Air Terjun Sekumpul Cocok Bagi Kamu Yang Berjiwa Petualang



 Treking Ke Seven Point Waterfall Buleleng



Bali memang terkenal dengan wisata pantainya, namun selain pantai juga terdapat banyak alternatif wisata lain seperti pura, taman, dan air terjun, kali ini kita akan membahas tentang salah satu air terjun di pulau dewata.


sekumpul waterfall bali 
pemandangannya keren. foto : summerbreezebali




Air terjun sekumpul, terletak di bagian utara bali, merupakan salah satu tempat wisata yang masih tersembunyi karena kita membutuhkan usaha untuk mencapainya, selain sekumpul waterfall, di bali utara sendiri terdapat beberapa air terjun lainnya seperti :
  1. Gitgit waterfall
  2. Munduk waterfall
  3. Lumukih waterfall
  4. Sekumpul waterfall

Sesuai namanya, “sekumpul” dimana terdapat kumpulan air terjun di kawasan tersebut, saat kita sampai di tempat tujuan maka kita bisa melihat 7 air terjun sekaligus, tidak hanya wisatawan lokal, namun wisatawan asing juga banyak datang kesini, biasanya wisatawan asing menyebutnya dengan nama Seven point waterfall dan warga sekitar menyebutnya air terjun pemuatan.

Dari ketujuh air terjun itu, hanya 2 yang dekat dengan jalan utama, sedangkan 5 lainnya harus membutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya, apabila kamu berjiwa petualang, bisa juga mencoba untuk mengakses ke 5 air terjun tadi.

Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, jika musim hujan, warna kedua air terjun yang dekat di jalan utama akan berbeda, air terjun sebelah kanan akan berwarna keruh kecoklatan karena bersumber dari sungai yang ada di desa sekumpul.



foto pemandangan air terjun sekumpul bali 
cocok untuk bersantai. foto : oksana_domoratskaya


Sedangkan yang kiri akan tetap jernih karena airnya bersumber dari mata air yang terletak diatas perbukitan desa sekumpul. Suasana di sekitar air terjun masih alami, kita bisa melihat pemandangan hijau pepohonan, lokasi ini juga sering digunakan untuk sesi foto prewedding di bali selain di pantai tegalwangi dan danau batur.

Sebelum sampai ke lokasi tujuan, kita akan dipaksa untuk berjalan kaki menuruni banyak anak tangga sekitar 300 meter, tenang saja, jalurnya cukup aman karena tedapat besi pegangan dibagian samping, bagi kamu yang tidak mau capek tidak disarankan untuk berkunjung kesini.

Sepanjang perjalanan kita aakan disuguhi pemandangan alami dengan backsound suara gemuruh air terjun dari kejauhan yang menghantam kolam dibawahnya. Rasa lelah setelah menuruni banyaknya anak tangga akan terbayar lunas dengan keindahan air terjun sekumpul.




indahnya air terjun sekumpul 
orangnya tak kalah cantik dengan pemandangannya. foto : @idaayucandra



Tips Berlibur Ke Air Terjun Sekumpul

  • datanglah saat pagi hari, karena jika kamu ingin berlibur ke lokasi ini pada saat musim hujan, peluang terjadi hujan akan lebih besar saat sore hari dibandingkan pagi, jalanan akan menjadi licin, karena itu disarankan untuk datang pagi.
  • pastikan kendaraan dalam keadaan baik, karena jalur menuju tempat wisata tidak terlalu mulus, jalan terjal dan berbelok belok,
  • karena lokasinya sangat jauh dari kawasan wisata bali selatan, bagi kamu yang datang dari bali selatan disarankan untuk menyewa mobil + sopir agar tidak terlalu capek menyetir karena nanti kita juga harus berjalan kaki sepanjang 300 meter.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng
  • 85 Km dari bandara Ngurah Rai melalui Jl. Denpasar – Singaraja (2 jam 36 menit)
  • 74 Km dari Denpasar melalui Jl. Denpasar – Singaraja (2 jam 10 menit)
  • 80 Km dari Kuta melalui Jl. Denpasar – Singaraja (2 jam 26 menit)
  • 21 Km dari kota Buleleng melalui Jl. Raya Keloncing (40 menit)



Wisata Terdekat Dari Air Terjun Sekumpul :

Danau Tamblingan (35 menit)
Gitgit Waterfall (37 menit)
Pantai Lovina (49 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »