Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Foto dan Info Jalur Pendakian "Tanjakan Sambalado" Gunung Kencana Bogor

gunung kencana bogor

Updated -. Ada yang tahu tentang gunung kencana?
Gunung kencana merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat. Tepatnya di Bogor.
Gunung kencana memang tak sepopuler gunung batu jonggol, tapi jangan salah, pemandangan yang ditawarkan oleh gunung satu ini tak kalah indah loh.

Gunung kencana memiliki ketiinggian kurang lebih 1803 Mdpl. Tidak terlalu tinggi memang, tapi jalur pendakian gunung kencana bisa dibilang cukup menguras tenaga loh guys.

Untuk bisa sampai di puncak gunung kencana, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam saja, tergantung seberapa cepat kamu berjaalan.

Dari puncak gunung kencana ini kita bisa melihat gunung gede pangrango yang terlihat gagah berdiri di depan mata.

kebun teh gunung kencana
kebun teh gunung kencana. foto IG : https://www.instagram.com/mohamadaliat_/

Ada dua jalur yang bisa kita gunakan untuk mendaki di gunung kencana ini. Diantaranya adalah jalur telaga warna dan jalur ciburial.
Dari kedua jalur tersebut, jalur telaga warna merupakan jalur paling populer dikalangan pendaki.

Sesuai namanya, jalur telaga warna terletak satu kawasan dengan objek wisata telaga warna bogor. Jadi jika kamu ingin menuju basecamp telaga warna, cukup ikuti jalan menuju objek wisata telaga warna saja.

Basecamp telaga warna ini bisa diakses baik menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Karena itu bagi yang belum pernah mendaki di gunung kencana lebih disarankan untuk melalui jalur telaga warna saja.

Salah satu hal yang sangat menarik perhatian para pendaki adalah “tanjakan sambalado”.
Tanjakan sambalado adalah jalur yang sangat menanjak yang dapat kita temui ketika mendaki melalui jalur telaga warna.

tanjakan sambalado
tanjakan sambalado gunung kencana. foto IG : https://www.instagram.com/kathien_chann/

Tanjakan sambalado merupakan tanjakan pertama yang akan kita temui ketika sampai di pos retribusi.
Bisa dibilang tanjakan sambalado adalah jalur paling berat di gunung kencana ini, maksudnya, setelah melewati tanjakan sambalado kita tidak akan menemukan tanjakan yang lebih berat dari tanjakan sambalado tersebut.

Oh iya guys. Walaupun terbilang gunung kecil, tapi ternyata biaya yang harus kita keluarkan jika ingin mendaki ke gunung kencana tidaklah sedikit loh.
Pertama kita harus membayar retribusi objek wisata telaga warna terlebih dahulu, kemudian retribusi untuk camp di puncak, lalu yang terakhir adalah simaksi gunung kencana.


Tiket objek wisata telaga warna: 
Rp. 10.000/orang

Parkir motor
Rp. 5.000/motor

Simaksi gunung kencana:
Rp. 20.000/orang

puncak gunung kencana
puncak gunung kencana. foto IG : https://www.instagram.com/tiwie_pert/

Dan itu belum termasuk parkir motor atau mobil kalian. Dan perlu diingat, harga diatas bisa berubah kapanpun.

Walaupun begitu, nyatanya masih banyak pendaki yang tertarik untuk mendaki di gunung kencana ini.


Gambaran Pendakian Gunung Kencana via Telaga Warna

Dari pos Telaga Warna, kita masih harus menuju lokasi basecamp gunung kencana dengan jalan yang bisa dibilang kurang bagus dengan waktu kurang lebih 1 jam. Tapi pemandangan yang ditawarkan cukup indah karena kita akan melalui perkebunan teh.

Dari penitipan motor, perjalanan dilanjutkan menuju Pos Tanjakan Sambalado, jalur yang kita lewati saat menuju pos tanjakan sambalado masih sama, yaitu jalan berbatu diantara perkebunan teh.

FYI:
Gunung kencana ini resmi dibuka untuk pendakian pada tahun 2014 oleh perhutani dan dibantu masyarakat sekitar untuk membuka jalurnya.

Di pos sambalado ini, kita bisa beristirahat sebentar, disini tersedia musholla, kamar mandi dan sumber mata air untuk persediaan ketika mendaki.

Nah, setelah semuanya siap, kita bisa mulai mendaki. Dari pos sambalado inilah kita akan langsung disuguhkan dengan tanjakan yang cukup menguras tenaga, tanjakan inilah yang dinamakan tanjakan sambalado, ciri khas gunung kencana. Tanjakan sambalado ini berbentuk anak tangga dengan kayu di bawah dan sampingnya sebagai pegangan.

Setelah kurang lebih 45 menit perjalanan dengan jalur yang menanjak dan melewati hutan, kita akan sampai di puncak gunung kencana. Puncak gunung kencana ini cukup luas, bisa menampung sekitar 10 tenda.

Nah, itulah sedikit gambaran mengenai pendakian gunung kencana via telaga warna puncak bogor.
Jadi, kapan kamu mendaki di gunung kencana bogor ini?


sumber foto header:
akun IG: https://www.instagram.com/ageltones/


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar