Berwisata Sejarah di Goa Gajah


Wisata di bali memang tak lepas dari pantai pantainya yang mempesona, namun selain pantai di pulau dewata juga terkenal dengan banyaknya pura suci yang dijadikan objek wisata religius dan sejarah, seperti pura uluwatu yang terkenal dengan tari kecaknya hingga tanah lot yang memiliki keindahan sunset.



pemandangan goa gajah ubud, gianyar, bali 
halaman depan goa gajah. foto : rebeccafooo


Selain kedua pura tersebut, masih ada banyak pura lainnya yang tak kalah menarik, contohnya saja pura goa gajah di Ubud ini, lokasi wisata ini hampir setiap hari ramai dikunjungi wisatawan dan banyak juga yang layanan paket wisata yang memasukkan goa gajah kedalam daftar tempat tujuan favorit.

baca juga : ini dia daftar tempat menarik dan kegiatan seru yang bisa kita lakukan di ubud

Terletak di desa bedulu, gianyar, ketika kita mendengar kata “goa gajah” pasti terbesit di pikiran apakah ada banyak gajahnya di dalam gua tersebut ? kenyataannya tidak ada gajah di gua ini, dinamakan goa gajah karena dibagian bibir gua terdapat ukiran berbentuk kepala gajah.



Apa Yang Menarik di Pura Goa Gajah ?

objek wisata goa gajah memiliki keindahan tersendiri seperti dikelilingi persawahan dan memiliki pemandangan dari ngarai sungai petanu, lokasinya yang strategis menjadikan kawasan pura goa gajah menjadi tempat tujuan favorit bagi wisatawan karena memiliki rute Denpasar –Tampaksiring – Danau Batur – Kintamani.



foto patung didalam goa gajah 
patung widyadara-widyadari. foto : jesstitch




Seperti halnya di pura lainnya, saat kita ingin masuk ke kawasan pura harus mengenakan sarung/selendang yang telah disediakan di loket masuk untuk menjaga kesopanan, dibagian samping mulut gua terdapat 2 patung yang dipercaya sebagai penjaga gua, jalur didalam gua berbentuk huruf “T” dengan tinggi 2 meter dan lebar 2 meter, bagian kanan dan kiri terdapat cerug yang pada jaman dahulu digunakan untuk tempat bertapa.
Sebelum masuk ke area wisata, terlebih dahulu kita bisa menuju ke bagian informasi untuk meminta pamflet/kertas yang berisi informasi tertulis tentang semua yang ada di objek wisata goa gajah, inilah kelebihan dari objek wisata goa gajah, dengan adanya tempat informasi ini kita bisa tahu tentang sejarah goa gajah lebih lengkap.


Setelah kita masuk ke halaman, kita akan menemukan sebuah kolam dimana terdapat 7 patung widyadara – widayadari yang memegang air suci sebagai simbol dari tujuh sungai di India tempat kelahiran agama hindu dan budha. Selain itu di kawasan goa gajah banyak ditumbuhi pohon yang menurut penjaga sudah berumur ratusan tahun.


foto pura goa gajah 
kolam kecil di halaman pura. foto : lenadespontin


Puas berkeliling di pura, masih ada tempat lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Lembah tukat pangkung, lembah ini terletak di sebelah selatan petirtaan, dimana akses menuju lokasi kita harus melewati jalan setapak yang sudah di paving rapi sehingga memudahkan pengunjung dan kita akan melewati pohon randu raksasa yang dipercaya sudah berumur lebih dari 500 tahun.
Disini kita bisa bermain air, selain itu warga sekitar biasanya menggunakan air sungai untuk mandi atau berendam.

baca juga : 15 tempat wisata keren di bali yang harus kamu kunjungi


Tips Saa Berlibur Ke Goa Gajah :

  • pilihlah waktu yang tepat, yaitu saat pagi hari karena udara masih segar dan sinar matahari belum terlalu terik.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan jangan pernah melakukan vandalisme apapun di lokasi ini, karena tempat ini masih termasuk kawasan suci jadi jaga kesopanan ya.
  • objek wisata ini bisa menjadi pilihan alternatif dikala wisata pura lainnya dipenuhi oleh pengunjung.


Lokasi :

  • Alamat, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali
  • 24 kilometer dari pusat kota Denpasar melalui Jl. Raya Singapadu (53 menit)
  • 41 km dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. By Pass Ngurah Rai - Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (1 jam 16 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)








Jam Buka : 08:00 pagi - 17:00 sore




Wisata Terdekat Dari Goa Gajah :

Taman Safari Bali (25 menit)
Secret Monkey forest (19 menit)
Pura Goa Lawah (59 menit)





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »