Skip to main content

Umbul Ponggok Klaten | Rute, HTM, Jam Buka dan Wisata Terdekat

umbul ponggok klaten

Klaten memang masih kalah populer dengan Kota-Kota tetangganya seperti Karanganyar, Solo dan Jogja. Karena memang di Klaten tidak terlalu banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi.

Tapi tunggu dulu, walaupun Kota ini hanya memiliki sedikit wisata saja, namun tempat wisata di Klaten bisa dibilang keren-keren loh, salah satu tempat wiata kece di Klaten yang juga menjadi ikon wisata Kota tersebut adalah Umbul Ponggok.




Apa yang Menarik di Umbul Ponggok Klaten ?

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam renang berbentuk persegi yang sudah sangat populer di Klaten dan kota-kota terdekat, tak seperti kolam renang biasa, Umbul Ponggok menyajikan sebuah sensasi berenang yang cukup unik loh guys.

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang air tawar dimana air di kolam tersebut berasal dari sumber mata air yang berada di dasar kolam, sehingga membuat air di Umbul Ponggok terasa segar dan terbilang cukup bahkan terkadang sangat dingin.

Selain itu, kolam Umbul Ponggok juga dihuni oleh ikan-ikan hias dengan berbagai ukuran dan jenis, mulai dari ukuran kecil hingga yang cukup besar.

Tak hanya itu saja, Umbul Ponggok juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan.

Kolam Umbul Ponggok memiliki kedalaman sekitar 2 meter dengan luas kolam kurang lebih 50x25 meter, selain terkenal sebagai kolam renang, Umbul Ponggok juga populer sebagai tempat fotografi bawah air.

Hal ini terbukti dengan banyaknya foto-foto keren di Umbul Ponggok yang tersebar luas di sosial media. Tak hanya sekedar foto bawah air saja, melainkan kita juga bisa berfoto dengan barang-barang yang tak lazim untuk bawah air, seperti motor, tenda, hingga laptop.

foto dengan motor bawah air umbul ponggok
foto dengan motor. https://www.instagram.com/putrakla10/

Dasar kolam Umbul Ponggok bukanlah paving, melainkan pasir dan bebatuan yang membuat kolam ini semakin terlihat alami.

Saat pertama kali kamu sampai di gerbang Umbul Ponggok, mungkin kamu tidak akan menyangka jika bentuk dan tampilan Umbul Ponggok seperti kolam renang pada umumnya, tidak ada kata spesial yang muncul dibenakmu, karena hanya berbentuk persegi saja, namun jangan salah, seperti kata pepatah “jangan menilai buku pada sampulnya”.

Setelah kamu masuk kedalam kolam dan menyelam ke dasarnya, maka kamu akan melihat keindahan yang dimiliki Umbul Ponggok, airnya yang jernih menjadikan kita mudah untuk melihat pemandangan di dasar kolam dengan ikan-ikan yang berenang kesana kemari.

umbul ponggok klaten
abis bercocok tanam di dalam air. https://www.instagram.com/ruddyambone12/






Apa yang Bisa Dilakukan di Umbul Ponggok Klaten ?

Snorkeling dan Latihan Diving
Selain sebagai tempat wisata keluarga, Umbul Ponggok juga bisa menjadi tempat latihan diving dan snorkeling loh, tak jarang ada wisatawan yang memilih Umbul Ponggok sebagai tempat latihan diving sebelum ia terjun langsung ke laut.

Jadi jika kamu ingin sekali snorkeling atau diving di tempat tempat populer di Indonesia seperti danau Labuan Cermin atau di Pantai Iboih yang letaknya sangat jauh karena untuk menuju Labuan Cermin saja kita harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan, sedangkan Pantai Iboih sendiri terletak di ujung barat Indonesia.

Menjadikan kita masyarakat yang tinggal di pulau lainnya dengan hanya memiliki dana terbatas tidak memiliki kesempatan untuk mencoba merasakan sensasi snorkeling disana.

Untuk itu, kamu harus datang ke Umbul Ponggok sebagai pilihan alternatif dikala kita tidak bisa menuju surga tersembunyi tersebut.

Fotografi Bawah Air
Banyaknya foto-foto keren dari Umbul Ponggok yang beredar di sosial media membuat wisata ini cepat populer.

Tak sekedar foto bawah air biasa, di Umbul Ponggok kita bisa befoto dengan berbagai barang yang notabenenya tidak bisa digunakan di bawah air seperti tenda, motor, laptop dan masih banyak lagi. Tertarik?

Umbul Ponggok Walker
Kegiatan satu ini termasuk masih baru di Umbul Ponggok, dimana kita bisa berjalan di dasar kolam dengan menggunakan helm yang dialiri oksigen dari atas kolam, sehingga kita tidak perlu kawatir kehabisan oksigen saat berada di dalam air karena kita bisa bernafas menggunakan helm tersebut.

umbul ponggok walker
umbul ponggok walker. foto https://www.instagram.com/novankawan/



Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Tempat Penyewaan Peralatan Snorkeling dan Diving, 
  • Pelampung
  • Tempat Parkir
  • Fasilitas Anak
  • Toilet
  • Slide/Perosotan
  • Penjual Watercase untuk HP
  • Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten :
Rp. 15.000/orang

Sewa Pelampung :
Rp. 7.000

Foto Bawah Air Dengan Properti :
Rp. 100.000

Sewa Peralatan Diving :
Rp. 250.000

Sewa Peralatan Snorkeling :
Rp. 13.000

Sewa Helm Bawah Air:
Rp. 150.000


Jam Buka :
07:00 - 17:00 WIB





Lokasi Umbul Ponggok :

  • Alamat ; Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
  • 18 km dari pusat kota Klaten melalui Jl. Mlese-Cawas (31 menit)
  • 41 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Raya Solo-Yogyakarta (1 jam 14 menit)
  • 26 km dari pusat kota Surakarta melalui Jl. Delanggu-Cokro (46 menit)
  • 89 km dari pusat kota Semarang (1 jam 55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Umbul Ponggok Klaten

#Dari Arah Solo, Semarang, Karanganyar, Sukoharjo
Apabila kamu dari Solo, Semarang atau Karanganyar, kamu bisa melalui jalan menuju Klaten hingga melewati perbatasan antara Klaten dengan Kabupaten Sukoharjo.

Nah dari situ kita akan berada di Kecamatan Delanggu, cukup ikuti jalan saja hingga kamu sampai di terminal Delanggu yang berada di kanan jalan.

Tepat sebelum terminal terdapat jalan (pertigaan) masuklah ke jalan tersebut dan lurus saja mengikuti jalan yang beraspal halus dan ramai dilalui kendaraan hingga kamu sampai di lokasi Umbul Ponggok.

Selama perjalanan tersebut kita akan bertemu dengan beberapa persimpangan dan tidak ada petunjuk jalan, agar tidak tersesat cukup ikuti saja jalan yang terlihat paling besar seperti jalan raya.


#Dari Arah Jogja
Sedangkan jika kamu dari arah Jogja, kamu bisa menuju ke Kabupaten Klaten dengan melewati Candi Prambanan, ikuti saja jalan raya tersebut hingga kamu memasuki Kecamatan Delanggu (letaknya di ujung Kabupaten Klaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo).

Setelah memasuki Kecamatan Delanggu, kamu akan menemukan Terminal Delanggu di kiri jalan, tepat sebelum dan sesudah Terminal Delanggu terdapat jalan, silahkan pilih sesuka hati karena kedua jalan tersebut akan bertemu di perempatan.

Ikuti saja jalan yang beraspal halus hingga kamu sampai di lokasi Umbul Ponggok. Agar tidak tersesat, kamu bisa bertanya ke warga sekitar karena dari sini sudah jarang petunjuk.








Tips Saat Berlibur Di Umbul Ponggok :

  • Jangan lupa membawa pakaian ganti
  • Air di Umbul Ponggok terbilang cukup dingin, jadi disarankan untuk pemanasan terlebih dahulu agar tidak kram.
  • Jika ingin befoto dengan HP, jangan lupa membawa waterproof case, jika tidak punya kamu bisa membelinya di Umbul Ponggok.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalannya yang cukup sempit.
  • Jika tidak bisa berenang, jangan lupa menyewa pelampung.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Umbul Ponggok adalah di hari biasa (senin-kamis) dan saat pagi hari.









Wisata Terdekat dari Umbul Ponggok (- 1 Jam) :

Cokro Tulung (4 menit)
Sebuah kolam renang alami yang bisa menjadi alternatifmu ketika sudah bosan dengan Umbul Ponggok.

Umbul Manten (9 menit)
Sama halnya dengan Umbul Ponggok, Umbul Manten adalah sebuah kolam renang alami yang memiliki bentuk hampir sama, hanya saja Umbul Manten lebih sepi dan lebih murah, tentunya dengan fasilitas yang lebih sedikit.


sumber foto header: https://www.instagram.com/syawal2kalii/


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar