Mencari Pura Unik Di Bali ? Kunjungi Goa Lawah


Melihat Gua Yang Dihuni Ribuan Kelelawar Di Pulau Dewata

 


Pura Goa Lawah, atau biasa dikenal dengan nama Goa Lawah saja, merupakan salah satu tempat wisata favorit di Bali, pura ini masih termasuk dalam enam pura penting di Bali selain Uluwatu, Andakasa, Batukaru, Lempuyang, dan Seleyukti.




foto pura goa lawah klungkung bali 
IG : @lensa_r





Sampai saat ini belum diketahui pasti siapa pendiri pura goa lawah, namun menurut cerita masyarakat sekitar pura goa lawah didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad ke-11, digunakan sebagai tempat pemujaan dewa laut seperti halnya pura tanah lot.


Apa Yang Menarik Di Goa Lawah ?

Mungkin bisa dibilang pura goa lawah merupakan pura terunik di Bali karena terdapat gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar yang bergelantungan di mulut gua, jadi jangan heran jika kita memasuki mulut gua akan tercium bau pesing kotoran kelelawar, di depan mulut gua juga dibangun beberapa tempat pemujaan dimana upacar besar setiap 6 bulan sekali dilakukan disini.

berbagai macam upacara yang sering dilakukan disini seperti, upacara melasti, nyegara gunung, dan nunas tirta, oleh karena itu dibangun sebuah tempat parkir baru disebelah timur pura sebagai tempat parkir masyarakat yang ingin melakukan upacara di pura.


kelelawar di goa lawah bali 
IG : @ippolitova_aleksandra




Kelelawar di gua tersebut sangat keramat, warga sekitar pecaya apabila ada yang berani mengusik atau menggangu kelelawar di dalam gua itu maka orang tersebut akan terjadi bencana, oleh karena itu kita harus menjaga sikap saat mengunjungi pura goa lawah.

Konon katanya, selain dihuni ribuan kelelawar, didalam gua juga dihuni oleh sepasang ular besar (jantan dan betina) yang dipercaya menjaga gua tersebut, menurut cerita “Jero Mangku” (orang suci yang memimpin upacara) pernah melihat kedua ular tersebut. dan menurut informasi dahulu goa lawah memiliki jalan khusus untuk menuju ke pura Besakih namun karena gempa bumi yang besar jalan tersebut tertutup oleh bebatuan.

Terletak di desa Pesinggahan, kabupaten Klungkung, akses menuju pura bisa dibilang cukup mudah, disepanjang jalan menuju pura sudah terdapat banyak warung yang menawarkan menu ikan laut layaknya di pantai jimbaran, seperti ikan bakar, sate, pepes ikan, sayur plcing khas bali dan masih banyak lagi.

pura goa lawah terletak di seberang pantai, dimana juga terdapat sebuah pura di sekitar pantai tersebut bernama pura segara yang digunakan masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan untuk memuja Dewa Laut. selain itu tempat parkir di pura goa lawah juga luas karena terletak ditepi pantai tadi.

Terlebih lagi akomodasinya juga cukup mudah, jika anda ingin mencari penginapan disekitar objek wisata kita bisa menuju kota Semarapura (ibukota Kabupaten Klungkung) kita bisa mendapatkan penginapan dengan bermacam harga dari yang murah hingga mahal, selain di kota semarapura, kita juga bisa mencari penginapan di kawasan pantai kusumba hanya berjarak 3 km dari goa lawah.




goa lawah bali 
IG : @vitanataliat



Namun wisatwan biasanya memilih mencari penginapan dikawasan wisata Candidasa yang sudah terkenal ke mancanegara, hanya berjarak kurang lebih 16 kilometer dari tempat wisata goa lawah.





Lokasi :

  • Alamat; Desa Persinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung
  • 16 kilometer dari Candidasa (30 menit)
  • 3 kilometer dari pantai Kusamba (6 menit)
  • 10 kilometer dari kota Klungkung melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (17 menit) 
  • 9 kilometer dari Semarapura melalui Jl. prof. Dr. Ida Bagus Mantra (17 menit)
  • 36 kilometer dari Denpasar Jl. Pulau Seram – Jl. Teuku Umar – Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (57 menit)
  • 48 kilometer dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. prof. Dr. ida Bagus Mantra 
  • (perkiraan waktu apabila tidak macet)




Tempat Wisata Di Kawasan Klungkung (terdekat dengan objek wisata) :
Candidasa
Pantai Kusamba


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »