Top 33 Tempat Wisata di Semarang [Selalu Update] yang Harus Dikunjungi

Top 33 Tempat Wisata di Semarang [Selalu Update] yang Harus Dikunjungi

lawang sewu malam hari

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, selain itu Semarang juga termasuk dalam 5 kota terbesar di Indonesia, tak heran jika di Semarang terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Ada banyak jenis wisata di Semarang seperti wisata alam, sejarah, religi hingga wisata kuliner, kota Semarang juga terkenal dengan julukan Kota Lumpia, nah bagi kamu yang berniat ingin berlibur ke Semarang namun bingung mau kemana, dibawah ini merupakan rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi.


Sam Poo Kong

foto sam poo kong semarang
klenteng sam poo kong. foto : @enjoyeverytrip

Tempat wisata di Semarang pertama adalah Sam Poo Kong, Sam Poo Kong merupakan sebuah bangunan Klenteng yang digunakan umat Budha di Semarang untuk bersembayang, selain sebagai lokasi sembahyang, wisata Klenteng Sam Poo Kong juga dijadikan salah satu tempat wisata di Semarang yang cukup favorit.

Walaupun digunakan sembahyang umat Budha, ternyata Klenteng Sam Poo Kong merupakan peninggalan dari Laksamana Cheng Ho, yaitu seorang Laksamana beragama Islam dari China, bangunan Klenteng Sam Poo Kong memiliki ciri khas berwarna merah dengan arsitektur ala bangunan China, kini Sam Poo Kong menjadi salah satu wisata favorit di Semarang, terlebih lagi dikalangan anak muda.


Lawang Sewu

lawang sewu
lawang sewu saat senja. foto ig : itsme_donald

Tempat wisata di Semarang selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Lawang Sewu, siapa sih yang tidak kenal dengan Lawang Sewu, sebuah bangunan peninggalan Belanda yang juga menjadi ikon wisata kota Semarang ini memang menarik untuk dikunjungi.

Lawang Sewu memiliki ciri khas bangunan dengan banyak sekali pintu, padahal sebenarnya Lawang Sewu tidak memiliki pintu hingga 1000 buah seperti namanya, namun untuk memudahkan dalam penyebutannya jadi dinamakan Lawang Sewu atau dalam bahasa indonesia berarti Pintu Seribu.





Masjid Agung Jawa Tengah

foto masjid agung jawa tengah
indah banget masjid agung jawa tengah. foto : @danisetiawanku

Kembali ke wisata religi, di Semarang terdapat sebuah Masjid yang juga menjadi ikon dari kota Semarang bernama Masjid Agung Jawa Tengah, bangunan Masjid Agung Jawa Tengah memiliki arsitektur yang sangat megah dengan campuran gaya Indonesia dan Arab.

Di kawasan Masjid juga terdapat sebuah menara dimana kita bisa melihat pemandangan kota Semarang dari ketinggian, waktu terbaik untuk naik keatas menara adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam, dari situ kita bisa melihat indahnya sunset dengan telescop yang sudah disediakan. Masjid Agung Jawa Tengah kini menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi, terutama bagi kamu yang mencari wisata keluarga dan religi.




Pantai Maron

sunset di pantai maron
sunset di pantai maron. foto ig : @rickyoctaweird

Tak jauh dari Bandara Ahmad Yani tepatnya di sebelah barat Pantai Tirang terdapat sebuah pantai yang cukup indah bernama Pantai Maron, walaupun kurang populer tapi Pantai Maron menawarkan keindahan alam yang tak boleh kita lewatkan, Pantai Maron bisa menjadi alternatif wisata di Semarang dikala wisata-wisata populer sudah semakin ramai oleh pengunjung.



Pantai Tirang

sunset di pantai tirang semarang
sunset di pantai tirang. foto ig : @alika_rn

Sama halnya dengan Pantai Maron, kedua tempat wisata di Semarang ini memang masih kurang populer dikalangan wisatawan, lokasinya yang jauh dari pusat kota menjadi salah satu alasan kenapa wisatawan jarang memilih berlibur ke tempat wisata tersebut.

Pantai Tirang lebih cocok untuk bersantai sejenak menjauh dari keramaian kota, objek wisata Pantai Tirang sangat cocok kamu kunjungi jika memang kamu menyukai aktivitas memancing, Pantai Tirang menjadi lokasi favorit para pemancing di Semarang.




Pantai Marina

sunset di pantai marina semarang
sunset di pantai marina. foto : @ridhoramadlan

Nah, inilah pantai paling populer di Semarang, Pantai Marina terletak di kawasan PRPP, setiap harinya Pantai Marina selalu ramai dikunjungi wisatawan, wisata Semarang satu ini memang sangat cocok untuk bersantai menikmati indahnya sunset, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berbeda, kamu juga bisa berkeliling pantai menggunakan perahu lho.



Pagoda Watu Gong

pagoda watu gong
view pagoda watu gong. foto ig : vegaviditama

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah Pagoda Watu Gong, sebenarnya lokasi ini bukanlah sebuah tempat wisata, namun karena uniknya bangunan Pagoda menjadikan banyak wisatawan yang tertarik dan akhirnya berkunjung ke Pagoda Watu Gong.

Pagoda Watu Gong memiliki 7 tingkat dengan didominasi warna kuning dan merah, Pagoda Watu Gong ini juga sempat menyabet rekor muri sebagai Pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 45 meter, lokasi dari Pagoda Watu Gong terletak didepan Kodim Diponegoro.


Kampung Wisata Taman Lele


foto kampoeng wisata taman lele semarang
kampoeng wisata taman lele. foto : semarangplus.com

Kampung Wisata Taman Lele merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi, sebab objek wisata satu ini menawarkan berbagai kegiatan seru yang bisa kita lakukan bersama keluarga, mulai dari kebun binatang mini, kolam renang, berkeliling danau, hingga tempat permainan anak.

Kampung Wisata Taman Lele bisa menjadi tempat wisata keluarga alternatif di Semarang dikala banyak objek wisata sudah mulai ramai oleh pengunjung, Kampung Wisata Taman lele sangat cocok kamu kunjungi jika kamu datang dari jalur pantura sebab objek wisata ini terletak di jalur tersebut.


Kawasan Kota Lama

kota lama semarang
kota lama. foto ig : muhammadhasansubhi

Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan dimana banyak terdapat bangunan-bangunan kuno, bangunan-bangunan tersebut memiliki arsitektur layaknya bangunan pada zaman Belanda, selain itu di kawasan Kota Lama juga terdapat sebuah gereja dengan bentuk yang cukup unik bernama Gereja Blenduk.

Gereja Blenduk menjadi tempat favorit yang wajib dikunjungi para fotografer sebab keunikan dari bentuk bangunan Gereja yang cukup unik, kawasan Kota Lama juga bisa menjadi spot fotografi bagi kamu yang menyukai pemandangan klasik, nah bagi kamu yang mencari tempat wisata unik di Semarang bisa coba datang ke kawasan Kota Lama.





Museum Ranggawarsita

museum ranggawarsito
salah satu koleksi di museum ronggowarsito. foto ig : @hanielyudi

Museum Ronggowarsito terletak tak jauh dari Stasiun Poncol, bagi kamu yang berkeliling di Semarang menggunakan bis wisata tingkat, kamu bisa turun di Museum Ranggawarsito ini.

Museum Ranggawarsito memamerkan barang-barang peninggalan budaya di Jawa, ada sekitar 60.000 koleksi yang bisa kita lihat di museum yang berdiri pada 5 Juli 1989 ini.





Kampung Pelangi

kampung pelangi semarang
kampung pelangi. foto ig : @varie_foto

Kampung Pelangi bisa dibilang salah satu tempat wisata baru di Semarang, Kampung Pelangi mengusung konsep wisata swafoto, dimana di kampung ini terdapat banyak sekali spot foto yang bisa kita pilih sesuka hati.





Old City 3D Trick Art

old city 3d trick art semarang
labuan bajo. foto ig : @denisetiawan1992

Wisata satu ini mengusung konsep yang sama dengan Kampung Pelangi, hanya saja spot foto di Old City 3D Art Museum memiliki konsep 3D, jadi seakan akan objek yang kita ajak foto seperti asli.
Old City 3D Trick Art ini berada di kawasan Kota Lama, sangat mudah untuk menemukan kok, jadi kamu jangan lupa berkunjung ya.





