Pantai Timang Gunung Kidul, Pantai Unik nan Cantik di Jogja


Memacu Adrenalin Dengan Naik Gondola Di Pantai Timang

Gunung Kidul, seakan menjadi pusat wisata di jogja, banyak sekali objek wisata yang bisa kita coba seperti goa pindul hingga deretan pantai indah nan cantik seperti pantai kukup, wediombo, krakal dan pok tunggal, namun apa kamu tahu jika di gunung kidul terdapat pantai unik ?


foto gondola di pantai timang 
gondola di pantai timang, foto : bayusukamtoputro


Namanya Pantai Timang, terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Pantai Timang merupakan sebuah pantai yang memiliki pemandangan indah dengan pasir putih dan tumbuhan pandan yang tumbuh disekitar pantai, tapi ada satu hal unik yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Timang, yaitu terdapatnya sebuah gondola di kawasan pantai

Bukan sekedar gondola biasa, gondola tradisional di Pantai Timang ini terbuat dari kayu yang menghubungkan bagian pantai dengan sebuah pulau karang di tengah pantai, gondola/gantole ini diikat dengan tali tambang, walaupun terlihat berbahaya tapi tenang saja, gantole ini cukup aman kok.

Gondola tersebut sebenarnya bukanlah fasilitas wisata yang disediakan pemerintah, sebenarnya fungsi dari gondola tersebut digunakan oleh nelayan untuk mencari lobster di pulau watu panjang (nama pulau karang tadi).


foto gantole pantai timang
berani naik gondola di pantai timang ini?

Jarak antara pulau dengan pantai sekitar 100 meter, jika kamu ingin mencoba menaikinya, kamu bisa membayar sekitar Rp.200.000, memang cukup mahal, karena gondola tersebut digerakkan secara manual, bukan mesin, jadi kita akan ditarik oleh beberapa orang terlatih untuk sampai ke seberang.

Dibutuhkan mental yang kuat bila ingin mencoba menyeberang ke pulau karang di Pantai Timang ini, karena sepanjang penyeberangan tersebut kamu akan meluncur sendirian menaiki gantole diatas lautan yang dalam dengan ombak yang besar.

Sebenarnya area Pantai Timang dibagi menjadi dua, yaitu area timur berupa pasir putih layaknya pantai lainnya, dan di sisi barat berupa tebing dimana terdapat pulau watu panjang, nah, disisi barat inilah kita bisa mencoba menaiki gondola tersebut.

Walaupun cukup terkenal di sosial media seperti Facebook dan Instagram, nyatanya belum banyak orang yang mengetahui dimana lokasi sebenarnya Pantai Timang, wajar saja karena lokasi Panai Timang memang cukup tersembunyi walaupun masih berada di deretan pantai gunung kidul lainnya.


foto indahnya pantai timang 
yuk bermain pasir di pantai timang. foto : irsaamelya



Rute Menuju Wisata Pantai Timang Jogja

Jalan menuju objek wisata Pantai Timang Jogja ini bukanlah jalan aspal, melainakan jalanan berbatu keras, mungkin bagi pecinta offroad jalur ini akan sangat menarik, tapi bagi kamu yang mencari wisata tanpa ribet tidak disarankan untuk berkunjung kesini.

Nah, bagi kamu yang ingin menuju ke Pantai Timang bisa mengikuti rute Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah - Pantai Baron - Pantai Siung – Pasar Dakbong – jalanan berbatu – Pantai Timang.


Tips Saat Berlibur Ke Pantai Timang :

  • pastikan kendaraan kamu normal, karena jalur menuju kesana tidaklah mulus.
  • mungkin kamu akan sedikit sulit menemukan penginapan, kamu bisa mencari penginapan disekitar pantai baron.
  • lokasi ini cocok bagi kamu yang menyukai aktivitas memacu adrenalin.


foto pemandangan pantai tiamang 
indah ya pemandangannya. foto : s.hani.d





Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • 74 Km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 13 menit)
  • 74 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (2 jam 13 menit)
  • 67 Km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 57 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Foto Galeri :

foto pemandangan pulau timang
 foto : andirahadi
foto sunrise cantik di pantai timang
 foto : ekaa18


Wisata Terdekat Dari Pantai Timang :

Siung Beach (21 menit)
Pok Tunggal Beach (38 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »