Umbul Ponggok, Spot Fotografi Bawah Air Paling Keren di Klaten


Klaten memang masih kalah populer dengan Kota-Kota tetangganya seperti Karanganyar, Solo dan Jogja. Karena memang di Klaten tidak terlalu banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi.

foto unik di umbul ponggok klaten 
mendirikan tenda di dasar. foto : hendsyahputra

Tapi tunggu dulu, walaupun Kota ini hanya memiliki sedikit wisata saja, tapi tempat wisata di Klaten bisa dibilang keren-keren lho, salah satu tempat wiata kece di Klaten yang juga menjadi ikon wisata Kota tersebut adalah Umbul Ponggok.


Apa yang Menarik di Umbul Ponggok Klaten ?

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam renang berbentuk persegi yang sudah sangat populer di Klaten dan kota-kota terdekat, tak seperti kolam renang biasa, Umbul Ponggok menyajikan sebuah sensasi berenang yang cukup unik lho.

foto naik motor di umbul ponggok klaten

naik motor juga bisa. foto : sasmintoandik

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang air tawar dimana air di kolam tersebut berasal dari sumber mata air yang berada di dasar kolam, membuat air di Umbul Ponggok cukup segar dan terbilang dingin.

Selain itu, di kolam Umbul Ponggok juga dihuni oleh ikan-ikan hias dengan berbagai ukuran dan jenis, mulai dari ukuran kecil hingga yang cukup besar. Tak hanya itu saja, Umbul Ponggok juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan.

Kolam Umbul Ponggok memiliki kedalaman sekitar 2 meter dengan luas kolam kurang lebih 50x25 meter, selain terkenal sebagai kolam renang, Umbul Ponggok juga populer sebagai tempat fotografi bawah air lho.

Hal ini terbukti dengan banyaknya foto-foto keren di Umbul Ponggok yang tersebar luas di sosial media. Tak hanya sekedar foto bawah air saja, melainkan kita juga bisa berfoto dengan barang-barang yang tak lazim untuk bawah air, seperti motor, tenda, hingga laptop.

Dasar kolam Umbul Ponggok bukanlah paving, melainkan pasir dan bebatuan yang membuat kolam ini semakin terlihat alami.

Saat pertama kali kamu sampai di gerbang Umbul Ponggok, mungkin kamu tidak akan menyangka jika bentuk dan tampilan Umbul Ponggok layaknya kolam renang pada umumnya, tidak ada kata spesial yang muncul dibenakmu, karena hanya berbentuk persegi saja, namun jangan salah, seperti kata pepatah “jangan menilai buku pada sampulnya”.

foto pemandangan di umbul ponggok klaten 
pemandangan diatasnya. foto : k_plo

Setelah kamu masuk kedalam kolam dan menyelam kedasarnya, maka kamu akan melihat keindahan yang dimiliki Umbul Ponggok, airnya yang jernih menjadikan kita mudah untuk melihat pemandangan di dasar kolam dengan ikan-ikan yang berenang kesana kemari.

Selain sebagai tempat wisata keluarga, Umbul Ponggok juga bisa menjadi tempat latihan diving dan snorkeling lho, tak jarang ada wisatawan yang memilih Umbul Ponggok sebagai tempat latihan diving sebelum ia terjun langsung ke laut.

Jadi jika kamu ingin sekali snorkeling atau diving di tempat tempat populer di Indonesia seperti danau Labuan Cermin atau di Pantai Iboih yang letaknya sangat jauh karena untuk menuju Labuan Cermin saja kita harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan dan sedangkan Pantai Iboih  sendiri terletak di ujung barat Indonesia.

Menjadikan kita masyarakat yang tinggal di pulau lainnya dengan hanya memiliki dana terbatas tidak memiliki kesempatan untuk mencoba merasakan sensasi snorkeling disana, untuk itu, kamu harus datang ke Umbul Ponggok sebagai pilihan alternatif dikala kita tidak bisa menuju surga tersembunyi tadi.



Fasilitas :

  • Warung Makan
  • Tempat Penyewaan Peralatan Snorkeling dan Diving, Pelampung
  • Tempat Parkir
  • Fasilitas Anak
  • Toilet
  • Dan masih banyak lagi

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten :
Rp. 15.000/orang

Sewa Pelampung :
Rp. 7.000

Foto Bawah Air Dengan Properti :
Rp. 100.000

Sewa Peralatan Diving :
Rp. 250.000

Sewa Peralatan Snorkeling :
Rp. 13.000

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar Umbul Ponggok, untuk itu kamu bisa mencarinya di pusat Kota Klaten atau di Kabupaten Sukoharjo.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
  • 18 km dari pusat kota Klaten melalui Jl. Mlese-Cawas (31 menit)
  • 41 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Raya Solo-Yogyakarta (1 jam 14 menit)
  • 26 km dari pusat kota Surakarta melalui Jl. Delanggu-Cokro (46 menit)
  • 89 km dari pusat kota Semarang (1 jam 55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Umbul Ponggok

Apabila kamu dari Solo, Semarang atau Karanganyar, kamu bisa melalui jalan menuju Klaten hingga melewati perbatasan antara Klaten dengan Kabupaten Sukoharjo, nah dari situ kita akan berada di Kecamatan Delanggu, cukup ikuti jalan saja hingga kamu sampai di terminal Delanggu yang berada di kanan jalan.

Tepat sebelum terminal terdapat jalan (pertigaan) masuklah ke jalan tersebut dan lurus saja mengikuti jalan yang beraspal halus dan ramai dilalui kendaraan hingga kamu sampai di lokasi Umbul Ponggok, selama perjalanan tersebut kita akan bertemu dengan beberapa persimpangan dan tidak ada petunjuk jalan, agar tidak tersesat cukup ikuti saja jalan yang terlihat paling besar seperti jalan raya.

foto romantis di umbul ponggok klaten 
bersama pasangan biar romantis. foto : umbul_ponggok







Tips Saat Berlibur Di Umbul Ponggok :

  • Jangan lupa membawa pakaian ganti
  • Air di Umbul Ponggok terbilang cukup dingin, jadi disarankan untuk pemanasan terlebih dahulu agar tidak kram.
  • Jika ingin befoto dengan HP, jangan lupa membawa waterproof case, jika tidak punya kamu bisa membelinya di Umbul Ponggok.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalannya yang cukup sempit.
  • Jika tidak bisa berenang, jangan lupa menyewa pelampung.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Umbul Ponggok adalah di hari biasa (senin-kamis) dan saat pagi hari.








Wisata Terdekat Dari Umbul Ponggok :

Cokro Tulung (4 menit)
Sebuah kolam renang alami yang bisa menjadi alternatifmu ketika sudah bosan dengan Umbul Ponggok.

Umbul Manten (9 menit)
Sama halnya dengan Umbul Ponggok, Umbul Manten adalah sebuah kolam renang alami yang memiliki bentuk hampir sama, hanya saja Umbul Manten lebih sepi dan lebih murah, tentunya dengan fasilitas yang lebih sedikit.




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »