Menyatu Dengan Alam Di Dusun Bambu, Ekowanawisata Pertama Di Jawa Barat

0 Comments A+ a-

Lagi, Bandung memiliki sebuah tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, terlebih lagi bagi keluarga yang sedang mencari tempat wisata dekat untuk anak-anak, namanya Dusun Bambu atau Bamboo Village.


foto indahnya balon udara di dusun bambu 
balon udara di dusun bambu. foto : dusunbambu

Dusun bambu terletak di lembang, Bandung, ya, Lembang memang daerah di Kabupaten Bandung yang terkenal dengan banyaknya tempat wisata menarik, contohnya saja De’Ranch dan Farm House yang terkenal dengan miniatur rumah Hobbit, tak aneh jika setiap musim liburan jalanan menuju Lembang akan banyak dipenuhi kendaraan wisatawan.

Dusun Bambu merupakan ekowanawisata pertama yang ada di Jawa Barat, tempat wisata Bandung satu ini memiliki konsep 7E, yaitu Edukasi, Etinologi, Ekonomi, Etika, Estetika dan Entertaint, lokasinya yang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl menjadikan udara disekitar kawasan Dusun Bambu sangat segar dan sejuk, sangat cocok untuk melepas penat setelah bekerja seharian.

Dusun Bambu mulai di buat pada tahun 2008, rencana pembuatan ini karena sebuah keprihatinan yang terjadi pada lahan pertanian yang ditinggalkan petani begitu saja setelah panen, proses pembangunan dimulai dari penanaman 100.000 bibit pohon hingga tahun 2011.

foto serunya bersepeda di dusun bambu 
bersepeda di alam dusun bambu. foto : dusunbambu

Tujuan pembangunan Dusun Bambu awalnya agar lokasi lahan terbengkalai tersebut menjadi sebuah surga alam yang menawarkan keindahan dan ketenangan menyatu bersama alam, dan akhirnya pada tahun 2014, Dusun Bambu menjadi ekowanawisata pertama di jawa barat.

Semua bangunan di Dusun Bambu memang menyatu dengan alam, mulai dari wahana bermain, penginapan dan desain dari bangunan-bangunan itu sendiri, selain itu Dusun Bambu juga sangat cocok bagi kamu pecinta fotografer dan kuliner, di kawasan Dusun Bambu terdapat restoran yang menawarkan makanan tradisional seperti tahu gejrot hingga pempek Palembang lho.

Selain makanan, di Dusun Bambu juga terdapat permainan tradisional yang berada di Bamboo Play Ground, sangat bagus untuk anak anak untuk melestarikan permainan tradisional indonesia yang kini mulai ditinggalkan. tak hanya itu saja, kita juga bisa melakukan kegiatan panen padi lho.

Kawasan Dusun Bambu sendiri memiliki luas sekitar 15 hektar, didalamnya terdapat banyak tempat menarik seperti Kampung Layang, Pasar Katulistiwa, Burangrang hingga Camping Ground, selain itu kita juga bisa belajar memanah dan balapan gokart.


foto pemandangan pagi hari dusun bambu 
pemandangan di pagi hari. foto : dusun bambu

Beberapa Restoran di Dusun Bambu yang cukup menarik untuk dikunjungi, meliputi :

Burangrang Resto
Burangrang Resto/Cafe adalah salah satu Restoran di kawasan Dusun Bambu yang menawarkan suasana menyantap makanan sambil melihat pemandangan alam yang sangat indah dan alami. Selain itu Burangrang Resto juga melayani family gathering ,luncheon dan corporate training.

Lutung Kasarung
Jika kita lihat dari namanya, tentu akan terbesit di kepalamu bila tempat tersebut cukup unik, ya, Lutung Kasarung adalah salah satu Restoran yang mengusung konsep cukup unik di Dusun Bambu.

Di Lutung Kasarung kita bisa menyantap makanan di dalam sebuah bangunan berbentuk sangkar burung, sangkar burung ini berada di ketinggian, untuk menuju ke sangkar burung tersebut kita bisa menggunakan jembatan yang sudah disediakan.

Purbasari Restoran
Nah, kita tentu sudah sering melihat foto-foto wisatawan yang berkunjung di Dusun Bambu dengan bakcground danau dan saung-saung bukan? ini dia tempatnya.

Purbasari Restoran menawarkan suasana makan sambil lesehan khas Sunda dengan pemandangan danau dan saung-saung yang mengelilinginya, pemandangan cantik inilah yang kerap dijadikan spot foto wisatawan.




Fasilitas :

  • Villa
  • Camping Ground
  • Tempat Bermain Anak
  • Jalur Hiking
  • Spot Foto
  • Restoran
  • Dan masih banyak lagi

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang :
Rp. 15.000/orang

Jam Buka :
Setiap hari
09:00 - 21:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Mengenai penginapan, kamu tidak perlu kawatir, karena di Dusun Bambu sudah terdapat villa yang bisa kita sewa, atau jika kamu ingin merasakan sensasi yang berbeda, kamu juga bisa kemah di kawasan Dusun Bambu ini lho.


Lokasi :

  • Alamat ; Situ Lembang, Cisarua, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.
  • 20 km dari pusat kota Bandung melalui Jl. Sersan Bajuri (1 jam 7 menit)
  • 10 km dari Lembang melalui Jl. kolonel Masturi (34 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Dusun Bambu Lembang 

Akses menuju Dusun Bambu sangatlah mudah, kamu tinggal mengikuti rute dibawah ini saja :
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Jl. Sersan Sodik -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Padalarang -> Cimahi -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Lembang -> Jl. Kolonel Masturi

foto pemandangan indah dusun bambu

pemandangan dusun bambu dari atas. foto : bamboovillage




Tips Saat Berlibur Ke Dusun Bambu :

  • jangan buang sampah sembarangan.
  • disarankan untuk datang di hari biasa, karena saat weekend biasanya akan ramai oleh pengunjung.
  • harga makanan disini berkisar menengah keatas.
  • kamu bisa mencoba naik balon udara untuk melihat kawasan dusun bambu dari sudut pandang berbeda.






Wisata Terdekat Dari Dusun Bambu :

Kampung Gajah Wonderland (21 menit)
Kampung Gajah Wonderlend adalah salah satu tempat wisata keluarga favorit di Bandung bersama dengan De'Ranch, di Kampung Gajah Wonderland ini terdapat banyak sekali wahana seru yang bisa kita coba bersama anak-anak maupun teman.

Tebing Keraton (1 jam 18 menit)
Tebing Keraton adalah salah satu wisata alam paling populer di Bandung, di Tebing Keraton ini kita bisa melihat keindahan alam Bandung dari ketinggian.

Bukit Bintang (59 menit)
Bukit Bintang merupakan sebuah bukit biasa, namun bukit ini berubah menjadi spot romantis ketika malam tiba, di Bukit Bintang kita bisa melihat citylight atau lampu-lampu kota Bandung yang nampak seperti bintang di bumi.


loading...
loading...