Setiya Aji Flower Farm

setiya aji flower farm
setiya aji flower farm. foto ig : @mirabundalita

Setiya Aji Flower Farm berada di daerah Bandungan, jadi cukup jauh dari pusat kota Semarang, tapi tidak ada salahnya kamu berkunjung kesini, karena di Setiya Aji Flower Farm, kita akan disuguhi dengan keindahan bunga krisan yang warna-warni.





Ayana Gedong Songo

ayana gedong songo
ayana gedong songo. foto ig : @itsme_donald

Sesuai namanya, objek wisata Semarang satu ini berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, di Ayana, kita bisa bersantai ataupun hunting foto dengan background keindahan alam Kabupaten Semarang.





Ngasem Park

ngasem park
ngasem park. foto ig : @pradiptasujendro

Ngasem Park berlokasi tak jauh dari Setiya Aji Flower Farm, dan kedua tempat wisata ini mengusung konsep yang mirip, hanya saja Ngasem Park memiliki spot foto lebih banyak daripada Setiya Aji Flower Farm.





Taman Bunga Celosia

taman bunga celosia
taman bunga celosia. foto ig : @fatimahalhadd

Taman Bunga Celosia berada tepat di bawah objek wisata Candi Gedong Songo. Sesuai namanya, di Taman Bunga Celosia kita bisa menemukan banyak sekali bunga-bunga indah lengkap dengan berbagai spot foto dari ikon wisata di negara lain, seperti Singapura, Perancis dan Belanda.





Ampelgading Homeland

ampelgading homeland semarang
ampelgading homeland. foto ig : @dhef.eb

Ampelgading Homeland mengusung konsep wisata swafoto dengan menjadikan background pemandangan alam sebagai sajian utamanya, selain itu Ampelgading juga sering menjadi tempat nongkrong kalangan muda di Kabupaten Semarang.





Cimory

cimory semarang
cimory on the valley. foto ig : @fajar_kurniawan95

Nah, bagi kamu yang sedang mencari wisata keluarga yang cukup lengkap di Kabupaten Semarang, Cimory bisa menjadi salah satu pilihanmu, karena disini kita bisa mengajak anak-anak untuk berlibur sekaligus belajar.




Maerakaca

maerokoco
maerokoco. foto ig : @zacki_fuad

Apabila kamu ingin mengexplor wisata-wisata di Jawa Tengah, tapi terkendala dengan waktu dan biaya, mungkin kamu harus berkunjung ke Maerokoco, di objek wisata semarang ini terdapat banyak sekali anjungandari wisata-wisata di Jawa Tengah lho, selain itu di Maerokoco juga terdapat hutan mangrove yang sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi nature.



Candi Gedong Songo

foto candi gedong songo semarang
komplek candi gedong songo. foto : danayakai

Menjauh sejenak dari pusat kota Semarang, tepatnya di Ungaran terdapat sebuah tempat wisata Semarang yang sudah sangat populer sebagai wisata alam dan sejarah, yaitu komplek Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo terletak di kaki gunung Ungaran, di kawasan Candi Gedong Songo terdapat 5 candi utama yang tersusun rapi dari bawah hingga keatas lereng gunung, penataan yang rapi dan fasilitas yang memadai menjadikan Candi Gedong Songo sangat ramai dikunjungi wisatawan, Candi Gedong Songo harus masuk dalam daftar tempat wisata wajib dikunjungi di Semarang versi kamu ya.


Umbul Sidomukti

foto umbul sidomukti semarang
kolam di umbul sidomukti. foto : difaanindita

Sebelum kita jauh sampai di objek wisat Candi Gedong Songo, masih di kaki gunung Ungaran terdapat sebuah tempat wisata lain yang tak kalah populer, Umbul Sidomukti, merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang menawarkan berbagai wahana seru.

Salah satu ikon dari Umbul Sidomukti adalah kolam renangnya, kolam renang di Umbul Sidomukti memiliki air yang cukup dingin namun sangat menyegarkan, selain itu di kawasan wisata ini juga terdapat area outbond dengan beberapa wahana, salah satu wahana populernya adalah Flying Fox, kini Umbul Sidomukti menjadi tempat wisata di Semarang, terutama di kawasan Bandungan yang cukup favorit untuk berwisata bersama keluarga.

baca juga : Umbul Sidomukti, wisata alam lengkap di Ungaran




Kebun Teh Medini dan Gunung Ungaran

kebun teh medini
kebun teh medini. foto ig : @aristadanar_

Masih di kawasan Ungaran, Kabupaten Semarang, diatas Umbul Sidomukti terdapat objek wisata lainnya bernama Kebun Teh Medini, kebun teh ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menyegarkan mata dengan hamparan luasnya tanaman teh.

Bukan hanya itu, kita juga bisa mendaki di Gunung Ungaran, gunung tertinggi di Semarang dengan ketinggian 2050 Mdpl, jalur pendakian gunung Ungaran juga terbilang sangat cocok untuk pemula, hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam kita sudah bisa sampai di puncak tertinggi Gunung Ungaran, jadi bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata alam di Semarang yang memiliki udara segar bisa datang ke kawasan Kebun Teh Medini ini.



Curug Lawe dan Benowo

foto curug lawe ungaran
curug lawe ungaran.

Tempat wisata di Semarang lainnya yang tak kalah menarik adalah Curug Lawe, beralih di lereng Gunung Ungaran sebelah barat, Curug Lawe adalah salah satu air terjun di lereng gunung Ungaran, kepopuleran Curug Lawe setelah objek wisata Semarang ini masuk dalam acara tv bertema petualangan.

Di kawasan wisata tersebut tak hanya terdapat Curug Lawe saja, melainkan juga ada air terjun lainnya bernama Curug Benowo, kedua air terju ini terletak di satu kawasan, hanya saja Curug Benowo lebih jauh, untuk menuju ke lokasi kedua air terjun kita akan dipaksa berjalan kaki selama 1 jam, jadi persiapkan fisikmu ya, rasa lelahmu akan terbayar setelah sampai di lokasi air terjun, Curug Lawe memiliki pemandangan sangat indah dengan tebing besar yang mengitarinya.



Rawa Pening

foto rawa pening semarang
pagi di rawa pening. foto : ahmadmushafak

Beralih ke kawasan Ambarawa, terdapat sebuah danau bernama Rawa Pening, Rawa Pening sudah terkenal sejak lama sebagai tempat wisata dan lokasi hunting foto kece di Semarang, Rawa Pening masuk dalam beberapa kecamatan mulai dari Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Rawa Pening ini berada di cekungan terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran.



Eling Bening

foto eling bening ambarawa
cocok buat nyantai. foto : mustaqim_id



Tak jauh dari Rawa Pening, terdapat wisata keren lainnya bernama Eling Bening, tempat wisata Semarang satu ini terletak di puncak perbukitan di Jalan Lingark Ambarawa, Eling Bening menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang dari ketinggian, salah satu pemandangan utama di Eling Bening adalah view Rawa Pening yang terlihat sangat luas dengan background gunung Merbabu.


Air Terjun Kali Pancur

foto air terjun kali pancur semarang
air terjun kali pancur. foto : dolandolen

Air Terjun Kali Pancur berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga, tempat wisata di Semarang satu ini memang masih kalah populer dengan wisata lainnya, untuk menuju ke lokasi sendiri kita harus menggunakan kendaraan pribadi, namun jangan salah, ternyata Air Terjun Kali Pancur memiliki pemandangan alam sangat cantik lho, tak kalah dengan Curug Lawe dan Benowo.

baca juga : daftar tempat wisata anti mainstream di Semarang



Museum Kereta Api Ambarawa

museum kereta api ambarawa
museum kereta api. foto ig : zulzisn

Masih di kawasan Ambarawa, terdapat sebuah Museum yang cukup unik, Museum Kereta Ambarawa menyajikan berbagai koleksi kereta api kuno pada zaman Belanda, Museum Kereta Ambarawa merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang harus kamu pertimbangkan, selain berwisata sejarah, disini kita juga bisa hunting foto keren lho, atau biasa disebut "instagramable".


Tempat Wisata Waduk Jatibarang dan Goa Kreo

goa kreo
goa kreo. foto ig : @muhamadjunetfajeri

Beralih ke Gunung Pati, terdapat satu objek wisata yang juga menjadi ikon wisata di daerah tersebut, Goa Kreo merupakan sebuah goa yang terletak di kawasan Waduk Jatibarang, Goa Kreo dihuni oleh banyak sekali kera liar, walaupun begitu kera-kera di Goa Kreo tidak jahil layaknya kera di tempat wisata pada umumnya lho.

Selain di Goa Kreo, di tempat wisata Semarang satu ini kita juga bisa berkeliling di Waduk Jatibarang dengan menggunakan speedboat, setiap harinya objek wisata ini tak pernah sepi oleh pengunjung karena memang sangat cocok untuk wisata bersama keluarga.



Kebun Binatang Mangkang

foto kebun binatang mangkang semarang
salah satu wahana di bonbin. foto : pemkot_semarang

Kebun Binatang Mangkang terletak di kawasan perbatasan Semarang-Kendal, di kebun binatang ini terdapat lebih dari 150 koleksi satwa, Kebun Binatang Mangkang menjadi tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi karena lokasi dan aksesnya yang mudah serta fasilitas di tempat wisata ini juga cukup lengkap.


Water Blaster Semarang

foto water blaster semarang
berani meluncur? foto : waterblasterid

Water Blaster merupakan sebuah waterpark terlengkap di Semarang, tempat wisata Semarang satu ini memiliki banyak sekali wahana seru, seperti lazy river dan futsal air, flying fox dan outbond yang bisa kita coba. Hanya membayar tiket tak lebih dari Rp.100.000 kita sudah bisa menikmati banyak sekali wahana keren dan menarik di Water Blaster, uniknya tidak seperti kebanyakan tempat wisata yang tidak pernah tutup, Water Blaster tutup seminggu sekali di hari Senin.


Goa Rong

goa rong
goa rong. foto ig : @adycreative

Beralih ke Kecamatan Tuntang, terdapat tempat wisata alam bernama Bukit Rong, yaitu sebuah bukit dengan pemandangan alam Kabupaten Semarang layaknya Eling Bening, dari objek wisata Bukit Rong kita bisa melihat megahnya gunung Merbabu dan Telomoyo serta luasnya Rawa Pening, walaupun Bukit Rong masih kalah populer dengan tempat wisata di Semarang lainnya, namun tidak ada salahnya untuk berkunjung kesini kan.


Citylight View Bukit Gombel

foto indah dari bukit gombel semarang
citylight dari bukit gombel. foto : adityanurfadly

Nah, bagi kamu yang mencari tempat wisata romantis di Semarang, cobalah datang ke Bukit Gombel saat malam hari, Bukit Gombel merupakan sebuah bukit yang terletak di sebelah jalan raya menuju Ungaran, disini kita bisa melihat pemandangan lampu-lampu kota dari ketinggian layaknya bintang di bumi.


Wisata Mirip Luar Negri di Brown Canyon

foto brown canyon semarang
brown canyon mirip luar negeri. foto : angry_eribut

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan Grand Canyon di Amerika, nah di Kabupaten Semarang ternyata terdapat sebuah tempat yang cukup mirip dengan Grand Canyon di Amerika tersebut, namanya Brown Canyon.

Sebenarnya Brown Canyon bukanlah sebuah tempat wisata, melainkan lokasi galian C, namun karena keunikan dari bentuk bentuk tebing di kawasan tersebut menjadikannya populer sehingga banyak orang menamainya Brown Canyon, kini Brown Canyon menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang cukup populer dikalangan anak muda dan pecinta fotografi.

Nah, itulah daftar tempat wisata populer di Semarang, sebenarnya masih terdapat banyak sekali wisata-wisata keren di Semarang yang wajib kamu kunjungi, tapi untuk sementara hanya itu dulu, untuk info mengenai wisata yang bersangkutan, kamu bisa klik pada link berwarna biru diatas.

Nah bagi kamu yang memiliki info wisata kece lainnya di Semarang bisa menuliskannya di kolom komentar, jadi mana tempat wisat di Semarang favoritmu?


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments