Skip to main content

Pantai Kukup Gunung Kidul | HTM, Penginapan, Rute, Jam Buka Terbaru

pulau karang pantai kukup

Gunung Kidul memang memiliki deretan pantai-pantai indah, mulai dari Pantai Baron, Krakal. Indrayanti hingga Pantai Siung.

Namun terlepas dari pantai-pantai tersebut terdapat sebuah pantai keren lainnya yang harus kamu kunjungi bernama Pantai Kukup.
foto pemandangan indahnya pulau jumino di pantai kukup 
suasana di pantai kukup. foto : @sunjayaliem




Apa yang Menarik di Pantai Kukup ?

Pantai Kukup memiliki pemandangan yang sangat indah, tempat wisata Jogja satu ini menawarkan keindahan pasir putih dan deburan ombak yang cukup besar namun tak terlalu bahaya.

foto pemandangan pantai kukup gunung kidul
bebatuan karang disekitar pantai kukup. foto : @ayumaulidya19

Walaupun objek wisata Pantai Kukup ini tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang layaknya Pantai Krakal, namun keindahan di pantai ini tak boleh kamu sampingkan.

Karakteristik dari Pantai Kukup hampir sama dengan kebanyakan pantai di laut selatan, yaitu diapit oleh tebing-tebing karst di sisi sampingnya, namun salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Kukup dibanding dengan deretan pantai indah di Gunung Kidul lainnya adalah terdapatnya sebuah pulau karang disebelah timur pantai.

Pulau karang ini menyerupai Tanah Lot di Bali dan mirip dengan yang ada di Pantai Balekambang, Malang yaitu disambungkan dengan sebuah jembatan, hanya saja tidak terdapat Pura diatas pulau tersebut.



Sebagai gantinya, di atas pulau karang Pantai Kukup terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat keindahan Pantai Kukup ini dari ketinggian, pulau karang tersebut juga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto dan bersantai.

Pulau karang di Pantai Kukup bernama Pulau Jumino, untuk menuju ke puncak pulau karang kita bisa melewati jembatan yang sudah disediakan khusus dari pinggir pantai menuju keatas pulau.

pulau karang di pantai kukup
pulau karang di pantai kukup. foto : @anishaand_95 

Bahkan dari atas Pulau Jumino Pantai Kukup kita bisa melihat indahnya sunrise dan sunset lho, jadi apabila kamu mencari pantai di Jogja yang cocok untuk melihat sunrise, jangan lupa memasukkan Pantai Kukup kedalam daftarmu ya.

Keindahan yang dimiliki objek wisata Pantai Kukup memang sangat menarik perhatian, tak hanya wisatawan lokal saja yang datang ke tempat wisata ini, melainkan tak jarang pulau wisatawan mancanegara yang tertarik melihat keindahan Pantai Kukup.

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah di Jogja, Pantai Kukup termasuk pantai dangkal, daerah dangkal ini dipenuhi dengan bebatuan karang layaknya di Pantai Krakal yang berfungsi memecah ombak.

pantai kukup rame
rame ya? foto : @erphapok

Terumbu-terumbu karang di Pantai Kukup ini memiliki luas sekitar 100 meter dari bibir pantai, uniknya ketika sedang surut kita bisa melihat biota laut yang terdampar atau memang hidup di sekitar terumbu karang tersebut.

Seperti ikan hias dan bintang laut, karena itulah Pantai Kukup juga sering disebut dengan julukan "Aquarium Alami di Jogja".

Tak heran jika Pantai Kukup menjadi salah satu tujuan favorit wisata pantai di Jogja, sebab lokasinya yang mudah dijangkau dan terbilang cukup aman bagi anak-anak, menjadikan setiap harinya Pantai Kukup selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Disini kita tak hanya bisa melihat keindahan Pantai Kukup saja, kamu juga bisa melihat upacara sedekah laut yang setiap tahunnya dilaksanakan pada bulan syura.

Sebenarnya ada beberapa pantai di Jogja yang juga bisa digunakan untuk melihat upacara tersebut, salah satunya adalah Pantai Baron.

Nah, bagi kamu yang sudah capek-capek seharian di pinggir pantai berburu ikan namun tidak mendapatkan satupun.

Tenang, tepat di sekitaran pintu masuk wisata Pantai Kukup terdapat banyak sekali penjual ikan hias, nah tinggal pilih saja sesuai seleramu, dan jangan lupa melakukan tawar menawar ya.

Penataan wisata pantai di Jogja memang sangat mengesankan, tak lepas juga dengan Pantai Kukup, tempat wisata populer ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan.
Jadi kapan kamu berkunjung ke Pantai Kukup?


foto pulau jumpino pantai kukup
pemandangan pantai kukup. foto : @ketut10.01



Fasilitas yang ada:
FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Gardu Pandang
Warung Makan
Gazebo
Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Pantai Kukup (HTM):
Untuk bisa memasuki area pantai Kukup kita akan dikenakan tiket masuk Rp. 10.000/orang saja. Cukup murah kan?

Jam Buka :
Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 Jam

Akomodasi (Penginapan)
Semakin populernya Pantai Kukup Jogja ini, kini sudah mulai banyak penginapan di sekitar kawasan wisata, penginapan tersebut biasanya berupa homestay dengan harga yang cukup terjangkau, jadi tinggal pilih sesuai seleramu saja.







Lokasi Pantai Kukup:

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja
  • 61 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 43 menit)
  • 61 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 42 menit)
  • 57 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 30 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Wisata Pantai Kukup Jogja

Akses menuju Pantai Kukup bisa dibilang cukup mudah, dari pusat Kota Yogyakarta kamu tinggal menuju ke arah Wonosari lalu melanjutkan perjalan hingga kamu sampai di pos retribusi wisata Pantai Gunung Kidul, lokasi Pantai Kukup tepat setelah Pantai Baron, jadi patokannya adalah kamu harus sampai di Pantai Baron terlebih dahulu.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.



Tips Saat Berlibur di Kukup Beach :

  • Ketika sedang mencari ikan hias disekitaran terumbu karang, berhati hatilah dengan bulu babi, jangan sampai terinjak atau tertusuk tangan, karena bulu babi memiliki racun yang cukup berbahaya yang bisa menyebabkan henti napas.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Pantai Kukup juga cocok dikunjungi anak - anak.
  • Waktu terbaik untuk berlibur di Pantai Kukup adalah saat hari biasa (senin-jumat) sebab saat weekend objek wisata ini akan ramai oleh pengunjung.
  • Jika kamu ingin melihat sunrise, sebelumnya kamu bisa camping di pinggir pantai dulu agar tidak perlu buru-buru datang ketika fajar.
  • Sedangkan apabila kamu ingin melihat sunset, datanglah saat sore hari (setelah sholat ashar).
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya guys.




Wisata Terdekat dari Pantai Kukup (-1 Jam):

Pantai Krakal (12 menit)
Salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki view sunrise indah.

Pantai Drini(8 menit)
Apabila kamu mencari pantai di Gunung Kidul yang cukup populer tapi tak seramai Pantai Kukup, datanglah ke Pantai Drini.

Pantai Baron (4 menit)
Pantai Baron merupakan salah satu pantai paling populer di Gunung Kidul, walaupun pemandangannya tak seindah dengan Pantai Kukup, tapi fasilitas di Pantai Baron bisa dibilang paling lengkap.

Pantai Sepanjang (7 menit)
Banyak orang mengatakan jika Pantai Sepanjang memiliki pemandangan layaknya Pantai Kuta Bali pada zaman dahulu sebelum terkenal.

Pantai Ngrawe (5 menit)
Pantai berjuluk "Pantai Mesra" ini memiliki pemandangan yang akan membuatmu takjub karena ada taman mini di dekatnya.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar