Pantai Kukup, Pantai Indah di Jogja yang Akan Membuatmu Takjub


Jogja, tepatnya di Gunung Kidul, Kabupaten tersebut memang memiliki deretan pantai-pantai indah, mulai dari Pantai Baron, Krakal. Indrayanti hingga Pantai Siung, namun terlepas dari pantai-pantai tersebut terdapat sebuah pantai keren lainnya bernama Pantai Kukup.
foto pemandangan indahnya pulau jumino di pantai kukup 
suasana di pantai kukup. foto : sunjayaliem


Pantai Kukup memiliki pemandangan yang sangat indah, tempat wisata Pantai Kukup menawarkan keindahan pasir putih dan deburan ombak yang cukup besar namun tak terlalu bahaya, walaupun objek wisata Pantai Kukup ini tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang layaknya Pantai Krakal, namun keindahan di pantai ini tak boleh kamu sampingkan.

Karakteristik dari Pantai Kukup hampir sama dengan kebanyakan pantai di laut selatan, yaitu diapit oleh tebing-tebing karst disisi sampingnya, namun salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Kukup dibanding dengan deretan pantai indah di Gunung Kidul lainnya adalah terdapatnya sebuah pulau karang disebelah timur pantai, pulau karang ini menyerupai Tanah Lot di Bali dan mirip dengan yang ada di Pantai Balekambang, Malang, hanya saja tidak terdapat Pura diatas pulau tersebut.

Sebagai gantinya, diatas pulau karang Pantai Kukup terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat keindahan Pantai Kukup, Jogja ini dari ketinggian, pulau karang tersebut juga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto dan bersantai lho.

Pulau karang di Pantai Kukup tersebut bernama Pulau Jumino, untuk menuju ke puncak pulau karang kita bisa melewati jembatan yang sudah disediakan khusus dari pinggir pantai menuju keatas pulau, bahkan dari atas Pulau Jumino kita bisa melihat indahnya sunrise dan sunset lho, jadi apabila kamu mencari pantai di Jogja yang cocok untuk melihat sunrise, jangan lupa memasukkan Pantai Kukup kedalam daftarmu ya.


foto pemandangan pantai kukup gunung kidul 
bebatuan karang disekitar pantai kukup. foto : ayumaulidya19


Keindahan yang dimiliki objek wisata Pantai Kukup memang sangat menarik perhatian, tak hanya wisatawan lokal saja yang datang ke tempat wisata ini, melainkan tak jarang pulau wisatawan mancanegara yang tertarik melihat keindahan salah satu pantai keren di Jogja tersebut.

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah di Jogja, Pantai Kukup termasuk dalam pantai dangkal, daerah dangkal ini dipenuhi dengan bebatuan karang layaknya di Pantai Krakal yang berfungsi memecah ombak.

Terumbu-terumbu karang di tempat wisata Pantai Kukup ini memiliki luas sekitar 100 meter dari bibir pantai, uniknya ketika sedang surut kita bisa melihat biota laut yang terdampar atau memang hidup di sekitar terumbu karang tersebut seperti ikan hias dan bintang laut, karena itulah wisata Pantai Kukup juga sering disebut dengan julukan "Aquarium Alami di Jogja".

baca juga : daftar tempat menarik di jogja yang wajib kamu kunjungi

Tak heran jika Pantai Kukup menjadi tujuan wisata pantai bersama keluarga favorit di Jogja, sebab lokasinya yang mudah dijangkau dan terbilang cukup aman bagi anak-anak, menjadikan setiap harinya objek wisata Pantai Kukup selalu ramai oleh wisatawan.

Tak hanya melihat keindahan salah satu pantai di Jogja ini saja, kamu juga bisa melihat upacara sedekah laut yang setiap tahunnya dilaksanakan pada bulan syura lho, sebenarnya ada beberapa pantai di Jogja yang juga bisa digunakan untuk melihat upacara tersebut, salah satunya adalah Pantai Baron.

Nah, bagi kamu yang sudah capek-capek seharian di pinggir pantai berburu ikan namun tidak mendapatkan satupun, tenang, tepat disekitaran pintu masuk wisata Pantai Kukup terdapat banyak sekali penjual ikan hias, nah tinggal pilih saja sesuai seleramu, dan jangan lupa melakukan tawar menawar ya.

foto pulau jumpino pantai kukup 
indah ya. foto : ketut10.01

Penataan wisata pantai di Jogja memang sangat mengesankan, tak lepas juga dengan Pantai Kukup, tempat wisata populer ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan, seperti tempat parkir yang luas, pusat oleh-oleh, warung makan hingga pemandangan alam yang mempesona.


Rute Menuju Wisata Pantai Kukup Jogja

Akses menuju wisata Pantai Kukup bisa dibilang cukup mudah, dari pusat Kota Yogyakarta kamu tinggal menuju kearah Wonosari lalu melanjutkan perjalan hingga kamu sampai di pos retribusi wisata Pantai Gunung Kidul, lokasi Pantai Kukup tepat setelah Pantai Baron, jadi patokannya adalah kamu harus sampai di Pantai Baron terlebih dahulu.


Tips Saat Berlibur di Kukup Beach :

  • ketika sedang mencari ikan hias disekitaran terumbu karang, berhati hatilah dengan bulu babi, jangan sampai terinjak atau tertusuk tangan, karena bulu babi memiliki racun yang cukup berbahaya yang bisa menyebabkan henti napas.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • lokasi ini juga cocok untuk anak – anak.
  • waktu terbaik untuk berlibur di Pantai Kukup adalah saat hari biasa (senin-jumat) sebab saat weekend objek wisata ini akan ramai oleh pengunjung.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya guys.

Akomodasi (Penginapan)
Semakin populernya wisata Pantai Kukup Jogja ini, kini sudah mulai banyak penginapan di sekitar kawasan wisata, penginapan tersebut biasanya berupa homestay dengan harga yang cukup terjangkau, jadi tinggal pilih sesuai seleramu saja.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • 61 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 43 menit)
  • 61 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 42 menit)
  • 57 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 30 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

lihat peta cara menuju ke kukup beach


Wisata Terdekat Dari Pantai Kukup :

Krakal Beach (12 menit)
Drini Beach (8 menit)
Baron Beach (4 menit)
Sepanjang Beach (7 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »