Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

40 Kata Kata Sedih Bahasa Jawa dan Artinya

kata kata sedih bahasa jawa

Setiap manusia pasti pernah merasakan sedih, entah itu karena terkena musibah, masalah cinta, atau sebagainya. Biasanya saat merasa sedih sebagian orang mencari kata kata mutiara/bijak yang berhubungan dengan apa yang sedang dia rasakan.

Mungkin dengan begitu rasa sedihnya akan perlahan berkurang. Nah untuk itu di bawah ini Brobali.com sudah mengumpulkan beberapa kata kata sedih bahasa jawa, spesial untuk teman-teman yang ada di  Jogja, Jawa Tengah ataupun Jawa Timur.

Baca Juga:
Kumpulan Kata-kata Romantis Beruntung Memilikimu




Kudu semangat masio gak ono sing nyemangati.(Harus semangat walaupun tidak ada yang menyemangati)

Isih tetep bertahan karo wong sing isone mung nglarani kowe? Kuwi jenenge sayang? Opo ora iso golek sing luwih seko kuwi?
(Masih tetap bertahan dengan orang yang cuma bisa bikin sakit hati? Itu namanya sayang? Apa nggak bisa nyari yang lebih dari itu?)

Raperlu sih nunjukke roso sayang seng luwih, nek suk akhire kowe nunjukke wong seng anyar seng mbok celuk sayang.(Tidak perlu menunjukkan rasa sayang yang lebih, kalau besok pada akhirya kamu menunjukkan ada orang baru yang kamu panggil sayang)

Aku rumangsa wedi ngrasakne seneng amarga saben aku seneng, ana sing ala mesthi kedadeyan.
(Aku merasa takut merasakan bahagia, karena setiap aku bahagia pasti ada saja musibah yang terjadi)

Kowe lungo nggowo kenangan, kowe teko maneh nggowo undangan.
(Kamu pergi membawa kenangan, kamu datang lagi membawa undangan)

Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen.
(Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelumnya)

Sido sayang gak? Lek gak sido tak tinggal nggodok mie.
(Jadi sayang apa nggak? Kalau nggak jadi aku tinggal masak mie aja)

Sing bisa mbatesi aku saka rasa seneng ikut kasunyatan.
(Yang bisa membatasi aku dari rasa bahagia itu cuma realita)

Umpama pacar iso di-download, aku bakalan ora jomblo.
(Seandainya pacar bisa didownload, aku pasti nggak jomblo)

Nelangsa rasane, sing tak tresno ono sing nduwe.(Sedih rasanya, yang aku sukai sudah ada yang punya.)

Baca Juga:
Kumpulan Quotes Tentang Kopi Romantis dan Lucu
Kumpulan Puisi Tentang Kupu-Kupu



Nek enek uwong sing nglarani kowe, ojo pernah mikir dinggo mbales. Ngguwak-ngguwak tenogo, sinau ikhlas ya.
(Jika ada orang yang menyakiti kamu, jangan pernah berpikir untuk membalas. Buang-buang tenaga, belajar ikhlas ya)

Saking suwe ngejomblo oleh sms teko operator langsung tak balesi ‘Entuk nomerku teko sopo?’
(Saking lamanya menjomblo, dapat sms dari operator langsung aku balas 'dapat nomorku dari siapa?')

Pangarapku marang sampeyan bubar nyritakake sapa sejatine sampeyan.
(Harapanku kepadamu hilang setelah tahu siapa kamu sebenarnya)

Pantesan aku gering, jebule sing tak pangan harapan palsu.
(Pantesan aku kurus, ternyata yang aku makan itu harapan palsu)

Tresno ki kadang koyo criping telo, iso ajur nek kowe ora ngati-ati le nggowo.
(Cinta itu kadang seperti ceriping ketela, bisa hancur jika membawanya tidak hati-hati)

Cedak? Iyo. Tresno? Banget. Pacar? Dudu.
(Deket? iya. Cinta? banget. Pacar? bukan)

Tresno kuwi pancen aneh. Contone aku tresno kowe, tapi kowe ora tresno aku.(Cinta itu memang aneh. Contonnya aku cinta kamu, tapi kamu tidak cinta aku)

Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalanan ono wong liyo.(Cinta datang karena kebiasaan, lunturnya cinta karena adanya orang lain)

Uripku kaya kuburan sing sampurna kanggo pangarep-arep sing tiwas.
(Hidupku seperti kuburan yang sempurna untuk harapan yang sufah mati)

Dadi pelari nek menang iso oleh medali emas, tapi nek mung dadi pelarian? Entuke mangan ati tok.
(Menjadi seorang pelari kalau menang bisa dapat emas, tapi jika cuma jadi pelarian? cuma dapat makan hati aja)

Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg.
(Agar tidak kecewa, kita harus tahu kapan waktunya berharap dan kapan waktunya berhenti)

Aku nangis dudu mergo aku lemah, tapi aku nangis mergo wis kesel nyoba kuat kanggo wektu sing suwe.
(Aku menangis bukan karena aku lemah, tapi aku menangis karena aku sudah lelah untuk mencoba kuat dalam waktu yang lama)

Jarene wes ikhlas de’e karo sing liyo, kok iseh ngomong ‘Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.’ Mbok wes meneng wae luwih apik.
(Katanya sudah ikhlas dia bersama orang lain? kok masih ngomong 'Kalau Tuhan tidak membalas, biar karma yang membalas.' Bukannya diam lebih baik)

Luwih gampang ngapura mungsuh tinimbang kanca.
(Lebih mudah memaafkan musuh daripada teman)

Sak durung dadi pengkhianat, mbiyen jenenge sahabat.
(Sebelum menjadi penghianat, dulu namanya sahabat)

LDR kuwi ya kaya pacaran karo medi, langka wujude.
(LDR itu seperti pacaran dengan setan, tidak terlihat wujudnya)

Kadang aku kudu ngeculke, ben koe ngerti rasane kelangan karo mempertahankan ki pie.(Terkadang aku harus melepaskan, agar kamu tahu bagaimana rasanya kehilangan sama mempertahankan itu seperti apa)

Dicedaki acuh tak acuh bareng suwung bingung, lha karepmu i pie . Opo aku kudu mlayu neng laut ben koe ngerti aku tenanan.(Didekati acuh tak acuh, apa sebenarnya mau mu. Apa aku harus lari ke tengah laut supaya kamu mengerti)

Pangarepan iku sumbere lara ati.
(Harapan itu sumbernya sakit hati)

Jenenge urip kui mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan.
(Namanya hidup pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan)

Musuhen aku sak modarmu, rasanono sak jebole cocotmu. Ora kenal kowe aku ra rugi.(Musuhilah aku hingga kamu mati, bicarakan aku sampai mulutmu hancur. Tidak kenal kamu aku tidak rugi)

Kowe ki uwong opo kalkulator ko ra tau gelem salah.(Kamu itu manusia atau kalkulator kok tidak pernah mau salah)

Aku pengin ndhelik ing endi wae. Donya iki kebak goroh.
(Aku ingin bersembunyi dimana saja. Dunia ini penuh kebohongan)

Aku ora malam mingguan, sandalku pedot.
(Aku nggak malam mingguan, sandalku putus!)

Wong sing ora tau kecewa iku wong sing ora tau ngarep-arep.
(Orang yang tidak pernah kecewa itu orang yang tidak pernah berharap)

Yen kowe ra nduwe sego, yo ojo mangan konco.
(Jika kamu tidak punya nasi, ya jangan makan teman)

Luwih mending duwe mungsuh tapi tenanan, katimbang duwe kanca sing apus-apus.
(Lebih baik punya musuh beneran daripada punya temen yang penipu)

Mergo sing gawene ngekeki coklat bakal kalah karo sing ngekeki seperangkat alat sholat.
(Karena yang selalu ngasih coklat bakalan kalah dengan yang ngasih seperangkat alat sholat)

Ora kabeh wong seneng karo apa sing dewek lakoni. Ora papa, sing penting dewek niate apik lan nglakoni sing bener.(Tidak semua orang senang dengan apa yang kita lakukan. Tidak apa-apa, yang penting kita niatnya baik dan melakukan yang benar.)

Penak ora penak yo penak no wae wong jenenge golek duwit.(Enak tidak enak ya dienakkan saja, namanya juga cari uang)


Itu dia beberapa quotes atau kata kata sedih dalam bahasa jawa beserta artinya, menurutmu mana yang paling unik? beritahu kami yuk. Jika kamu punya kata kata sedih bahasa jawa lainnya, jangan lupa tulis di kolom komentar ya.



Ingin bertanya atau sekedar menyapa? Temukan kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar