Pantai Drini, Salah Satu Pantai Unik Di Gunung Kidul

0 Comments A+ a-

Gunung Kidul, sebuah kawasan dimana terdapat banyak sekali pantai indah dan unik, salah satunya adalah Pantai Drini yang terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari.

foto pantai drini 
pemandangan di pantai drini foto : @gerardinama

Pantai drini terletak tepat di sebelah timur Pantai Baron, karakteristik dari Pantai Drini sendiri cukup mirip dengan Pantai Indrayanti, dimana di Pantai Drini kita juga bisa menemukan sebuah pulau batu karang.

Pulau inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Drini, karena seakan Pantai Drini dipotong oleh pulau tersebut menjadi dua bagian.

Bagian timur Pantai Drini memiliki ombak yang lebih tenang, sedangkan di bagian barat ombak lebih besar karena mungkin dekat dengan Pantai Baron yang terkenal dengan ombaknya yang cukup besar, nah, sisi barat ini dijadikan nelayan sebagai jalur untuk berlayar.

Di sisi barat Pantai Drini inilah kita bisa menemukan perahu-perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai, sedangkan di sisi timur terlihat deretan tebing besar yang berdiri kokoh.

Di pulau karang tersebut banyak ditumbuhi tumbuhan santigi atau warga setempat biasa menyebutnya tumbuhan Drini, alhasil pantai inipun dinamakan Pantai Drini.

foto pemandangan pulau di pantai drini 
pulau karang di pantai drini. foto : @moehidayanto

Layaknya di Pantai Kukup, di Pantai Drini, tepatnya disebelah timur kita bisa menemukan beraneka ragam biota laut, seperti ikan hias dan lainnya yang bersembunyi dibalik karang.

Karena di sisi timur ombaknya lebih tenang, jadi banyak wisatawan yang lebih memilih mandi di sebelah timur daripada di sebelah barat.

Saat air laut surut, kamu bisa naik ke Pulau Karang tersebut, tidak perlu kawatir bersusah susah memanjat, karena sudah ada jalan menuju ke puncak, diatas Pulau Karang kita bisa melihat indahnya Pantai Drini dari ketinggian.

Setelah puas bermain air dan berkeliling, kamu bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang sudah disediakan, hanya membayar sekitar Rp.10.000 kamu bisa menyewa gazebo tersebut yang berkapasitas sekitar 2-5 orang, menyantap makan siang sambil melihat indahnya Pantai Drini adalah kegiatan favorit sebagian wisatawan.

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai Drini adalah melihat sunrise, karena Pantai Drini juga terkenal sebagai salah satu spot menarik untuk melihat indahnya matahari terbit di Jogja, jadi kamu tidak boleh melewatkan momen tersebut.



foto sunset romantis di pantai drini 
senja di pantai drini. foto : @fandyodiska



Fasilitas :

  • Gazebo
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Pantai Drini :
Rp. 10.000/orang (Pos Retribusi Pantai Baron)

*Masuk Pantai Drini hanya membayar parkir


Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, sudah terdapat Hotel tak jauh dari Pantai Baron, kamu bisa mencarinya disana.



Rute Menuju Pantai Drini

Akses menuju Pantai Drini bisa dibilang cukup mudah karena jalannya yang halus ditambah dengan pemandangan tebing kapur disamping jalan yang nampak keren, kamu hanya perlu menuju ke arah Pantai Baron saja, lokasi Pantai Drini berada setelah Pantai Baron.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.
  • 64 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 44 menit)
  • 64 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 44 menit)
  • 60 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 33 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Tips Saat Berlibur Ke Pantai Drini :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Drini adalah saat pagi atau sore hari.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti apabila kamu ingin mandi.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.









Wisata Terdekat Dari Pantai Drini (-1 Jam):

Pantai Baron (11 menit)
Pantai Baron merupakan pantai paling terkenal di Gunung Kidul, karakteristik dari Pantai Baron adalah ombaknya yang cukup besar dan pasir berwarna coklat.

Pantai Indrayanti (12 menit)
Pantai Indrayanti merupakan pantai paling populer kedua di Gunung Kidul setelah Pantai Baron, Pantai Indrayanti terkenal dengan pulau karangnya.

Pantai Kukup (8 menit)
Pantai Kukup menjadi salah satu pantai terindah di Gunung Kidul, walaupun garis pantainya tidak terlalu panjang, namun Pantai Kukup sangat menarik hati wisatawan lho.

Pantai Krakal(7 menit)
Karakteristik Pantai Krakal tak jauh berbeda dengan Pantai Kukup, karena memang lokasinya yang bersebelahan.

Pantai Sepanjang (6 menit)
Banyak yang mengatakan jika Pantai Sepanjang memiliki pemandangan layaknya Pantai Kuta Bali zaman dahulu, kamu penasaran? datang saja langsung ke Pantai Sepanjang.


loading...
loading...