Menikmati Kejernihan Mata Air Umbul Manten Di Klaten


Jernih Dan Segar, Inilah Mata Air Umbul Manten 



Masih di kota klaten, memang tidak banyak tempat wisata di daerah ini, namun jangan salah, walaupun tidak banyak, tapi wisata yang ada disini cukup menarik-menarik lho, salah satunya adalah Umbul Manten.




foto unik di umbul manten klaten 
foto dengan tenda juga bisa lho. foto : muhammad_aryan






Di klaten memang terkenal dengan Umbul Ponggok yang memang sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi kita yang menyukai aktivitas snorkeling dan diving, ingin mencari suasana berbeda saat snorkeling ? maka kamu wajib mengunjungi Umbul Ponggok.

Lalu, apa yang menarik dari Umbul Manten ini ? terletak di kelurahan janti, kecamatan polanharjo, lokasinya yang dekat dari umbul ponggok dan seiring terkenalnya objek wisata tersebut, kini umbul manten banyak dilirik oleh wisatawan.




foto pemandangan umbul manten keren 
airnya segar banget. foto : karjo_simbolon





Umbul yang berarti mata air, memang biasanya mata air tidak boleh digunakan untuk berenang, contohnya saja situ biru hariang di sumedang, airnya yang sangat jernih membuat banyak wisatawan tertarik, namun disini kita tidak boleh berenang karena sumber air disitu digunakan sebagai persediaan sehari hari masyarakat sekitar.

Namun berbeda di klaten, beberapa mata air disini boleh digunakan untuk berenang, termasuk umbul manten ini, jika umbul ponggok memiliki kolam yang cukup besar, berbeda degan umbul manten, kolam disini cukup kecil, dengan kedalaman sekitar 1,5 meter.

Suasana di sekitar kawasan juga masih alami, terdapat pohon-pohon besar dipinggir kolam, jika kita lihat sekilas memang terlihat seperti pohon beringin, namun sebenarnya pohon ini adalah pohon ipik, pepohonan ini menjadikan pemandangan kian alami.

Dasar dari kolam adalah bebatuan, menjadikan air disini selalu segar, terlebih lagi jika kita menyelam, kita bisa melihat bebatuan di dasar kolam dengan jelas karena airnya sangat jernih, sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana alami dan udara segar.


foto pemandangan jernihnya air umbul manten klaten 
airnya juga jernih banget lho. foto : tourismwave





Akses menuju lokasi bisa dibilang susah susah gampang, kamu bisa bertanya dengan masyarakat sekitar untuk menunjukkan jalan menuju umbul manten ini, fasilitas disini juga masih seadanya, tapi sudah terdapat warung dan tempat ganti baju kok.



Tips Saat Berlibur Ke Umbul Manten :


  • jangan buang sampah sembarangan.
  • datanglah pagi hari untuk merasakan segarnya mata air ini.
  • jangan malu untuk bertanya dengan penduduk lokal tentang lokasi tujuan.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • untuk menikmati tempat wisata ini dengan puas, disarankan untuk datang saat hari biasa, karena saat weekend dan hari libur biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan.




Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
  • 26 km dari pusat kota Klaten melalui Jl. Raya Solo (41 menit)
  • 47 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Raya Solo-Yogyakarta (1 jam 24 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Umbul Manten:

Umbul Ponggok (9 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »