Skip to main content

9 Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Purwakarta

Purwakarta, salah satu kota di Jawa Barat yang sering luput dari radar wisatawan ini ternyata mempunyai banyak sekali tempat wisata keren lho, memang kota ini masih kalah populer dengan Bandung dan Jakarta.

Namun jangan salah, Purwakarta memiliki objek wisata alam yang sangat menarik dan layak kita kunjungi sebagai wisata alternatif dikala tempat wisata populer seperti di Bandung dan Jakarta ramai dipenuhi pengunjung, kita bisa sejenak melipir ke Purwakarta, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata menarik di Purwakarta, yuk kita simak.







Gunung Lembu

foto sunrise di gunung lembu
sunrise dari gunung lembu nih. foto : josaphatchrst

Bagi kamu yang menyukai wisata petualangan, tidak ada salahnya untuk naik ke gunung Lembu, gunung yang memiliki tinggi 792 Mdpl ini walaupun terbilang pendek namun pemandangannya cukup indah lho, salah satu pemandangan populer di gunung Lembu adalah Waduk Jatiluhur.

Untuk sampai di puncak gunung Lembu kita membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergantung kecepatan dalam mendaki, bagi kamu yang sudah sering mendaki gunung mungkin bisa lebih cepat, namun bagi orang yang belum pernah mendaki akan cukup melelahkan.

Lokasi : Kampung Panunggal RT.006 RW 003, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani,  Kabupaten Purwakarta







Waduk Jatiluhur

foto senja di waduk jatiluhur
senja biru di waduk jatiluhur. foto : pulung_tio

Inilah tempat wisata paling populer di Purwakarta, Waduk Jatiluhur memiliki luas lebih dari 8 ribu hektar, ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa kita lakukan disini, mulai dari olahraga air, memancing, bersantai hingga hunting foto.

Waduk Jatiluhur merupakan muara dari sungai Citarum, kita juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu, objek wisata ini biasa dijadikan sebagai pilihan wisata bersama keluarga dan anak-anak saat hari libur maupun akhir pekan, nah untuk melihat keseluruhan waduk kita bisa mendaki ke gunung Lembu tadi.

Lokasi : Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta







Situ Wanayasa

foto sunset di situ wanayasa
hayo tebak ini sunrise apa sunset. foto : annakazzahra

Situ Wanayasa merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 7 hektar, lokasi danau tak jauh dari Curug Cipurut, pemandangan di Situ Wanayasa cukup membuat mata kita segar karena dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan hijau.

Kita bisa berkeliling danau menggunakan perhau bebek yang dikayuh menggunakan kaki, selain itu kita juga bisa memancing dan jogging di sekitar kawasan danau, uniknya di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang bisa kita kunjungi.

Di pulau tersebut terdapat sebuah makam milik RA. Suriawinata, beliau merupakan salah satu pendiri Purwakarta dan juga pernah menjabat menjadi Bupati Karawang Ke-9.

Lokasi : Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta






Curug Cipurut

foto curug cipurut purwakarta
keren ya bro! foto : rzkyfarhan_16

Curug Cipurut merupakan salah satu air terjun populer di Purwakarta, air terjun ini terletak di kaki gunung Burangrang, Curug Cipurut terbilang unik karena dibagi menjadi tiga bagian, bagian pertama merupakan air terjun utama.

Dan dua bagian lainnya merupakan air terjun yang cukup landai, area ini biasa digunakan pengunjung untuk berseluncur, air terjun utama memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan karakteristik yang berundank (bertingkat-tingkat).

Lokasi : Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta






Waduk Cirata

foto pemandangan waduk cirata
pemandangan waduk cirata. foto : www.nastopo.com

Waduk Cirata terlatak di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Bandung, Purwakarta dan Cianjur, dari ketiga Kabupaten tersebut, paling luas masuk dalam Kabupaten Cianjur, pemandangan di Waduk Cirata cukup indah dengan background pegunungan.

Waduk Cirata menjadi objek wisata murah meriah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, biasanya saat hari libur dan weekend akan ada banyak keluarga yang rekreasi disini, lokasi Waduk Cirata sendiri digunakan sebagai PLTA, dan PLTA di Cirata merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara.

Lokasi : Kecamatan Cipeundeuy, Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cianjur




Situ Buleud

foto air mancur situ buleud
wih air mancurnya keren bro! foto : yoanpratama04

Danau atau Situ Buleud memiliki luas sekitar 4 hektar, kini Situ Buleud menjadi ikon wisata di Purwakarta karena fasilitasnya yang lengkap dan arsitekturnya yang modern, ditambah lagi terdapatnya air mancur di tengah danau.

Air mancur tersebut dinamakan Taman Sri Baduga, uniknya air mancur ini dihiasi dengan lampu warna-warni dan gerakan yang mengikuti irama musik di Situ Buleud, banyak orang mengatakan jika air mancur Taman Sri Baduga mirip dengan Wing Of Time di Singapura, terlepas dari itu, pemandangan air mancur ini memang sangat indah.

Lokasi : Desa Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta






Giri Tirta Kahuripan

foto giri tirta kahuripan
sebut aja kolam renang diatas awan. foto : agungrudianto1

Giri Tirta Kahuripan merupakan sebuah kolam renang terbuka yang cukup populer di Purwakarta, bukan hanya sekedar kolam renang, di Giri Tirta Kahuripan kita bisa melihat pemandangan alam Purwakarta yang sangat indah.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadikan objek wisat satu ini cukup menyenangkan untuk kita kunjungi saat musim panas, selain itu juga terdapat cottage yang bisa kita sewa untuk menginap, fasilitasnya yang sangat lengkap memang menjadikan Giri Tirta Kahuripan cepat populer, seperti terdapatnya lapangan futsa, ATV, outbond, restoran dan skypool itu sendiri.

Lokasi : Desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta





Gedung Negara dan Kerasidenan

foto halaman depan gedung negara
halaman depan gedung negara. foto : kaskus.co.id

Bagi kamu yang ingin berwisata sambil belajar, kamu bisa datang ke Gedung Negara, bangunan ini mengusung arsitektur khas eropa karena dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1854, Gedung Negara terletak di Jalan Gandanegara No. 25.

Sedangkan Gedung Kerasidenan terletak di Jalan KK Singawinata, kini Gedung Kerasidenan menjadi kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta, dua gedung ini layak kamu kunjungi terutama bagi kamu pecinta fotografi dan anak sekolah atau kuliah.






Jatiluhur Water World

foto jatiluhur water world
jatiluhur water world. foto : titinwulan.wordpress.com

Nah jika kamu sedang mencari tempat wisata berupa waterpark di Purwakarta, maka Jatiluhur Water World adalah pilihannya, lokasi dari waterpark ini dekat dengan Waduk Jatiluhur, terdapat wahana seru yang bisa kita coba disini.

Jatiluhur Water World memang tidak terlalu luas, tapi cukup memuaskan kita untuk mengisi hari libur kok daripada bengong di rumah kan, lebih baik main air di waterpark ini, walaupun terbilang kecil tapi fasilitas di Jatiluhur Water World cukup lengkap dan memadai lho.

Lokasi : Jl. Ir. Juanda (Jatiluhur), Purwakarta


Nah, itulah beberapa tempat wisata populer di Purwakarta yang BroBali rekomendasikan, apabila kamu memiliki rekomendasi wisata lain yang tak kalah keren, yuk share di kolom komentar.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar