Pantai Sepanjang, Pantai Cantik yang Katanya Mirip Pantai Kuta Zaman Dulu

0 Comments A+ a-

Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul memang memiliki deretan pantai cantik, mulai dari yang paling populer hingga pantai tersembunyi seperti Pantai Wohkudu yang menawarkan pemandangan sangat indah.

foto pemandangan pantai sepanjang

pantai sepanjang ketika surut. foto : tri_widiyantari

Nah, berbicara mengenai pantai di Gunung Kidul, ada satu pantai yang cukup menarik perhatian wisatawan, pantai tersebut bernama Pantai Sepanjang.


Apa yang Menarik di Pantai Sepanjang Gunung Kidul ?

Karakteristik dari Pantai Sepanjang ini tak jauh berbeda dengan deretan pantai indah lainnya di Gunung Kidul, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang cukup panjang, karena itu tempat wisata Jogja satu ini dinamakan Pantai Sepanjang.

foto keren pemandangan pantai sepanjang

pemandangan pantai sepanjang. foto : meriska_e

Pantai Sepanjang memang masih kalah populer dengan Pantai Parangtritis maupun Pantai Baron, namun pemandangan di Pantai Sepanjang tak boleh kita remehkan karena tempat wisata ini memiliki suasana dan pemandangan yang masih alami dibandingkan dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya.

Bahkan karena cukup alami dan indah, banyak wisatawan yang mengatakan jika Pantai Sepanjang mirip dengan Pantai Kuta Bali pada zaman dahulu lho. Jadi apabila kamu ingin tahu bagaimana suasana Pantai Kuta pada zaman dahulu, datang saja ke Pantai Sepanjang Jogja ini.

Pasir putih dan hamparan bebatuan karang yang akan terlihat ketika surut membuat pemandangan di Pantai Sepanjang kian menarik, jadi ketika surut, karang-karang di pinggir Pantai Sepanjang akan terlihat seperti kolam alami, nah disitu kita bisa mencari ikan-ikan hias atau sekedar bermain air.

Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, di kawasan Pantai Sepanjang juga terdapat sebuah situs bersejarah bernama “banyusepuh” tempat ini merupakan sebuah sumber mata air yang konon menurut cerita digunakan oleh para Wali untuk membasuh pusakanya, bagi kamu yang penasaran ingin kesana, bisa bertanya ke warga sekitar mengenai rutenya.

Masih belum puas juga? tenang, kamu bisa datang di sore hari untuk melihat indahnya sunset di Pantai Sepanjang, tempat wisata ini menjadi salah satu lokasi yang sangat cocok untuk menikmati cantiknya matahari terbenam di Jogja lho.

Pantai Sepanjang bisa menjadi alternatif wisatamu ketika pantai-pantai populer di Jogja sudah mulai ramai oleh pengunjung, tidak ada salahnya mampir di pantai cantik ini. Jadi kapan kamu kesini?

foto biru air laut pantai sepanjang jogja
air lautnya jernih banget. foto : setyobudis



Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Dan masih banyak lagi

Harga Tiket Masuk Pantai Sepanjang Wonosari :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat beberapa hotel atau homestay tak jauh dari lokasi Pantai Sepanjang, agar lebih jelas kamu bisa bertanya ke masyarakat setempat mengenai lokasi penginapan tersebut.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • 62 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 42 menit)
  • 60 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 32 menit)
  • 62 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 42 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Rute Menuju Pantai Sepanjang Jogja

Akses menuju Pantai Sepanjang bisa dibilang sangat mudah, dari pusat Kota Jogja kamu bisa mengikuti rute dibawah ini :
Jogja - Piyingan - Patuk - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading ke Siyono - Wonosari - Jalan Baron - Tanjungsari - Pertigaan masuk kawasan Pantai Baron ambil arah timur - Pintu masuk pantai Kukup ambil arah timur - Pantai Sepanjang.


Tips Saat Berlibur ke Pantai Sepanjang :

  • saat menuju batuan karang, berhati hatilah jika ada ubur-ubur, jangan sampai kamu tersengat.
  • karena ombaknya cukup besar maka kamu harus berhati hati saat berenang.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor karena jalannya yang cukup sempit.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • sudah terdapat banyak petunjuk jalan menuju lokasi, jadi kamu tidak perlu takut tersesat.
  • waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Sepanjang adalah di hari biasa, tepatnya di sore hari.






Foto Galeri :

foto : bimasena1803
foto : dung_s
foto sunrise romantis pantai sepanjang
 foto : dhimokp

 



Wisata Terdekat Dari Pantai Sepanjang ;

Sundak Beach (14 menit)
Pantai Sundah memang masih kalah populer dengan pantai-pantai lainnya, namun pemandangan di objek wisata ini tak kalah indah kok, Pantai Sundah bisa menjadi pilihan lainmu untuk berwisata pantai di Jogja.

Baron Beach (11 menit)
Pantai Baron adalah salah satu pantai paling populer di Gunung Kidul, karena fasilitas di Pantai Baron memang cukup lengkap, selain itu kita juga bisa berwisata kuliner di Pantai Baron.

Krakal Beach (10 menit)
Pantai Krakal menjadi salah satu pantai di Gunung Kidul yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin berburu sunrise.

Kukup Beach (8 menit)
Pantai Kukup adalah salah satu pantai terindah di Gunung Kidul, bahkan banyak yang mengatakan jika Pantai Kukup adalah pantai terindah di Jogja, kamu setuju?

Indrayanti Beach (15 menit)
Bersama Pantai Baron, Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal ini menjadi pantai paling populer di Gunung Kidul.

Drini Beach (5 menit)
Sama halnya dengan Pantai Sundah, Pantai Drini masih kurang populer di kalangan wisatawan, tapi bagi kamu yang ingin merasakan wisata pantai dengan suasana berbeda, kamu bisa datang ke Pantai Drini.



loading...
loading...