Serunya Menyusuri Sungai Di Goa Pindul



Spot Terbaik Untuk Cave Tubing Di Gunung Kidul Yogyakarta


Gunung Kidul, sebuah daerah di Yogyakarta yang menyimpan banyak sekali objek wisata menarik, seperti deretan pantai cantik seperti Pantai Kukup, Krakal, dan Wediombo hingga wisata menyusuri gua, goa pindul merupakan sebuah objek wisata populer di gunung kidul.


foto cave tubing seru di goa pindul 
cave tubing lebih seru bersama teman. foto : virgiajasmine




Bagi yang menyukai kegiatan alam, maka gua pindul menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang berlibur ke jogja, goa ini terbentuk secara alami dimana didalam goa terdapat bebatuan stalaknit dan stalakmit yang terbentuk sejak ratusan tahun lalu.

Daya tarik utama disini adalah cave tubing, atau menyusuri gua dengan menggunakan peralatan seperti pelampung, perahu karet atau ban dalam, kita akan menyusuri aliran sungai bawah tanah didalam gua dengan dipandu oleh guide.

Memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar kira-kira 5-6 meter, dan kedalaman air sekitar 6-7 meter, aliran air disini bisa dibilang cukup bersih karena bersumber dari mata air gedong tujuh, kita akan diajak menyusuri gua selama kurang lebih 45-60 menit.


foto di goa pindul jogja 
air sedikit keruh karena musim hujan. foto : prio_soembodo


Selama penyusuran, pemandu akan bercerita tentang bagaimana terbentuknya gua pindul dan asal-usul nama tersebut, kegiatan ini tidak memerlukan keahlian khusus, kita hanya membutuhkan ban dalam sebagai perahu, pelampung, head lamp, dan life vest, semua barang sudah disediakan oleh operator pengelola, jadi kita tidak perlu membawanya dari rumah, pun begitu, aktivitas ini aman dilakukan oleh siapapun, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi gua pindul adalah saat pagi hari, sekitar jam 9-10 pagi, selain airnya tidak terlalu dingin, jika beruntung saat cuaca cerah kita bisa melihat “cahaya surga” layaknya di goa jomblang, dimana sinar matahari masuk kedalam gua melalui lubang vertikal diatas gua.

Goa pindul terletak di desa bejiharjo, gunung kidul, dimana desa tersebut pernah mendapatkan predikat desa wisata terbaik tingkat nasional dari kemetrian pariwisata dan ekonomi kreatif (kemenparekraf).


foto menyusuri goa pindul 
serunya cave tubbing. foto : goapinduljogja

Akses menuju lokasi bisa dibilang cukup mudah karena jalannya diaspal halus, namun pastikan kendaraan kamu dalam keadaan normal karena jalurnya yang naik turun dan berliku-liku, tentang penginapan, jika kamu mencari hotel disekitar objek wisata mungkin kamu tidak akan menemukannya, namun sudah banyak penginapan berkonsep guesthouse, kamu bisa bertanya tanya dengan pengelola goa pindul tentang lokasinya.




Tips Saat Berlibur Ke Goa Pindul :

  • pastikan kendaraan kamu normal, karena jalurnya yang naik turun dan berbelok-belok.
  • waktu terbaik untuk cave tubing adalah pagi hari, sekitar jam 9-10 karena jika beruntung kamu bisa melihat “cahaya surga”
  • jangan malu bertanya, disepanjang jalan menuju lokasi banyak jasa antar ke goa pindul.



foto keren di goa pindul 
suasana di dalam goa. foto : rendi_murdiansyah




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul
  • 41 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 20 menit)
  • 41 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (1 jam 20 menit)
  • 37 Km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1jam 6 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Foto Galeri :

foto : hadi_mustofa
foto wisata goa pindul jogja
 foto : j0yimut5

foto cahaya surga goa pindul
 foto : ayiequinbee



Tiket dan Jam Buka :
Rp. 35.000/orang (cave tubing)
Rp. 10.000/orang (retribusi masuk kawasan wisata)
Jam Buka : 06:30-17:00 WIB

Contact :
CaveTubingPindul@gmail.com




Wisata Terdekat Dari Goa Pindul :

Kali Oyo (1 menit) masih satu kawasan
Goa Gelatik (1 menit) masih satu kawasan
Istana Batu Kristal
Air Terjun Sri Gethuk (41 menit)
Pantai Baron (52 menit)
Goa Jomblang (30 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »