Pantai Siung, Pantai Indah dan Spot Panjat Tebing Favorit di Jogja


Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul memang terdapat banyak sekali pantai-pantai indah, mulai dari Pantai Baron, Krakal, Kukup, Sepanjang hingga Pantai Siung, nah berbicara mengenai Pantai Siung, ternyata objek wisata ini terbilang cukup unik lho.

Pantai Siung awalnya adalah salah satu pantai tersembunyi di Yogyakarta, tapi kini Pantai Siung mulai muncul menampakkan keindahannya, wisata pantai Jogja satu ini memiliki pasir putih yang sangat indah dengan tebing-tebing besar khas Gunung Kidul yang mengelilinginya.


foto keindahan pantai siung
pemandangan pantai siung. foto : areefwicaksono


Berbeda dengan deretan pantai indah lainnya di Gunung Kidul, Pantai Siung terbilang lebih sepi dari pengunjung karena lokasinya yang terpencil, namun bagi kamu yang berjiwa petualang, maka kamu harus mengunjungi pantai ini, kenapa ? karena Pantai Siung memiliki keindahan tersendiri yang layak kamu saksikan.

baca juga : Pantai Pok Tunggal, pantai romantis di Jogja

Sejarah Tempat Wisata Pantai Siung

Karakteristik dari tempat wisata pantai tersebut adalah terdapatnya batuan karang yang menonjol, batuan karang inilah yang dijadikan nama dari pantai ini, yaitu "Siung" yang merupakan bahasa jawa berarti "gigi", menurut cerita sesepuh setempat, ada sebuah batuan karang yang menjorok kelaut berbentuk seperti gigi kera atau siung, maka pantai ini dinamakan pantai siung.

Objek wisata Pantai Siung tak hanya menawarkan pemandangan indah lautan dan pasir putihnya saja, melainkan terdapat kegiatan seru lainnya yang bisa kita lakukan di kawasan wisata ini, salah satunya adalah panjat tebing.

Pantai Siung memang dikelilingi oleh tebing-tebing besar, nah, hal itu dimanfaatkan sebagai jalur panjat tebing oleh masyarakat Jogja, kerennya lagi, di sekitar Pantai Siung terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing lho.

Ketinggian dari tebing-tebing tersebut-pun beragam, mulai dari tinggi 5 meter hingga 10 meter, beberapa jalur favorit dengan kesulitan yang cukup tinggi adalah jalur Kuda Laut dan jalur Pancaran Siung. 


foto panjat tebing di pantai siung gunung kidul

yuk panjat tebing. foto : arinugroho97


Setiap hari, terutama akhir pekan akan banyak sekali para pecinta panjat tebing yang datang kesini untuk menaklukkan tebing-tebing besar di Pantai Siung tersebut, karena keunikannya inilah sekarang Pantai Siung mulai dilirik oleh wisatawan terutama para pecinta olahraga memacu adrenalin ini.

Tak hanya itu saja, selain panjat tebing dan bermain air, di kawasan Pantai Siung juga terdapat camp ground lho, biasanya para wisatawan yang berniat ingin panjat tebing lebih memilih mendirikan tenda di camping ground ini, jadi apabila kamu sudah bosan berkemah di gunung kenapa tidak coba berkemah di Pantai Siung saja?

Selain mendirikan tenda, dikawasan camping ground ini kita juga bisa memasang hammock, uniknya kita tidak akan memasang hammock diantara dua pohon, melainkan diantara dua tebing, keren bukan?




foto keindahan laut pantai siung jogja 
ombaknya cukup besar, hati hati ya. foto : novemlawalata


Rute Menuju Wisata Pantai Siung

Nah, bagi kamu yang ingin menuju ke Pantai Siung, caranya kamu tinggal mengikuti rute Yogyakarta – Jalan Wonosari – Patuk – Pasar Wonosari belok kanan – pertigaan Mulo belok kiri – Pertigaan Siung belok kanan – Pantai Siung. 

Atau jika kamu naik transportasi umum, cara menuju Pantai Siung adalah dengan naik bus jurusan Jogja – Wonosari di Terminal Giwangan atau Perempatan Ketandan menuju Terminal Wonosari, sesampainya di Terminal Wonosari perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan desa jurusan Jepitu dan turun di pertigaan Pantai Siung, kemudian melanjutkan dengan naik ojek hingga bibir pantai.



Fasilitas dan Akomodasi (Penginapan)
Fasilitas di tempat wisata Pantai Siung juga cukup memadai seperti terdapatnya warung, tempat parkir dan toilet, bagi kamu yang ingin menginap-pin selain berkemah disekitar pantai juga terapat sebuah rumah kayu yang biasanya digunakan sebagai basecamp, kamu bisa juga menginap disini, namun sayangnya rumah kayu ini hanya berkapasitas 12-15 orang saja.



Tips Saat Berlibur di Siung Beach

  • akses menuju kesana cukup mudah namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil agar lebih praktis.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturam.
  • sangat cocok bagi kamu yang menyukai kegiatan panjat tebing, baik pemula maupun profesional.
  • waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Siung adalah saat hari biasa, sebab saat weekend biasanya akan ramai oleh pengunjung, terutama para pecinta panjat tebing.


foto pemandangan pantai siung 
pemandangan dan orangnnya sama sama keren. foto : uswakh_khasanah



Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • 72 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 3 menit)
  • 72 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (2 jam 3 menit)
  • 68 Km dari Bandara Int. Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 52 menit)
  •  (perkiraan waktu tempuh jika tanpa kendala)





Wisata Terdekat Dari Pantai Siung :

Indrayanti Beach (27 menit)
Krakal Beach (33 menit)
Jogan Beach (4 menit)
Wediombo Beach (13 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »