Menyatu Dengan Alam Di Dusun Bambu, Ekowanawisata Pertama Di Jawa Barat


Belajar, Bermain, Dan Berwisata Di Bamboo Village Lembang



Lagi, Bandung memiliki sebuah tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, terlebih lagi bagi keluarga yang sedang mencari tempat wisata dekat untuk anak-anak, namanya Dusun Bambu atau Bamboo Village.


foto indahnya balon udara di dusun bambu 
balon udara. foto : dusunbambu

 


Dusun bambu terletak di lembang, Bandung, ya, lembang memang daerah di kabupaten bandung yang terkenal dengan banyaknya tempat wisata menarik, contohnya saja De’Ranch dan Farm House yang terkenal dengan miniatur rumah Hobbit, tak aneh jika setiap musim liburan jalanan menuju lembang akan banyak dipenuhi kendaraan wisatawan.

Dusun Bambu merupakan ekowanawisata pertama yang ada di jawa barat, tempat wisata ini memiliki konsep 7E, yaitu Edukasi, Etinologi, Ekonomi, Etika, Estetika dan Entertaint, lokasinya yang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl menjadikan udara disekitar kawasan sangat segar dan sejuk, sangat cocok untuk melepas penat setelah bekerja seharian.

Dusun Bambu mulai di buat pada tahun 2008, rencana pembuatan ini karena sebuah keprihatinan yang terjadi pada lahan pertanian yang ditinggalkan petani begitu saja setelah panen, proses pembangunan dimulai dari penanaman 100.000 bibit pohon hingga tahun 2011.




foto serunya bersepeda di dusun bambu 
bersepeda di alam. foto : dusunbambu




Tujuan pembangunan agar lokasi lahan terbengkalai tersebut menjadi sebuah surga alam yang menawarkan keindahan dan ketenangan menyatu bersama alam, dan akhirnya pada tahun 2014, Dusun Bambu menjadi ekowanawisata pertama di jawa barat.

Semua bangunan disini menyatu dengan alam, mulai dari wahana bermain, penginapan dan desain dari bangunan lainnya, selain itu lokasi ini sangat cocok bagi kamu pecinta fotografer dan kuliner, di kawasan dusun bambu terdapat restoran yang menawarkan makanan tradisional seperti tahu gejrot hingga pempek palembang.

Selain makanan, disini juga terdapat permainan tradisional di Bamboo Play Ground, kita juga bisa melakukan kegiatan panen padi lho, sangat bagus untuk anak anak untuk melestarikan permainan tradisional indonesia yang kini mulai ditinggalkan.


Kawasan dusun bambu sendiri memiliki luas sekitar 15 hektar, didalamnya terdapat banyak tempat menarik seperti kampung layang, pasar katulistiwa, burangrang hingga camping ground, selain itu kita juga bisa belajar memanah dan balapan gokart.


foto pemandangan pagi hari dusun bambu 
pemandangan di pagi hari. foto : dusun bambu



Cobalah untuk hiking di pagi hari, maka kamu akan merasakan suasana tenang dengan udara yang segar, bukankah itu menarik ?
sebagai tempat wisata populer, fasilitas disini sangat memadai, pun bagi kamu yang ingin menginap, tidak perlu mencari hotel di kota terdekat, di kawasan dusun bambu sendiri sudah terdapat villa yang bisa kamu sewa dengan harga mulai dari 1 -3 juta.



Tips Saat Berlibur Ke Dusun Bambu :


  • jangan buang sampah sembarangan.
  • disarankan untuk datang hari biasa, karena saat weekend biasanya akan ramai oleh pengunjung.
  • harga makanan disini menengah keatas.
  • kamu bisa mencoba naik balon udara untuk melihat kawasan dusun bambu dari sudut pandang berbeda.




foto pemandangan indah dusun bambu 
pemandangan dari atas. foto : bamboovillage






Lokasi :

  • Alamat ; Situ Lembang, Cisarua, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.
  • 20 km dari pusat kota Bandung melalui Jl. Sersan Bajuri (1 jam 7 menit)
  • 10 km dari Lembang melalui Jl. kolonel Masturi (34 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Wisata Terdekat Dari Dusun Bambu :

Kampung Gajah Wonderland (21 menit)
Tebing Keraton (1 jam 18 menit)
Gunung Tangkuban Perahu (1 jam 8 menit)
Bukit Bintang (59 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »