Mari Mendaki Ke Bukit Pergasingan di Lombok Timur


Menilik Keindahan Sunrise Dan Megahnya Gunung Rinjani


Bukit Pergasingan Lombok, kini muncul kepermukaan sebagai tempat wisata baru yang menjadi favorit bagi wisatawan terutama pecinta alam dan pendaki gunung, terletak di desa sembalun, bukit pergasingan merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi yang terletak disamping gunung rinjani.



sunrise bukit pergasingan 
sunrise di puncak bukit pergasingan. foto : jonatjack


Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung di Indonesia yang terkenal memiliki keindahan luar biasa diatas puncaknya, seiring terkenalnya gunung rinjani yang berdampak pada alam sekitarnya termasuk bukit pergasingan ini.

Bukit pergasingan memiliki ketinggian 1670 mdpl hanya selisih 56 meter dari gunung andong di magelang, bukit pergasingan menawarkan pemandangan kotak-kotak sawah desa sembalun yang berwarna warni, selain sawah desa sembalun, kita akan melihat gunung rinjani berdiri kokoh didepan mata, ditambah lagi sunrise di puncak bukit pergasingan juga tak kalah indah


Bisa dibilang bukit pergasingan memiliki persamaan dengan gunung andong di magelang, apabila di gunung andong kita akan melihat pemandangan sawah desa sekitar dan gunung merbabu yang berdiri kokoh didepan mata.
Di bukit pergasingan kita juga bisa melihat gunung rinjani, persawahan desa sembalun dan sunrise yang tak kalah indah dari gunung Andong, kita sebut saja bukit pergasingan andong-nya lombok.

Karena pendakiannya tidak terlalu lama, hanya memakan waktu sekitar 1-2 jam jadi banyak wisatawan terutama pelajar dan mahasiswa yang datang kesini untuk menghabiskan akhir pekan, selain itu lokasi wisata bukit pergasingan juga dijadikan sebagai spot paralayang dan downhill.

baca juga : inilah daftar gunung ramah pendaki di indonesia


pemandangan dari bukit pergasingan 
bareng pasangan biar romantis. foto : instagram


Bukit pergasingan bisa kita jadikan sebagai alternatif selain mendaki di gunung rinjani yang bisa memakan waktu berhari hari, walaupun pemandanganya masih kalah dengan rinjani tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki di bukit ramah pendaki ini.

Banyak juga fotografer yang datang kesini untuk mencapai puncak bukit, karena pemandangan dipuncaknya memang sangat indah layaknya lukisan, apabila kamu sudah pernah mendaki di gunung andong, mungkin kamu bisa berimajinasi bagaimana pemandangan di puncak bukit pergasingan ini.

Apabila kamu ingin mendaki ke gunung rinjani, sebelumnya bisa mendaki ke bukit pergasingan terlebih dahulu untuk melatih fisik agar tidak drop dalam perjalanan mendaki ke gunung rinjani yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3726 mdpl.
baca juga ; tips backpacker ke lombok




foto pemandangan sawah desa sembalun dari bukit pergasingan 
pemandangan sawah desa sembalun. foto : ervanwdj





Tips Mendaki Gunung/Bukit Pergasingan


  • bawalah peralatan yang benar benar dibutuhkan saja, jangan membawa semua barang yang kamu inginkan, karena pendakian ini bertipe pendakian jangka pendek jadi jangan menyusahkan badan dengan membawa semua barang yang diinginkan.
  • mendakilah pada saat musim kemarau, karena jika kita mendaki pada saat musim hujan pemandangan yang kita dapatkan tidak akan maksimal apabila cuaca tidak mendukung, selain itu jika kita mendaki saat musim kemarau jalanan tidak akan becek dan licin.
  • Di desa sembalun sudah terdapat Tracking Organizer yang terdiri dari masyarakat desa sembalun, mereka akan membawakan barangmu dan menjadi guide dalam pendakian, jadi jika tidak ingin repot membawa barang barang berat kita bisa menggunakan jasa tersebut.
  • Biasanya wisatawan yang datang memilih camping untuk menunggu sunrise dan sunset diatas puncak bukit pergasingan, namun apabila kita tidak membawa tenda bisa juga menyewanya di desa sembalun atau kita juga bisa mendaki sekitar jam 2-3 malam dan sampai puncak pas saat matahari terbit.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • 3 jam dari kota Mataram
  • berada di sisi timur laut gunung rinjani








Wisata Terdekat Dari Bukit Pergasingan :




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »