Top 11 Tempat Menarik Di Jogja yang Harus Dikunjungi


Ingin Berlibur ke Jogja ? Kunjungi Tempat Wisata Dibawah Ini




Jogja memang istimewa, sama halnya dengan Bali, Jogja juga terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang sudah terkenal ke luar negri, seperti pantai parangtritis, malioboro, candi prambanan dan masih banyak lainnya. Dibawah ini kami sudah merangkum tempat-tempat wisata menarik di Yogyakarta yang harus kamu kunjungi.





Tempat Wisata Jogja, Pantai Parangtritis





foto keren di pantai parangtritis
hap hap hap lompat. foto : fl_frisca





ya, siapa yang tidak tahu tentang pantai parangtritis yang kental dengan legenda Ratu pantai selatan, pantai parangtritis sudah menjadi salah satu icon wisata jogja, disini kita bisa melakukan banyak hal, seperti bermain ATV atau paralayang di bukit sebelah timur pantai tersebut.

Pantai parangtritis memang tidak pernah sepi, karena dari banyknya pantai di jogja, parangtritis-lah yang memiliki akses paling mudah, di pantai berpasir hitam ini kita bisa melihat indahnya sunset.

Bersama Gunung Merapi dan Kraton Yogyakarta, pantai parangtritis dipercaya sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti, dan apabila kita telusuri, ketiga tempat tadi memiliki satu garis lurus dari utara ke selatan.

baca selengkapnya. 


Lokasi : Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta





Tempat Wisata Jogja, Malioboro





foto malam jalan malioboro 
setan setan di malioboro. foto : igameivia




satu lagi yang menjadi ikon wisata kota jogja, yaitu jalan malioboro, berjarak sekitar 100 meter dari tugu jogja, malioboro memang tidak pernah sepi dari wisatawan, setiap malam kawasan ini akan sangat ramai oleh wisatawan yang berlalu-lalang, selain itu di bagian jalan lainnya kamu bisa melihat pertunjukan musik dari pengamen sekitar yang keren lho.

Sepanjang jalan malioboro kamu akan menemukan banyak sekali toko yang menjual aneka souvenir khas jogja, banyak orang bilang jika berkunjung ke jogja tak adil jika tidak berkunjung ke malioboro juga, jadi jika kamu ingin mencari oleh-oleh bisa mampir kesini.

Lokasi : Jalan Malioboro, Yogyakarta






Tempat Wisata Jogja, Benteng Vredeburg




foto megahnya benteng vredeburg 
gerbang depan benteng. foto : jayajan




terletak didekat jalan malioboro, lokasi sekitar benteng memang digunakan sebagai tempat nongkrong anak muda, jadi sangat mudah untuk menemukan lokasi benteng vredeburg, benteng ini menjadi saksi sejarah di masa lalu, didalamnya terdapat sebuah museum sejarah perjuangan indonesia, jadi disini kamu bisa belajar sambil berwisata.


Museum yang ada di dalam kawasan Benteng Vredeburg menyajikan diorama yang menceritakan tentang sejarah Indonesia. Selain itu, terdapat banyak lukisan serta benda-benda peninggalan bersejarah pada zaman penjajahan Belanda.

Lokasi : Jl. Jendral A. Yani No. 6 Yogyakarta





Tempat Wisata Jogja, Kraton Jogja





foto keren kraton jogja bagian dalam 
salah satu bangunan di kawasan keraton. foto : ninakrucil




Lokasi kraton jogja berada satu garis lurus dengan malioboro, jika kamu memiliki stamina cukup kuat, kamu bisa berjalan kaki dari malioboro menuju kraton melalui alun-alun, daya tarik dari kraton jogja adalah museum dan pendoponya, didalamnya kita bisa melihat benda benda yang berhubungan dengan kraton kesunanan dan budaya jawa.

Kraton Yogyakarta didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram yang akan dikebumikan di Imogiri.

Lokasi : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta





Tempat Wisata Jogja, Candi Prambanan






foto megahnya candi prambanan jogja 
pemandangan candi prambanan. foto : sensatia_botanicals

candi prambanan merupakan candi umat hindu terbesar di asia tenggara, disini kita bisa melihat megahnya bangunan candi dengan relief khas umat hindu, di kompleks candi prambanan ada beberapa candi besar, lokasi ini menjadi tempat tujuan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke jogja.



Jika kamu mencari suasana berbeda, datanglah saat bulan purnama, maka kamu bisa menonton pertunjukan sendratari ramayana yang dilaksanakan sekitar jam 20:00-22:00 WIB dengan latar belakang ketiga candi utama yang disoroti lampu, pertunjukan ini akan diadakan di luar ruangan jika musim kemarau, saat musim hujan pertunjukan dipindah didalam ruangan.

baca selengkapnya.

Lokasi : Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta






Tempat Wisata Jogja, Pasar Beringharjo






foto pasar beringharjo yogyakarta 
suasana di dalam pasar. foto : yoyowisdana




pasar beringharjo merupakan pasar tertua di jogja, pasar ini juga menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi di jogja, seperti pasar sukawati di bali, disini kamu bisa mendapatkan barang dengan harga miring, tentunya jika kamu pandai menawar, pasar beringharjo menjadi salah satu tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin berbelanja souvenir khas jogja selain di malioboro.

Lokasi : Depan Jalan Malioboro, Yogyakarta






Tempat Wisata Jogja, Lava Tour Merapi dan Wisata Kaliurang







foto lava tour merapi 
cie romantis cie. foto : yuridiska



terletak di desa wisata kaliadem cangkringan, disini kamu bisa melihat napak tilas tentang letusan gunung merapi yang melahap desa sekitar kaki gunung, dan tentunya kamu akan diajak menuju tempat dimana mbah maridjan pernah tinggal,

setelah puas trekking, kamu bisa melanjutkan menuju taman wisata kaliurang, lokasi ini merupakan spot terbaik untuk melihat megahnya gunung merapi, suasana yang sejuk karena berada di dataran tinggi membuat teman wisata kaliurang menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang ingin melihat gunung merapi, terlebih lagi disini juga sudah terdapat villa yang bisa kamu sewa.


Lokasi : Jl. Sambirejo Raya No.23, Condong Catur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta





Tempat Wisata Jogja, Pantai Timang





foto gondola pantai timang gunung kidul 
gondola di pantai timang. foto : bagus.hidayatt


jika kamu mencari pantai unik di jogja, maka pantai timang adalah pilihannya, berbeda dengan pantai lainnya, di pantai timang terdapat sebuah gondola tradisional yang terbuat dari kayu dimana gondola tersebut tersambung dari batu karang bibir pantai hingga batu karang ditengah pantai.

bagi kamu yang menyukai wisata memacu adrenalin, maka kamu harus mencoba untuk menaiki gondola tersebut menuju ke pulau karang diseberang sana, biasanya gondola tersebut digunakan nelayan untuk mencari lobster, namun kamu juga bisa mencobanya kok.

Sebenarnya area pantai timang dibagi menjadi dua, yaitu area timur berupa pasir putih layaknya pantai lainnya, dan di sisi barat berupa tebing dimana terdapat pulau watu panjang, nah, disisi barat inilah kita bisa mencoba menaiki gondola tersebut.

baca selengkapnya.


Lokasi : Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta




Tempat Wisata Jogja, Desa Wisata Kalibiru





foto keren desa wisata kalibiru kulonprogo 
 indah banget pemandangannya : susanambar92




kini desa wisata kalibiru muncul kepermukaan sebagai tempat wisata baru yang menjadi favorit bagi wisatawa, terlebih lagi untuk wisata keluarga, di kalibiru kita bisa trekking sambil melihat indahnya pemandangan hutan dari ketinggian. dan yang menjadi favorit adalah sebuah papan yang terletak diatas pohon, disana kita bisa melihat indahnya jogja dari atas.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat pagi dan sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu menyengat, dan tentunya lokasi ini sangat cocok untuk anak-anak, jadi jika kamu mencari tempat wisata yang ramah terdahap anak, kalibiru adalah pilihannya.

baca selengkapnya.

Lokasi : Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta





Tempat Wisata Jogja, Goa Jomblang






foto keren cahaya surga goa jomblang 
"cahaya surga" foto : jogjawisata




bagi kamu yang menyukai wisata alam, maka cobalah untuk mengunjungi goa jomblang, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi goa jomblang adalah saat matahari tepat berada diatas kepala atau sekitar jam 11-1 siang, pada saat kamu didalam gua dengan matahari tepat berada diatas maka kamu akan melihat cahaya matahari masuk dari lubang diatas gua, banyak wisatawan menyebutnya "cahaya dari surga".

Untuk menuju ke dasar goa kita terlebih dahulu harus menuruni tebing dengan teknik SRT (single rope technic) saat pertama kali kita sampai di lokasi goa jomblang, kita harus menggunakan peralatan pengaman terlebih dahulu, seperti sepatu boot, helm, lampu dan peralatan SRT.

baca selengkapnya..

Lokasi : Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta






Tempat Wisata Jogja, Kebun Binatang Gembira Loka






foto hewan langka kebun binatang gembira loka 
kura kura lucu. foto : navyputra15



bagi kamu yang mencari wisata keluarga, tidak ada salahnya untuk mengunjungi gembira loka, kebun binatang ini memiliki banyak sekali koleksi hewan-hewan langka, terlebih lagi ada banyak wahana yang bisa dicoba bagi anak-anak, seperti menunggangi gajah, kolam tangkap ikan dan ATV.

Kebun Binatang Gembira loka yang berada di area seluas 20 hektar ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora. Selain kandang untuk koleksi satwa, terdapat juga wahana permainan dan juga taman untuk bersantai.


Lokasi : Jl. Kebun Raya No. 2, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

baca juga : rencana perjalanan 3 hari 2 malam di jogja (tanpa penginapan)

itulah daftar tempat menarik di jogja yang harus kamu kunjungi, setidaknya salah satu dari tempat diatas harus kamu kunjungi saat berlibur di jogja, sebenarnya masih banyak objek wisata lainnya yang tak kalah menarik di jogja, kamu bisa mencarinya disini, tapi setidaknya beberapa diatas sudah mewakili keistimewaan daerah yogyakarta.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »