakan ombak di pantai ini.

Biasanya pada bulan Juli-September pantai Pengkung akan ramai dikunjungi para surfer, pun bagi kamu yang tidak suka aktivitas surfing, tenang saja karena pemandangan di pantai Pengkung cukup indah kok, pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru.

Lokasi : Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi






Pantai Watu Dodol

foto pantai watu dodol
lumayan yah. foto : indoturs.com

Pantai Watu Dodol terletak tidak jauh dari pelabuhan Ketapang, selain itu dekat dengan jalan utama menuju Taman Nasional Baluran jadi sangat mudah untuk menemukannya, karakteristik pantai Watu Dodol sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai di Banyuwangi, namun justru itulah yang menjadi daya tarik dari objek wisata ini.

Di kawasan Pantai Watu Dodol selain melihat pemandangan alam yang sangat indah kita juga bisa melihat kapal ferry yang sedang menyeberang menuju Bali atau sebaliknya, selain itu dikawasan pantai juga terdapat banyak sekali warung makan yang bisa kita gunakan untuk berwisata kuliner lho.

Lokasi : Jalan Banyuwangi – Situbondo, Ketapang







Pulau Tabuan

foto pulau tabuan banyuwangi
itu pulau tabuan, kecil ya, tapi indah. foto : andromedocahyo.blogspot.com

Bagi kamu yang menyukai aktivitas snorkeling, Pulau Tabuan bisa memuaskan dahagamu akan  keindahan bawah laut, pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 5 hektar ini ternyata menyimpan keindahan alam yang mempesona.

Arus di pantai ini cukup tenang sehingga aman bagi anak-anak, dengan keindahan bawah lautnya Pulau Tabuhan sudah menarik minat banyak wisatawan terutama wisatawan yang menyukai kegiatan menyelam dan snorkeling, apa kamu tertarik ?

Lokasi : Bengkak, Wongsorejo, Banyuwangi







Pantai Rajegwesi

foto pantai rajegwesi
banyak perahu nelayan. foto : eris_andresta

Pantai Rajegwesi adalah salah satu pantai populer di Banyuwangi, pantai ini menjadi tujuan favorit saat weekend, selain pemandangannya yang cukup indah di kawasan pantai juga terdapat sebuah tempat yang diperuntukkan penyu bertelur.

Pantai Rajegwesi juga menjadi pusat kegiatan para nelayan, jadi jangan heran jika kamu melihat banyak perahu nelayan terparkir di pinggir pantai, sedangkan karakteristik pantai Rajegwesi sendiri memiliki pasir berwarna coklat halus dan air laut yang cukup jernih.

Lokasi : Desa Sorongan, Kecamatan Pesanggaran






Air Terjun Lider

foto air terjun lider banyuwangi
indah juga ya. foto : tonivays

Melipir sejenak dari wisata pantai ada sebuah air terjun yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi, namanya air terjun Lider, berada di ketinggian sekitar 1.300 Mdpl dan terletak di lereng gunung Raung menjadikan udara di kawasan ini cukup sejuk.

Air terjun Lider memiliki tinggi kurang lebih 60 meter dengan debit air yang cukup deras, ditambah pemandangan hijau tumbuh-tumbuhan disekitarnya menambah kesan asri objek wisata ini, namun sayang untuk menuju ke lokasi air terjun Lider kita membutuhkan stamina yang cukup kuat.

Namun tenang, karena selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menarik kok, mulai dari perkebunan, sungai hingga jika kamu beruntung bahkan kamu bisa melihat kera dan burung-burung cantik lho.

Lokasi : Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon







Agrowisata Kali Klatak

foto perkebunan kali klatak di banyuwangi
perkebunan di kali klatak. foto : nourma19

Inilah Agrowisata pertama di Banyuwangi, terletak di lereng gunung dengan ketinggian sekitar 450 meter diatas permukaan laut menjadikan tanah di area Agrowisata cukuo subur, terdapat beberapa hasil perkebunan disini seperti karet, kopi, kelapa, buah-buahan hingga coklat, nah untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata keluarga bernuansa alam dan edukasi, kamu bisa datang ke Agrowisata Kali Klatak.

Lokas : Dekat Pelabuhan Ketapang








Gunung Raung

foto puncak sejati gunung raung
puncak sejati gunung raung. foto : trackmountain

Nah untuk kamu pecinta alam, tentunya tak afdol jika belum mendaki di Gunung Raung saat sedang berada di Banyuwangi, gunung Raung memiliki tinggi 3.334 Mdpl, walaupun begitu jalur di gunung Raung termasuk jalur yang berat lho.

Karena untuk menuju ke puncak Sejati (puncak tertinggi) kita harus menggunakan peralatan khusus panjat tebing mulai dari tali, carabiner, ascender dan peralatan lainnya, nah jalur yang terkenal adalah jalur Kalibiru yang ada di Banyuwangi ini.

Lokasi : Desa Kalibiru, Banyuwangi


Nah, itulah beberapa tempat keren di Banyuwangi yang harus kamu kunjungi salah satunya saat sedang berlibur ke Banyuwangi, dari tempat diatas mana favoritmu ?


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar