Labuan Cermin, Danau Dua Rasa Yang Katanya Danau Terindah Di Kalimantan Timur




Danau Dua Rasa, Indah Dan Unik


Labuan Cermin, merupakan sebuah danau yang terletak di kalimantan timur, dinamakan labuan cermin karena jernihnya air danau ini sehingga kita serasa melihat cermin, berbeda dengan kebanyakan danau pada umumnya, labuan cermin memiliki dua jenis air.

foto jernihnya air danau labuan cermin 
jernihnya air danau. foto : cunx2


Air tawar berada dibagian atas sedangkan air asin berada dibagian bawah, uniknya kedua jenis air ini tidak pernah bercampur menjadi satu, air asin tidak pernah melewati batasnya, dua jenis air ini juga memsisahkan biota laut yang ada, ikan air tawar berada di atas dan ikan air asin berada dibawah.

Untuk menuju ke labuan cermin terlebih dahulu kita akan turun di bandara kalimarau kabupaten berau, ini merupakan bandara terdekat dengan tempat tujuan, setelah itu kita bisa menggunakan mobil travel untuk menuju ke kecamatan Biduk-Biduk dengan waktu tempuh kurang lebih 6-7 jam, untuk kenyamanan sebaiknya kamu memesan mobil ini sehari sebelumnya.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang indah, mulai dari pantai hingga hutan, dari desa Biduk-Biduk kita akan menuju ke desa Labuan Kelambu dimana terdapat dermaga yang akan kita gunakan untuk menuju ke labuan cermin dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

foto menyelam di labuan cermin kalimantan 
menyelam di danau. foto : felixindra

Sesampainya di Labuan Cermin, kita akan disuguhkan pemandangan jernihnya air danau yang dikelilingi pepohonan, saking jernihnya kita bisa melihat dasar danau yang terlihat dangkal, padahal kedalaman danau ini mencapai 3 meter lebih.

Berbeda dengan Situ Harian Cilembang di Sumedang, disini kita diperbolehkan berenang, sudah ada tempat penyewaan peralatan snorkeling dan pelampung, jika kamu ingin merasakan perbedaan air di danau ini, kamu bisa menyelam hingga dasar.

Bisa dibilang Labuan Cermin merupakan danau terindah di kalimantan, biasanya para wisatawan berlibur ke derawan untuk melihat keindahan taman bawah lautnya sebelum akhirnya singgah ke labuan cermin.

Karena lokasinya yang berada di pedalaman jadi waktu tempuh menuju kesana cukup lama, dan tentunya memakan biaya yang cukup mahal, walaupun begitu banyak wisatawan yang ingin merasakan sensasi berenang di danau dua rasa ini.

Namun walaupun cukup terkenal, fasilitas disini masih seadanya, jadi jangan mengharapkan ada hotel ditengah tengah hutan, tapi jika kamu ingin menginap, sudah terdapat banyak hotel dengan pemandangan pantai di kota Biduk-Biduk yang bisa kamu sewa.

foto indahnya danau labuan cermin 
menyelam hingga dasar untuk melihat ikan air asin. foto : cunkin


Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa paket wisata, sudah banyak sekali agen-agen yang menawarkan paket wisata menuju labuan cermin, tinggal pilih-pilih saja mana yang cocok.


Tips Saat Berlibur ke Labuan Cermin :


  • dapat ditempuh melalui 2 jalur, jalur darat dan udara, jika kamu melalui jalur darat siapkan fisik terlebih dahulu karena perjalanan akan sangat lama.
  • listrik hanya menyala pada malam hari, jadi hemat-hemat batrei smatrphone kamu.
  • bawalah alat snorkeling jika punya, jika tidak, sudah ada tempat penyewaan disana.
  • jangan buang sampah sembarangan ya.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
  • 477 km dari pusat Kota Samarinda (10 jam 50 menit)
  • 531 km dari Bandara Kalimarau Kabupaten Berau (11 jam 57 menit)
  • 378 km dari pusat Kota Bontang (8 jam 31 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

lihat peta cara menuju ke labuan cermin



Wisata Terdekat Dari Labuan Cermin :

Teluk Sulaiman dan Pulau Kaniungan
Teluk Sumbang





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »