Skip to main content

Klenteng Sam Poo Kong | HTM, Rute, Lokasi, Jam Buka Terbaru

sam poo kong semarang

Semarang, selain sebagai ibu kota Jawa Tengah, kota satu ini juga memiliki beraneka ragam jenis wisata, mulai dari wisata sejarah, religi, alam hingga wisata kuliner.

Nah, salah satu tempat wisata di Semarang yang sudah cukup populer sebagai wisata sejarah adalah Sam Poo Kong.

Sam Poo Kong merupakan sebuah bangunan klenteng, yaitu bangunan yang difungsikan sebagai tempat beribadah masyarakat keturunan China, tak heran jika seluruh bangunan di Klenteng Sam Poo Kong berwarna merah dan kuning khas negeri China.


Apa yang Menarik di Klenteng Sam Poo Kong ?

Selain menjadi tempat beribadah, Sam Poo Kong juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang cukup populer, terutama dikalangan anak muda.

Kawasan Klenteng Sam Poo Kong terbilang cukup luas jadi bisa menampung banyak pengunjung.

foto klenteng sam poo kong semarang
arsitektur sam poo kong keren bro! foto : @wawaandarmawan

Sam Poo Kong sendiri merupakan sebuah bangunan peninggalan Laksamana Cheng Ho, seorang Laksamana bergama Islam dari China. Ketika kamu memasuki kawasan Klenteng, kamu bisa melihat patung Laksamana Cheng Ho yang sangat besar terlihat berdiri kokoh.

Bangunan inti dari klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an.

Goa Aslinya tertutup longsor pada tahun 1700-an, kemudian dibangun kembali oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada Cheng Ho.

Di dalam bangunan Goa Batu tersebut terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berbalut emas dan difungsikan sebagai tempat bersembayang untuk memohon rezeki, keselamatan dan kesehatan bagi agama budha.

Tak hanya itu saja, di kawasan Klenteng Sam Poo Kong juga terdapat bangunan lain seperti :

Klenteng Thao TeeKong
Bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemujaan Dewa Bumi untuk memohon berkah dan keselamatan hidup.

Kyai Juru Mudi
Yaitu merupakan makam dari juru mudi kapal yang ditumpangi oleh Laksamana Cheng Ho.

Kyai Jangkar
Di area ini terdapat jangkar asli dari kapal Laksamana Cheng Ho yang dibalut oleh kain berwarna merah, selain itu tempat ini juga digunakan untuk mendoakan arwah yang tidak bersanak keluarga yang mungkin belum mendapat tempat di alam baka.

Kyai Cundrik Bumi
Merupakan tempat penyimpanan segala jenis senjata milik awak kapal Laksamana Cheng Ho.

Kyai dan Nyai Tumpeng
Merupakan tempat penyimpanan bahan makanan pada masa Laksamana Cheng Ho.

foto sam poo kong di malam hari
suasana sam poo kong di malam hari. foto : @galangkp

Karena Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan yang memiliki fungi utama untuk sembayang agama budha, jadi tidak semua orang diperbolehkan memasuki setiap ruangan.

Walaupun begitu kita masih tetap bisa melihat keindahan arsitektur bangunan Klenteng dari luar kok.

Klenteng Sam Poo Kong bisa menjadi lokasi keren bagi kamu pecinta fotografi, sebab bangunan-bangunan di kawasan Klenteng terlihat sangat unik dengan ciri khas bangunan China.

Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke China untuk melihat bangunan seperti itu, cukup ke Sam Poo Kong saja.

Buat kamu yang ingin mendapatkan hasil foto yang berbeda, kamu bisa menyewa pakaian khas China juga loh, cukup membayar sekitar Rp. 100.000 saja, kamu sudah bisa berfoto dengan pakaian tersebut, ditambah lagi kita juga akan mendapatkan jasa dari fotografernya.

...jadi kamu gak perlu kawatir hasil fotomu jelek.

Setiap harinya Sam Poo Kong selalu ramai oleh pengunjung, terutama kalangan anak muda.

Sekarang ini sudah banyak perubahan di dalam kawasan klenteng, seperti terdapatnya warung-warung yang sebelumnya hanya ada di luar sekarang ada juga di dalam.

Lalu bagian barat klenteng yang biasa untuk sembahyang saat ini memiliki tiket sendiri, saat kita akan masuk ke kawasan klenteng kita akan ditawari 2 jenis tiket, yaitu tiket biasa dan tiket terusan.

Nah, klenteng bagian barat ini termasuk dalam tiket terusan.

Sejauh ini Sam Poo Kong masih cukup ramai dikunjungi, karena itu apabila Kamu ingin datang kesini, disarankan di hari biasa saja supaya bisa lebih puas berkeliling.


infografik sejarah sam poo kong
infografik sejarah sam poo kong



Baca Juga :
daftar tempat wisata romantis di Semarang
daftar tempat wisata anti mainstream di Semarang


FASILITAS
Toilet
Tempat Parkir
Spot Foto
Warung Makan
Toko Souvenir
Dan masih banyak lagi



Harga Tiket Masuk Sam Poo Kong (HTM):

Tiket masuk di Sam Poo Kong masih terbilang murah kok, kita hanya perlu membayar Rp.5.000/orang saja untuk dapat masuk ke area klentengnya. Namun untuk weekend tiket masuknya naik menjadi Rp.10.000/orang.

INFO HTM
Weekdays Rp.5.000
Weekend Rp.10.000
Sewa Pakaian Khas China Rp.100.000
Tiket Terusan (Area Sembahyang) Rp.20.000


Jam Operasional :
Objek wisata satu ini buka setiap hari guys, mulai pukul 08:00 pagi hingga 21:00 WIB.






Lokasi Sam Poo Kong :

Kleten Sam Poo Kong terletak di Simongan, Semarang, Jawa Tengah.
  • 5 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Veteran (22 menit)
  • 4 Km dari Bandara Ahmad Yani melalui Jl. Pamularsih (20 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju ke Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Akses menuju ke objek wisata Sam Poo Kong terbilang sangat mudah karena tidak jauh dari pusat kota Semarang. Kamu bisa mengikuti rute di bawah ini.

Apabila kamu dari arah Simpang Lima Semarang, cukup ambil arah melewati Jalan Pahlawan hingga sampai di perempatan depan Polda Jateng.

Sesampainya di perempatan silahkan belok kekanan melewati Jalan Veteran (ambil arah Bandara) hingga kamu sampai di RSUP Dr. Kariadi, tepat didepan RSUP Dr. Kariadi silahkan belok kekiri dan ikuti saja jalan tersebut.

Klenteng Sam Poo Kong berada di kiri jalan setelah jembatan, tidak perlu takut tersesat karena sudah terdapat banyak petunjuk jalan.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Sam Poo Kong juga bisa dijangkau menggunakan transportasi umum, baik taksi maupun bus trans semarang yang menuju ke Mangkang atau sebaliknya. dan juga bus wisata Kota Semarang.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.



Tips Berlibur ke Sam Poo Kong Semarang :

  • Kapanpun merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Sam Poo Kong, terutama saat imlek sebab biasanya akan diadakan sebuah pertunjukan di kawasan Klenteng.
  • Sangat cocok untuk kamu pecinta fotografi.
  • Untuk merasakan suasanya yang lebih nyaman, kamu bisa datang di malam hari.
  • Jika kamu ingin mengetahu lebih jauh mengenai sejarah Sam Poo Kong, kamu bisa menyewa guide yang bisa kamu tanya apapun tentang Klenteng.




Wisata Terdekat Dari Sam Poo Kong (-1 Jam) :

Taman Indonesia Kaya (10 menit)
Taman Indonesia Kaya merupakan hasil dari renovasi taman yang dulu bernama Taman KB. Kini tempat tersebut selalu ramai dikunjungi terutama saat malam hari. Disini kita bisa duduk santai di kursi-kursi yang sudah disediakan, selain itu di Taman Indonesia Kaya juga sering diadakan pertunjukan loh.

Lawang Sewu (14 menit)
Siapa sih yang tidak tahu dengan Lawang Sewu, objek wisata ini sudah menjadi ikon wisata di kota Semarang.

Curug Gondoriyo (28 menit)
Curug Gondoriyo juga dikenal dengan julukan air terjun pelangi karena ketika malam hari air disini akan berwarna-warni. Curug Gondoriyo juga menjadi satu-satunya wisata air terjun di kota itu sejauh ini

Pagoda Watu Gong (29 menit)
Jika kamu ingin melihat bagaimana bentuk dari sebuah pagoda, maka kamu harus berkunjung ke Watu Gong, lokasinya tak jauh dari pusat kota kok.

Masjid Agung Jawa Tengah (21 menit)
Masjid Agubg Jawa Tengah memiliki arsitektur yang sangat indah dengan perpaduan antara arsitektur timur tengah dan asia. Disini juga ada menara yang bisa kita naiki dengan membayar tiket. Di puncak menara kita dapat melihat pemandangan kota Semarang dan laut di bagian utaranya.

Fatimah Zahra (25 menit)
Dahulunya Firdaus Fatimah Zahra merupakan tempat latihan manasik haji, tapi karena peminatnya banyak, akhirnya tempat tersebut dibuka untuk umum dan kini menjadi salah satu wisata religi yang banyak diminati. Di Fatimah Zahra kita dapat menemukan berbagai miniatur yang sangat mirip dengan yang ada di Arab, seperti Masjid Nabawi, Jabal Rohmah, Masjidil Haram dan lain lain.

sumber foto header:akun IG @naqmoto



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar