Curug Lawe, Surga Tersembunyi di Semarang


Semarang, sebuah kota yang menjadi Ibu Kota provinsi Jawa Tengah ini memang terkenal dengan udaranya yang panas, jika kamu berlibur ke Semarang siang hari dipastikan kamu tidak akan merasa cukup nyaman.





foto pemandangan keren di curug lawe semarang
indah banget kan. foto : brobali.com







Namun,  dibalik panasnya kota ini ternyata terdapat sebuah objek wisata alam yang memiliki udara sangat sejuk, yaitu Curug Lawe, air terjun ini terletak di lereng gunung Ungaran, sebuah gunung yang memiliki ketinggian 2.050 Mdpl.

Curug Lawe memang sudah cukup populer dikalangan para traveler, namun masih jarang yang mengetahui dimana tepatnya lokasi air terjun tersebut, objek wisata Curug Lawe terletak di lereng gunung Ungaran sebelah barat, dan cukup jauh dari pusat kota.

Curug Lawe menawarkan pemandangan alam dan air terjun yang sangat indah, Curug Lawe memiliki karakteristik yang cukup unik, yaitu seperti membentuk cekungan dengan aliran air terjun berada ditengahnya, ditambah dengan aliran air yang keluar disela-sela tebing sebelah air terjun menjadikan pemandangan kian indah.

Arus air yang mengalir juga cukup deras jadi jangan terlalu dekat ya jika tidak ingin pakaianmu basah, selain Curug Lawe di kawasan ini juga terdapat Curug Benowo yang tak kalah indah lho, hanya berjarak sekitar 1 km dari Curug Lawe kita sudah bisa sampai di lokasi Curug Benowo.

baca juga : daftar air terjun terindah di Jawa Tengah





foto jembatan romantis curug lawe semarang
ini dia jembatan romantis. foto : ramonsetyo46








Suasana di kedua air terjun ini masih cukup alami, jadi sangat cocok bagi kamu yang memang menyukai wisata alam, terlebih lagi objek wisata ini sudah pernah di explore salah satu acara tv bertema traveling populer di Indonesia lho.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan jalur yang cukup mudah namun tetap membuat lelah, terlebih lagi dibeberapa bagian jalur juga rawan longsor, jadi kamu harus berhati-hati.

Selama perjalanan kita akan melihat suasana alam lereng gunung Ungaran dengan banyaknya hewan-hewan liar seperti burung, laba-laba dan bahkan jika beruntung kita juga bisa melihat lutung, di perjalanan kita akan melewati sebuah jembatan yang sudah cukup populer bernama jembatan romantis, lokasi inilah yang sering dijadikan spot foto bagi pengunjung.

Setelah sekitar setengah jam berjalan kaki kita akan melihat persimpangan jalan antara Curug Lawe dan Curug Benowo, jika kekiri menuju Curug Benowo dan kekanan menuju Curug Lawe, tinggal pilih sesuka hati, namun disarankan jika waktumu terbatas lebih baik berkunjung ke Curug Lawe saja.

Selama perjalanan kita akan menemukan warung, namun jika kamu datang terlambat bisa jadi warung-warung tersebut sudah tutup, jadi pastikan kamu membawa perbekalan seperti air minum agar tidak kehausan.

Waktu maksimal pengunjung yang datang ke tempat wisata ini adalah jam 3, setelah itu wisatawan tidak boleh berkunjung ke air terjun lagi, bukan tanpa alasan karena suasana air terjun yang masih alami jadi setelah terlewat jam 5 jalan akan cukup gelap, namun apabila kamu datang jam 3 kamu masih boleh masuk kok, kamu juga boleh keluar jam 4.

baca juga : Candi Gedong Songo, wisata alam dan sejarah populer di Kabupaten Semarang






foto curug lawe semarang
ada kolam alaminya. foto : arifatulfarida








Rute Menuju Curug Lawe

Akses menuju tempat wisata Curug Lawe bisa dibilang susah-susah gampang, jika kamu dari pusat kota Semarang bisa mengambil jalur menuju arah UNNES (Universitas Negeri Semarang), tepat sebelum UNNES terdapat pertigaan, ambilah jalan kekiri dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lagi.

Setelah kamu menemukan pertigaan lagi, ambilah jalan kekanan (jalur yang menurun) tepat beberapa meter dari jalan menurun tersebut terdapat pertigaan lagi di kiri jalan, ambil jalan kekiri tersebut dan ikuti hingga kamu sampai di lokasi air terjun, tenang karena sudah terdapat beberapa papan petunjuk jalan, jika kamu takut tersesat bisa bertanya ke warga sekitar.


baca juga : daftar tempat wisata anti mainstream di Semarang






foto curug benowo semarang
nah, ini curug benowo. foto : baguss_dw








Tips Saat Berlibur Ke Curug Lawe :


  • Jika kamu menyukai suasana sepi, datanglah saat hari biasa dan datanglah mepet jam tutup sekitar jam 3 sore, kamu bisa menikmati air terjun tersebut sepuasnya, namun sayangnya kamu tidak bisa menikmati kedua air terjun, pilihlah antara Curug Lawe dan Curug Benowo.
  • Disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman karena jalur cukup licin.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan selalu hati hati karena jalur terletak disebelah jurang.






Lokasi :


  • Alamat ; Desa Kalisidi (Sekarang Gunung Pati), Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 21 km dari pusat Kota Semarang (51 menit)
  • 23 km dari Stasiun Poncol (53 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke curug lawe


Wisata Terdekat Dari Curug Lawe :

Curug Benowo (masih satu kawasan)
Gunung Ungaran

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »