Mencari Wisata Baru Di Jogja ? Kunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo


Padang Pasir Tak Hanya Di Afrika Saja, Tapi Di Jogja Juga Ada




Siapa bilang padang pasir hanya ada di Afrika ? di jogja juga ada lho, namanya gumuk pasir parangkusumo, sebuah tempat yang mirip dengan padang pasir di afrika dan mesir, jika kamu mencari wisata baru di Jogja, maka objek wisata inilah pilihannya.




foto sandboarding di gumuk pasir parangkusumo jogja 
sand boarding. foto : opanngg



Terletak diantara pantai parangtritis dan pantai depok, menjadikan lokasi ini cepat populer, terbentuknya gumuk pasir ini juga tidak lepas dari letusan yang pernah terjadi di gunung merapi dan gunung merbabu, abu vulkanik dari kedua gunung itu terbawa arus kali opak, kali progo dan pantai parangtritis yang akhirnya mengendap disebuah tempat yang sekarang kita sebut dengan nama gumuk pasir parangkusumo.

Gumuk pasir ini sudah terbentuk selama ribuan tahun, namun selama itu belum ada yang memanfaatkannya sebagai tempat wisata, memiliki luas sekitar 2 kilometer menjadikan tempat ini layaknya gurun sahara versi Jogja.

baca juga : pantai drini, salah satu pantai unik di kawasan gunung kidul

Dan menurut cerita, gumuk pasir parangkusumo merupakan satu – satunya padang pasir di Asia Tenggara, kini lokasi ini dikembangan sebagai salah satu tempat wisata populer bagi orang yang menyukai kegiatan berbau alam.




foto pemandangan gumuk pasir parangkusumo 
pemandangan sekitar. foto : irajuzar



Kegiatan yang popuer disini adalah sandboarding (selancar pasir), hamparan bukit pasir ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan kita bisa meluncur sepanjang 200 meter, sudah terdapat tempat penyewaan papan (boarding) dengan pelindung siku dan lutut, kamu bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp. 150.000 untuk digunakan sepuasnya.

Selain itu, tempat ini juga sering digunakan untuk lokasi syuting film, contohnya film Wanita Berkalung Sorban, dan juga digunakan untuk pengambilan gambar video clip dari artis terkenal di Indonesia seperti Agnes Monica dan Bondan & Fade2black.

baca juga : pantai baron, pantai yang wajib kamu kunjungi di Jogja

Namun bagi kamu yang tidak ingin melakukan sandboarding, bisa juga kok hanya berjalan jalan sambil berfoto mengabadikan keindahan alam satu ini, hanya membayar sekitar Rp. 3.000 saja (belum termasuk parkir).




foto pemandangan di gumuk pasir jogja 
sudah mirip di gurun pasir. foto : ratna_nurliani




Waktu terbaik untuk mengunjungi gumuk pasir parangkusumo adalah saat pagi dan sore hari, karena kamu bisa bermain sandboarding dengan pemandangan sunrise dan sunset cantik.

Fasilitas disini juga cukup memadai, seperti sudah terdapatnya tempat parkir, warung makan, toilet dan klinik kesehatan, dan bagi kamu yang ingin menginap, ada banyak penginapan sepanjang jalan menuju pantai parangtritis, jadi tunggu apa lagi ?

baca juga : 11 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja




sunset di gumuk pasir. foto : ferysetyama






Tips Saat Berlibur Ke Gumuk Pasir Parangkusumo :

  • datanglah saat pagi atau sore karena jika siang terik matahari akan terasa panas dan saat malam akan terasa dingin.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • siapkan kamera terbaikmu



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul
  • 29 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Parangtritis (52 menit)
  • 38 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Parangtritis (1 jam 1 menit)
  • 30 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Parangtritis (54 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)








Foto Galeri :

foto : nanug_01
foto padang pasir di pantai parangtritis
 foto : anggariezky
foto sandboarding dengan background sunrise di gumuk pasir parangkusumo
foto : adi_wijayanto




Wisata Terdekat Dari Gumuk Pasir Parangkusumo :

Pantai Depok (2 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »