Skip to main content

Air Terjun Montel, Wisata Alam Paling Populer di Kudus

Kudus adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang kurang dilirik wisatawan, bukan tanpa alasan. Kudus memang tidak memiliki banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi.

air terjun montel
air terjun montel. foto : @dwi_komara

Terlepas dari itu, ternyata di Kudus ada satu wisata alam yang layak dan harus kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Montel.

Apa yang Menarik di Air Terjun Montel Kudus?

Air Terjun Montel terletak di Daerah Colo, Kudus, tepatnya di kaki Gunung Muria, yaitu gunung paling terkenal di Kabupaten Kudus.

air terjun montel kudus
pemandangan dari dekat. foto : @saiffuul

Bisa dibilang Air Terjun Montel merupakan primadonanya wisata alam di Kudus, Air Terjun Montel menjadi wisata alam paling populer di Kabupaten ini yang tak boleh kamu lewatkan.

Karakteristik dari Air Terjun Montel ini tak jauh berbeda dengan Curug Lawe dan Grojogan Sewu, hanya saja Air Terjun Montel lebih kecil.

Suasana di tempat wisata Kudus satu ini bisa dibilang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi, ditambah dengan rimbunnya pepohonan dan tanaman hijau yang berada di sekitar air terjun membuatnya terlihat alami.

Air Terjun Montel memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan debit air yang cukup deras, tepat di bawah air terjun terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi atau sekedar membasuh muka.

Dari tempat parkir kita harus berjalan kaki sekitar 10 menit, ada dua pilihan, kamu bisa naik ojek atau jalan kaki, tapi lebih disarankan jalan kaki saja karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Selain itu terdapat dua jalur yang dapat kita lalui untuk bisa sampai di lokasi air terjun, ketika kamu sampai di tempat parkir (kiri jalan) kamu akan melihat papan petunjuk bertuliskan “jalur alternatif Air Terjun Montel” di sebelah kanan, jika kamu melalui jalur alternatif tersebut, kamu akan sampai di lokasi air terjun dengan melewati sisi sebelah kanan.

Sedangkan apabila kamu melewati jalur utama (masih keatas lagi) kamu akan melewati sebelah kiri air terjun.

Air Terjun Montel cukup direkomendasikan bagi pecinta wisata alam atau pecinta fotografi karena pemandangannya yang indah, hanya saja, saat musim liburan Air Terjun Montel akan sangat dipadati oleh wisatawan.

Baca Juga :
Daftar wisata di setiap Kabupaten Jawa Tengah yang harus kamu kunjungi

air terjun montel colo kudus
keren kan? foto : @robbikepet

Harga Tiket Masuk Air Terjun Montel :
Rp. 7.500/orang

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat penginapan tak jauh dari Air Terjun Montel, jadi kamu tidak perlu kawatir.

Lokasi :

• Alamat : Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
  • 19 Km dari Alun Alun Kudus (Simpang 7) melalui Jl. Raya Kudus-Colo (37 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Rute Menuju Air Terjun Montel Kudus :

Akses menuju Air Terjun Montel sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti rute di bawah ini.

#Menggunakan Kendaraan Pribadi
Dari Simpang 7 Kudus, ambil arah menuju Colo/Makam Sunan Muria, cukup ikuti jalan hingga kamu sampai di tempat parkir Makam Sunan Muria, dari situ kamu masih harus lurus lagi hingga menemukan belokan di kiri jalan (ikuti arah tukang ojek).

Silahkan belok (kiri), tetap ikuti jalan hingga kamu sampai di tempat parkir Air Terjun Montel

#Menggunakan Transportasi Umum
Dari pusat Kota Kudus, kamu bisa menuju ke Terminal Kudus, di terminal silahkan naik angkutan umum dengan jurusan Colo dan turun di Makam Sunan Muria. Dari Makam Sunan Muria kamu bisa naik ojek sampai lokasi atau memilih jalan kaki dengan mengikuti arah para tukang ojek.

Tips Berlibur ke Air Terjun Montel Kudus :

• Waktu terbaik berkunjung ke Air Terjun Montel adalah saat hari biasa, sebab saat liburan biasanya akan banyak sekali wisatawan yang berkunjung.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Datanglah saat pagi untuk merasakan udara yang masih sejuk dan suasana yang lebih nyaman.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.

Lihat peta cara menuju ke air terjun montel

Wisata Terdekat dari Air Terjun Montel (-1 Jam):

Makam Sunan Muria (15 menit)

Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.