Serunya Petualangan di Kebun Raya Bedugul


Selain Kuta dan Ubud masih ada tempat lainnya di bali yang wajib dikunjungi, yaitu kawasan bedugul terletak diketinggian 1240 mdpl dengan temperatur sekitar 18o C pada malam hari dan 24o C pada siang hari.





patung di kebun raya bedugul 
IG : @gathaferguson







Salah satu objek wisata di kawasan bedugul yang banyak didatangi wisatawan adalah Kebun Raya Bedugul, merupakan sebuah hutan lindung yang menjadi paru-paru udara di pulau dewata, karena lokasi bedugul yang berada di ketinggian 1000mdpl lebih maka udara disana cukup dingin dan sulit diprediksi.

Berdiri sejak 15 juli 1959, kebun raya bedugul atau juga biasa dikenal kebun raya eka karya biasanya akan rmai pada saat musim liburan, wisatawan yang datang adalah anak-anak sekolah, jadi jangan heran jika anda berlibur ke kebun raya banyak bis bis pariwisata.

Memiliki luas kurang lebih157,5 hektar, kebun ini selain digunakan sebagai tempat wisata juga dijadikan sebagai tempat penelitian dan pengembangan tumbuhan langka, suasana yang sejuk dengan pemandangan pepohonan hijau bisa menjadi pilihan wisata bagi anda dan keluarga, terlebih lagi objek wisata ini sangat dekat dengan danau beratan yang terkenal dengan keindahan pura ulun danu.

Lebih dari 5000 spesies tanaman yang ditanam di kebun raya bedugul ini, sebagian berasal dari daerah pegunungan di timur Indonesia seperti Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua. kebun raya bedugul ini memiliki 4 fungsi utama, yaitu :

  • Konservasi
  • Rekreasi
  • Pendidikan
  • Explorasi, Inventarisasi dan Penelitian


Jadi anda tidak hanya mengajak anak-anak berlibur, namun juga belajar mengenai tanaman, disini kita bisa bersantai santai menikmati udara yang segar dan suasana yang sejuk walaupun terik matahari menyinari kawasan kebun namun sinar matahari tidak akan terasa panas karena banyak pohon pohon besar.







foto keren kebun raya bedugul 
IG : @dwiayu_15







Jika anda sudah pernah mengunjungi Kopeng di Magelang, pasti anda sudah bisa menggambarkan bagaimana bentuk kebun raya bedugul tersebut, disekitar kebun terdapat pertanian strawberry yang buahnya banyak dijual oleh petani dibagian pintu masuk.


Di kawasan Kebun Raya ada beberapa spot menarik yang bisa kita kunjungi, seperti :

  • Ramayana Boulevard
  • Kumbakarna Laga Statue
  • Candi Bentar
  • Roses Garden
  • Lake Beratan View
  • Traditional Balinese House
  • Usada Café


selain itu kita juga bisa melakukan kegiatan BaliTreeTop, yaitu kegiatan petualangan seperti flying fox, bedanya Bali Treetop memiliki beberapa fasilitas seperti :

  • Flying fox dengan panjang sekitar 160 meter

  • 7 Aventure Circuit yang memiliki ketinggian dari 2 meter hingga 20 meter, menyambung dari satu pohon ke pohon lainnya

  • 72 permainan yang bisa dicoba seperti Tarzan Jumps, Suspended Bridges, Flying Fox, Spider Nets, dan masih banyak lainnya.


Syarat yang dibutuhkan untuk bermain di Bali Treetop adalah minimal usia 4 tahun dan maksimal berumur 70 tahun, berat badan maksimal 120 kilogram, dengan syarat tersebut tentunya banyak wisatawan yang bisa merasakan serunya outbond di kebun raya bedugul.
Apakah anda ingin mencobanya ?






bali treetop kebun raya bedugul 
IG : @ayuanniissaa







 sepanjang perjalanan menuju kebun raya maupun danau beratan sudah terdapat banyak tempat makan dan hotel yang bisa kita coba apabila ingin menginap di kawasan bedugul. Setelah kita puas bermain di kebun raya jangan lupa untuk mampir ke pasar tradisional Candi Kuning, lokasi ini bisa kita jadikan sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh karena terdapat banyak sekali pedagang dari pedagang sayuran, buah buahan hasil panen sendiri hingga souvenir khas bali.





Lokasi :

Alamat, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan
62,6 kilometer dari Bandara Ngurah Rai
300 meter dari Danau Beratan
40 kilometer dari kota Singaraja
56 kilometer dari kota Denpasar
35 kilometer dari pantai Lovina




Tiket :

Rp. 7.000/orang
tiket masuk mobil Rp. 12.000/orang
kendaraan roda dua Rp. 3.000/orang
kendaraan roda empat Rp. 6.000/orang
Bus Rp. 12.000/orang
(harga tiket bisa berubah kapanpun)

apabila anda mencari wisata lain di Bali yang lebih menarik, coba kunjungi pantai melasti di ungasan atau pantai Nyang Nyang di uluwatu, tempat tersebut sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana pantai sepi dan tenang.


Wisata Terdekat Dari Kebun Raya Bedugul :


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »