Pantai Krakal, Spot Surfing Dengan Pemandangan Indah di Jogja



Pantai Krakal merupakan salah satu dari deretan pantai indah di Wonosari, Gunung Kidul, Pantai Krakal memiliki panjang sekitar 40.000 meter yang menjadikan pantai satu ini sebagai pantai terpanjang di Kabupaten Gunung kidul diantara 7 pantai lainnya seperti Pantai Kukup, Baron, Indrayanti dan Pok Tunggal.


foto pemandangan pantai krakal gunung kidul 
yuk berenang! foto : ethenk.only


Seperti halnya dengan pantai lainnya di kawasan Gunung Kidul, Pantai Krakal juga dikelilingi oleh tebing-tebing besar, bahkan beberapa wisatawan mengaku jika Pantai Krakal adalah pantai terindah di Yogyakarta, biasanya wisatawan yang berkunjung akan membuat rute liburannya dari Pantai Baron menuju Pantai Kukup dan diakhiri di Pantai Krakal atau sebaliknya.

Tempat wisata Pantai Krakal berlokasi di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, Gunung kidul, masih satu garis dengan objek wisata pantai Baron, Kukup, Indrayanti dan Pok Tunggal, karakteristik dari Pantai cantik ini adalah pasir putih dan ombaknya yang cukup besar.

Pantai Krakal menjadi salah satu tujuan wisata pantai favorit di Jogja karena memiliki pemandangan yang sangat indah, bahkan kita juga bisa melihat sunrise di Pantai Krakal lho, jadi jika kamu mencari tempat keren untuk melihat sunrise di Gunung Kidul, Jogja, Pantai Krakal harus masuk dalam daftarmu ya.

Di bibir pantai terdapat batuan karang yang berfungsi untuk memecah ombak, kamu harus berhati hati jika berjalan diatas batuan karang tersebut karena cukup tajam, uniknya, di batuan karang pantai Krakal ini dihuni oleh ikan-ikan cantik seperti ikan butterflyfish dan damselfish lho.

baca juga : Pantai Pok Tunggal, pantai romantis di Jogja



foto indah pantai krakal jogja 
welcome to krakal beach foto : bahri_xp


Ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Pantai Krakal Jogja ini, mulai dari bersantai, bermain air, berfoto ria hingga surfing, nah, ini dia yang membedakan Pantai Krakal dengan kebanyakan Pantai di Jogja, ombaknya yang besar menjadikan Pantai Indah ini sangat cocok untuk aktivitas surfing, setiap harinya tak jarang para peselancar yang datang karena ingin mencoba ombak di Pantai ini.


Dasar laut pantai krakal di dominasi oleh batuan karang, jadi dibutuhkan kewaspadaan ekstra saat surfing, terlebih lagi kamu harus membawa papan surfing sendiri karena kegiatan surfing bukan kegiatan favorit bagi warga lokal Jogja, berbeda dengan Bali dimana kamu bisa dengan mudah menemukan tempat penyewaan papan surfing.

Untuk menikmati ombak di Pantai Krakal, kamu harus berjalan sedikit ketengah terlebih dahulu sebab ombak akan terpecah oleh bebatuan karang saat hampir sampai ke pantai, ombak di Pantai Krakal ini bertipe reef break dan cukup menantang untuk kamu coba.

Dengan keindahan Pantai Krakal inilah yang menjadikan objek wisata tersebut kian populer dan membuat Pantai Krakal sebagai salah satu pantai paling banyak dikunjungi di Jogja, tak hanya menawarkan pemandangan laut saja melainkan juga pemandangan tebing-tebing karst yang menjadi ciri khas pantai laut selatan.

Di kawasan tempat wisata Pantai Krakal juga terdapat sebuah pulau karang layaknya di Pantai Indrayanti, diatas pulau karang tersebut sudah dibangun gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan laut selatan dan perbukitan sekitar pantai yang mempesona.

Pun begitu, fasilitas di tempat wisata ini juga cukup memadai seperti sudah terdapatnya tempat parkir, toilet, warung makan dan restoran, bagi kamu yang ingin menginap, juga sudah ada penginapan dengan harga relatif murah di dekat objek wisata Pantai Krakal, hal ini memudahkan bagi para surfer untuk menunggu ombak yang bagus tanpa perlu bolak-balik dari pusat kota Jogja.

baca juga : Pantai Parangtritis, pantai paling terkenal di Yogyakarta


Sejarah Pantai Krakal

Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Rute Menuju Wisata Pantai Krakal

Akses menuju lokasi bisa dibilang mudah walaupun cukup jauh dari pusat kota Jogja, jalanan sudah diaspal halus, tidak perlu kawatir bosan saat perjalanan, karena kamu akan disuguhi pemandangan yang cukup indah.

Dari pusat Kota Yogyakarta, ambilah arah menuju Wonosari, setelah memasuki Kota Wonosari kamu akan melewati tiga lampu merah, kemudian berbeloklah ke kanan, lalu ikuti jalan lurus sampai kamu menjumpai papan petunjuk arah, apabila ke kiri akan menuju objek wisata Pantai Sundak, Pantai Siung, dan Pantai Wediombo, kamu tinggal lurus saja menuju arah Pantai Baron, Kukup dan Krakal.


foto pemandangan tebing di pantai krakal 
cobalah mendaki keatas tebingnya foto : cherlles_makena


Tips Berlibur Ke Pantai Krakal :


  • Jika kamu ingin bermain diatas bebatuan karang pantai, berhati-hatilah karena terdapat beberapa bebatuan dengan ujung yang cukup tajam, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang cukup tebal ya.
  • Selain bersantai di pinggir pantai, kamu bisa datang saat fajar untuk melihat indahnya sunrise di Pantai Krakal, Jogja ini.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berlibur ke Pantai Krakal adalah saat hari biasa (senin-jumat) sebab saat weekend akan cukup ramai oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 10.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Semakin populernya Pantai Krakal, kini sudah terdapat banyak hotel atau penginapan bertipe homestay di dekat kawasan wisata Pantai Krakal, harga setiap penginapan juga berbeda-beda, namun relatif murah.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
  • 61 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 51 menit)
  • 61 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 51 menit)
  • 57 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional II (1 jam 38 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Wisata Terdekat Dari Pantai Krakal :

Sepanjang Beach (10 menit)
Drini Beach (8 menit)
Indrayanti Beach (6 menit)
Sundak Beach (5 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »