Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini

×

Info Pendakian Gunung Batu, Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Estimasi Pendakian

Updated -. Bogor, merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang populer dengan wisata Puncaknya, Bogor juga memiliki julukan “Kota Hujan” dinamakan Kota Hujan karena curah hujan di Bogor amat sangat tinggi, bahkan ketika musim kemarau pun Bogor masih tetap dilanda hujan.

foto pemandangan di puncak gunung batu jonggol

Namun dibalik semua cerita tentang hujannya, ternyata Bogor menyimpan banyak sekali tempat wisata terutama wisata alam yang keren loh, salah satu wisata alam di Bogor selain Puncak yang memiliki pemandangan indah adalah Gunung Batu.

Gunung Batu terletak di Jonggol, sebuah Kecamatan di Bogor yang kian populer setelah namanya muncul di sebuah lirik lagu comedy dari Trio Ubur-Ubur.

Gunung Batu sendiri memiliki ketinggian sekitar 875 Mdpl.

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi layaknya Gunung Rinjani, tapi jangan salah, pemandangan yang ditawarkan Gunung Batu sangat indah loh.

Oleh sebab itu banyak yang bilang kalau Gunung Batu sangat cocok bagi pemula, hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 1 jam kita sudah bisa sampai di Puncak Gunung Batu, dengan syarat kamu berjalan cukup cepat.

Gunung Batu bisa menjadi alternatif tempat camp seru di Bogor dikala gunung-gunung tinggi sudah mulai ramai oleh pengunjung, selain itu kawasan Gunung Batu juga sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi alam (landscape), Gunung Batu menawarkan pemandangan alam Bogor yang terlihat hijau dan menyegarkan mata.

foto gunung batu jonggol bogor
unik ya gunungnya. foto IG : fibriant_achmad

Di Gunung Batu terdapat 3 lokasi camp ground yang cukup populer, pertama setelah rawa-rawa kecil, kedua di dekat jalur pendakian gunung batu tepatnya di ladang warga, ketiga di shelter II gunung Batu.

Nah, tinggal sesuaikan saja okasi mana yang menjadi favoritmu, sekedari informasi, bagi kamu yang ingin melihat sunrise di puncak, disarankan lebih baik camp di Shelter II.

Walaupun termasuk gunung pendek, namun jalur pendakian Gunung Batu bisa dibilang cukup ekstrim loh, kamu akan dipaksa berjalan sedikit membungkuk sebab jalur yang kita lewati cukup kecil dan berbatu, apabila kamu pernah mendaki di Gunung Ungaran, Semarang, kamu bisa membayangkan seperti apa jalurnya.

Puncak Gunung Batu cukup sempit, jadi akan sedikit susah ketika ramai oleh pendaki, dari puncak kita akan disajikan pemandangan alam Bogor dan view gunung Gede-Pangrango yang terlihat berdiri gagah didepan mata.

foto keren gunung batu jonggol bogor
spot fotogenik banget nih. foto : loserwild.id



Rute Menuju Gunung Batu

Akses menuju Gunung Batu bisa dibilang cukup mudah, dari Jakarta kamu bisa ambil arah menuju Cileungsi, lalu lanjutkan perjalanan menuju Jonggol, apabila sudah sampai di Citra Indah berarti kamu sudah dekat dengan pertigaan yang jika ke kiri menuju Cariu (ada Indomaret dan pom bensin) dan jika lurus akan mengarah ke kota Jonggol.

Patokannya adalah SD N Mengker, nah jika kamu sudah bertemu asrama TNI AD, itu tandanya SDN Mengker sudah terlewat. Silahkan putar balik dan jalan pelan-pelan ya, karena SDN Mengker tak jauh dari TNI AD, Ketika sudah menemukan SDN Mengker, belok di gang persis di seberang SD, lalu ikuti saja jalan tersebut.

Atau jika kamu dari Cawang, kamu juga bisa mengikuti rute dibaawah ini:
Cawang - Cibubur Junction - Jalur alternatif Cibubur - Jonggol - Kampung Menger - Gunung Batu.
foto jalur pendakian gunung batu jonggol
jalurnya greget bro! foto : http://denubay.blogspot.co.id/


Estimasi Pendakian Gunung Batu Jonggol

Pos 1 - Pos 2
Pos 1 merupakan lahan yang biasanya digunakan untuk parkir mobil bagi yang membawa mobil, di Pos 1 ini sudah terdapat warung yang bisaa kita gunakan untuk istirahat.

Sekedar saran, apabila kamu membawa motor, lebih baik parkir di Pos 2 saja untuk menghemat waktu.

Pos 2 adalah tempat untuk membayar retribusi pendakian gunung batu dan sebagai gerbang pendakian.

Pos 2 - Tanjakan Kebo
Tanjakan kebo adalah jalur pertama yang akan kita lalui. Tanjakan Kebo Gunung Batu ini terbilang cukup menanjak namun masih wajar. Jalur ini akan terasa sangat sulit jika hujan turun, sebab air akan mengalir dari atas menuju bawah sehingga menjadikan jalur semakin licin.

Tanjakan Kebo - Shelter 2
Setelah melewati tanjakan kebo, kita akan sampai di shelter 2, tempat ini bisa digunakan untuk istirahat sejenak setelah berjuang di tanjakan kebo. Shelter 2 merupakan lahan lapang yang cukup luas dan bisa menampung beberapa tenda.

Shelter 2 - Puncak Bayangan 1
Kenapa tadi disarankan untuk istirahat terlebih dahulu di shelter 2? karena jalur dari shelter 2 menuju puncak bayangan 1 bisa dibilang "gila" dengan kemiringan yang cukup bikin kita menyerah.

Jalur menuju puncak bayangan 1 berupa tanah, untuk melewati jalur inipun harus antre satu persatu, sebab kita akan melaluinya dengan bantuan tali yang sudah dipasang oleh pihak basecamp.

Puncak Bayangan 1 - Puncak Bayangan 2
Jangan senang dulu setelah sampai di puncak bayangan 1, karena kita masih harus melewati puncak bayangan 2 untuk bisa sampai di puncak tertinggi gunung batu.

Nah, jalur menuju puncak bayangan 2 kini sudah berganti menjadi bebatuan terjal tapi masih memiliki kemiringan yang cukup membuat kita frustasi. Lagi-lagi tali akan menjadi tumpuan kita mendaki agar sampai di puncak bayangan 2.

Puncak Bayangan 2 - Puncak Sejati Gunung Batu
Sesampainya di puncak bayangan 2, kita sudah bisa melihat puncak sejati gunung batu yang ditandai dengan adanya bendera merah putih.

Jalur menuju puncak sejati bisa dibilang masih sama seperti ketika kita menuju puncak bayangan 2. Dan sekali lagi, tali akan membantu kita untuk sampai di puncak sejati gunung batu.

Puncak gunung batu tidaklah luas, tapi pemandangan yang ditawarkan masih sebanding dengan jalur yang harus kita tempuh untuk sampai di puncaknya.





Tips Berlibur Ke Gunung Batu :

  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Disarankan untuk berangkat lebih awal (jangan terlalu malam) karena menurut informasi warga sekitar jalan menuju ke Gunung Batu masih rawan begal.
  • Apabila kamu menemukan tempat parkir pertama (setelah melewati gang di seberang SDN Mengker) lebih baik kamu tetap melanjutkan perjalanan menuju ke tempat parkir yang lebih dekat dengan Gunung Batu (Pos 2) khusus motor.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Camping ground dan puncak Gunung Batu cukup sempit, jadi datanglah saat hari biasa (senin-jumat) agar kamu tidak kehabisan tempat camp.






Harga Tiket Masuk Retribusi Gunung Batu :

Rp. 10.00/orang

Parkir:
Rp. 15.000/motor
Rp. 30.000/mobil
Rp. 50.000/mini bus


Lokasi Gunung Batu Jonggol:

  • Alamat ; Kp. Gunung Batu 01 Desa Sukaharja Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  • 48 Km dari pusat Kota Bogor melalui Jl. Tol Jagorawi (1 jam 44 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke gunung Batu



Wisata Terdekat Dari Gunung Batu (- 1 Jam):

Curug Cibengang (10 menit)

sumber foto header:
akun IG @windynmanurung

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar