Info Lengkap Pendakian Gunung Lembu, Gunung Kecil nan Mempesona di Purwakarta


Kamu hobi naik gunung ? sudah pernah naik kemana saja. Gunung Merbabu, Lawu, Slamet, atau Semeru? tapi apa kamu tahu mengenai Gunung Lembu ? Gunung Lembu terletak di Purwakarta, Jawa Barat, memang tidak terlalu tinggi, namun pemandangannya cukup indah lho, salah satunya adalah pemandangan waduk Jatiluhur.

foto sunrise di puncak gunung lembu 
sunrise di batu lembu. foto : traveology

Waduk Jatiluhur sendiri sebenarnya dikelilingi oleh beberapa gunung , seperti gunung Bongkok, Gunung Parang, dan Gunung Lembu itu sendiri, diantara ketiga gunung tersebut, Gunung Lembu lah yang paling mudah untuk di daki sekalipun bagi kamu yang sebelumnya tidak pernah naik gunung.

Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 Mdpl, cukup pendek memang, namun gunung ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dari gunung gunung tinggi lainnya lho, nah, salah satu pemandangan yang populer di Gunung Lembu adalah view Waduk Jatiluhur.

Selain pemandangan waduk Jatiluhur, di puncak Gunung Lembu kita juga bisa melihat sunrise dan sunset, tak hanya itu saja, saat malam hari tiba kita juga bisa melihat citylight atau lampu lampu kota Purwakarta yang terlihat seperti bintang di bumi, ditambah lagi jika kamu bersama pasangan pasti akan terasa makin romantis.



foto citylight lampu kota di gunung lembu 
cityliht dari puncak gunung lembu. foto : hasanahputri

Spot terbaik di Gunung Lembu adalah di Batu Lembu, lokasinya berada dibawah Puncak 3, yaitu puncak tertinggi Gunung Lembu, cukup berjalan sekitar 10 menit maka kamu akan melihat sebuah batu datar yang menjorok keluar, pemandangan yang akan kamu dapatkan disini hampir mirip dengan di bukit Parang Endog, Jogja, hanya saja di Batu Lembu kamu melihat waduk bukan pantai.

Informasi Jalur Pendakian Gunung Lembu Purwakarta

Untuk sampai di puncak Gunung Lembu kita membutuhkan waktu sekitar 1-2  jam, cukup lama ya, mungkin bagi kamu yang sudah sering mendaki gunung akan lebih cepat sampai di puncak, tapi bagi orang yang jarang atau belum pernah mendaki akan terasa lama dan sangat melelahkan.

Perjalanan kita mulai dari pos retribusi, kita cukup membayar sekitar Rp. 10.000/orang saja, lalu perjalanan dilanjutkan dengan melewati hutan bambu, setelah itu kita akan melewati tanjakan dengan kemiringan sekitar 45 derajat, jalur inilah yang biasa membuat mental para wisatawan down karena tidak pernah mendaki gunung sebelumnya.



A photo posted by Yusanta Avi (@yusantaavi) on


Sepanjang perjalanan kamu akan selalu menemui tanjakan seperti ketika mendaki di Gunung Andong, Magelang, hanya beberapa bagian saja yang terdapat jalur datar, setelah kamu sampai di Makam Mbah Jongrang Kalipitung berarti kamu sudah sampai di puncak pertama, puncak pertama ini juga ditandai dengan adanya tanah lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

Selama perjalanan dari puncak pertama jalur yang akan kita lewati sedikit lebih datar, namun kamu harus berhati hati karena jalur setapak tersebut berada disamping jurang, kamu akan melewati beberapa tanjakan untuk sampai di puncak 2.

Di puncak 2 inilah biasanya para pendaki mendirikan tenda, kamu bisa nge-camp di area ini, setelah itu bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak 3, jalur menuju puncak 3 terbilang cukup mudah ditambah lagi banyaknya papan petunjuk arah jadi kamu tidak perlu kawatir tersesat.

Sesampainya di puncak 3 kamu bisa melihat pemandangan alam Purwakarta dan waduk Jatiluhur yang terlihat sangat keren, agar kamu bisa melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian, kamu bisa turun sedikit menuju Batu Lembu, disanalah spot terbaik untuk melihat pemandangan disekitar Gunung Lembu.



A photo posted by Nadia Ulya (@nadia.ulya) on

Pemandangan sunrise di Gunung Lembu juga tak kalah indah lho, jadi apabila kamu malas atau takut naik di gunung-gunung tinggi, kamu bisa menjadikan Gunung Lembu sebagai alternatif untuk melihat cantiknya matahari terbit dan tenggelam, ditambah lagi gunung ini juga sangat cocok untuk pendaki pemula lho.


Rute Menuju Gunung Lembu

Akses menuju gunung Lembu juga terbilang sangat mudah, bisa dijangkau menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, nah dibawah ini adalah rute menuju ke Gunung Lembu :

Apabila kamu naik transportasi umum, kamu bisa menggunakan kereta atau naik bis, jika kamu naik kereta, dari Jakarta kamu bisa naik di Stasiun Pasar Senen menuju ke Purwakarta lalu turun di Stasiun Purwakarta, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan cara menyarter mobil pick up untuk mengantarkanmu ke Desa Penyindangan, karena angkutan umum jarang yang menuju ke Desa Penyindangan.



foto batu lembu di gunung lembu purwakarta 
melihat pemandangan bareng temen. foto : reinaldivincent



Tips Saat Mendaki Gunung Lembu :

  • Bagi kamu yang ingin carter mobil pick up bisa menghubungi nomor ini, 083816514583 a/n Kang Wawan.
  • Simpan nomor kontak driver mobil pick up tadi agar bisa menjemput kamu lagi saat perjalanan pulang.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret coret batu ya.
  • Lebih baik menggunakan motor untuk menuju kesini agar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.
  • Berolahragalah sebelum mendaki gunung, walaupun terbilang pendek tapi jalurnya banyak tanjakan dan cukup menguras tenaga.
  • Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Lembu adalah saat musim kemarau dan di hari biasa (senin-kamis) sebab, biasanya di akhir pekan banyak wisatawan yang mendaki di gunung ini.
  • Selalu bawa lotion anti nyamuk ya, karena ternyata di Gunung Lembu juga banyak nyamuk.
  • Jangan lupa membawa perbekalan air karena tidak ada mata air disepanjang jalur.
  • Dan selalu gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor ya guys.


Lokasi :

  • Alamat ; Kampung Panunggal RT.006 RW 003, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani,  Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • 22 km dari pusat kota Kabupaten Purwakarta melalui Jl. Cikampek – Padalarang (55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Gunung Lembu :

Waduk Jatiluhur



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »