Melihat Cahaya Surga Di Goa Jomblang Gunung Kidul


Cantiknya Rey Of Light Di Luweng Grubug Jomblang





Gunung Kidul menawarkan banyak sekali tempat tempat menarik, mulai dari deretan pantainya, cave tubbing di sungai hingga goa jomblang yang terkenal dengan “cahaya surga” nah, bagi kamu yang memang menyukai wisata memacu adrenalin, maka kamu harus berkunjung ke goa jomblang.




foto cahaya surga di goa jomblang 
cahaya surga di luweng grubug. foto : linggabinangkit






Jika kamu sudah bosan dengan wisata pantai di gunung kidul, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke goa jomblang, goa jomblang merupakan sebuah goa vertikal dengan keinggian sekitar 60 meter.


Untuk menuju ke dasar goa kita terlebih dahulu harus menuruni tebing dengan teknik SRT (single rope technic) saat pertama kali kita sampai di lokasi goa jomblang, kita harus menggunakan peralatan pengaman terlebih dahulu, seperti sepatu boot, helm, lampu dan peralatan SRT.

Saat proses penurunan tebing kita akan melihat pemandangan alam berupa rimbunnya pepohonan dan tanaman-tanaman yang tumbuh di sisi tebing, sesampainya di dasar goa kita akan diminta untuk mengikuti si pemandu.




foto proses menuruni tebing goa jomblang 
proses menuruni tebing. foto : bumiiadv




Jalan yang harus dilalui bukanlah jalan mulus, melainkan tanah yang bercampur lumpur dan air, perjalanan menuju goa grubug (tempat dimana ray of light atau cahaya surga berada) memakan waktu sekitar 15 menit.


Menurut cerita dari pemandu, dahulu pepohonan tumbuh diatas, namun karena faktor tertentu tanah runtuh ke dasar goa, dan kini peohonan dan tumbuhan yang hidup di dasar goa sering disebut dengan nama “hutan purba”.

Banyak orang tidak mengetahui jika goa grubug dan goa jomblang berada dalam satu paket, goa jomblang dan grubug dihubungkan oleh lorong sepanjang kurang lebih 300 meter, semakin kita berjalan kedalam, semakin gelap, namun bebatuan stalakmit dan stalaknit menjadi daya tarik tersendiri.




foto ray of light goa jomblang 
cahaya di goa grubug-jomblang. foto : pesonajogja




Untuk menyusuri keindahan goa jomblang, kita harus membayar sekitar Rp. 450.000 biaya tersebut sudah termauk antar jemput wonosari – semanu, minuman, makan siang dan peralatan penunjang kegiatan.


Setiap kunjungan dibatasi hanya boleh 25 orang, hal ini dilakukan untuk menjaga ekosistem agar tetap asri, nah, untuk melihat “cahaya surga” waktu paling tepat adalah jam 10-1 siang, karena saat itu matahari sedang bersinar terik sehingga cahaya dapat menembus kegelapan di goa.



foto menuruni tebing goa jomblang 
proses SRT menuruni tebing. foto : falkesuma





Tips Saat Berlibur Ke Goa Jomblang :


  • bawalah pakaian ganti untuk berjaga jaga.
  • waktu terbaik adalah jam 10 pagi – jam 1 siang.
  • datanglah saat musim kemarau agar mendapatkan pemandangan yang indah.
  • jika tidak tahu lokasinya, jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar.



Lokasi :


  • Alamat ; Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 48 km dair pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 30 menit)
  • 48 km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 30 menit)
  • 11 km dari Wonosari melalui Jl. Nasional III (25 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



No. Tlp : 0811 117 010
situs : goa-jomblang.com





Wisata Terdekat Dari Goa Jomblang :

Goa Pindul (30 menit)
Pantai Baron (45 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »