Pantai Depok, Surganya Para Pecinta Seafood di Yogyakarta


Tentu kamu tahu tentang pantai Parangtritis, pantai populer yang sudah menjadi ikon wisata di Jogja atau deretan pantai di Gunung Kidul mulai dari Pantai Wediombo, Pantai Krakal hingga Pantai Kukup, namun apa kamu tahu mengenai pantai Depok ? tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini, padahal pantai Depok terletak di dekat pantai Parangtritis.


foto sunset di pantai depok jogja 
sunset di pantai depok. foto : widarkohartono


Pantai Depok terletak di sebelah barat pantai Parangtritis, pantai ini memang tidak terlalu terkenal akan pemandangannya, namun pantai Depok lebih terkenal sebagai tempat untuk membeli ikan ikan segar hasil tangkapan nelayan.

baca juga : Kalibiru, wisata alam keren di Kulonprogo

Karakteristik dari pantai Depok hampir sama dengan pantai Parangtritis yang memiliki pasir hitam dan ombak cukup besar, tak hanya itu, di kawasan tersebut juga terdapat tumbuhan bakau, namun di pantai Depok tidak ada delman yang bisa kita naiki untuk berkeliling pantai, bisa dibilang pantai Depok masih cukup alami.

Untuk sampai di bibir pantai, kita harus berjalan beberapa meter dari tempat parkir terlebih dahulu, sesampainya disana kamu akan melihat banyaknya pedagang ikan, di pantai Depok sendiri terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) jadi jangan heran jika kamu melihat banyak orang sedang tawar menawar harga ikan.





A photo posted by dodi yulian (@dodi_yulian) on






Tak hanya ikan, di kawasan ini juga menjual hasil tangkapan laut lainnya seperti udang, kepiting, kerapu hingga cumi-cumi, di area pantai Depok kamu juga bisa melihat deretan perahu yang terparkir di pinggir pantai sama halnya saat di pantai Baron.

Saat berkunjung kesini tentunya kurang adil bila kamu tidak mencoba hidangan seafood sederhana khas pantai Depok, uniknya sebagian besar warung yang ada di pantai Depok menghadap kearah selatan, hal ini dibuat agar pengunjung dapat menikmati makan siang sambil melihat pemandangan pantai.

Pantai Depok tidak cocok untuk kamu yang mencari pemandangan pantai indah, karena pemandangan di pantai Depok tidak terlalu mempesona, namun apabila kamu mencari pantai yang tidak terlalu ramai dan mencari hidangan seafood, maka kamu harus berkunjung ke pantai Depok ditambah lagi harga tiketnya yang cukup murah.









 

 

 

Tips Saat Berlibur Ke Pantai Depok :

  • Hindari berkunjung pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, karena pada hari itu para nelayan sedang libur.
  • Datanglah saat pagi hari agar kamu bisa memilih ikan yang masih segar dan terhindar dari antrian panjang.
  • Kamu bisa membawa ikan yang sudah kamu beli ke warung terdekat untuk dimasak sesuai permintaan kamu.
  • Jalan menuju pantai Depok tepat sebelum pos retribusi pantai Parangtritis, yaitu di kanan jalan yang terdapat tulisan Pantai Depok.




Lokasi :

  • Alamat ; Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
  • 27 km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Parangtritis (52 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Lihat peta cara menuju ke pantai depok



Wisata Terdekat Dari Pantai Depok :

Pantai Parangtritis (9 menit)
Pantai Parangkusumo (10 ,emit)
Gumuk Pasir Parangkusumo (7 menit)
Pantai Goa Cemara (25 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »