Pantai Banyu Tibo, Pantai Unik Wajib Dikunjungi Di Pacitan


Pacitan, salah satu daerah di jawa timur yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, salah satunya pantai banyu tibo, berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya, pantai banyu tibo memiliki fenomena unik yang jarang kita temui di pantai lain.



foto pemandangan pantai banyu tibo pacitan 
pemandangan dari atas tebing. foto : ayubardiyono





Di pantai banyu tibo terdapat sebuah air terjun kecil yang jatuh langsung ke pantai, air terjun ini menjadi daya tarik utama di objek wisata ini, dinamakan “banyu tibo” karena disini terdapat air terjun, banyu tibo sendiri merupakan bahasa jawa yang berarti air jatuh atau air terjun.


Karakteristik dari pantai banyu tibo adalah bentuknya yang kecil dengan tebing di bagian samping, ditambah lagi pasir disini cukup putih, dan saat pasang, ombak akan cukup besar dan berbahaya, jadi jika kamu kesini hati hati ya.

Air terjun tersebut terbentuk karena aliran sungai di atas tebing yang bermuara langsung ke pantai, menjadikan seolah aliran air sungai itu terlihat seperti air terjun dengan ketinggian kurang lebih 2 meter, untuk turun menuju pantai, kita bisa menggunakan tangga yang sudah disediakan, pun bagi kamu yang tidak mau, kita juga bisa melihat keindahan pantai dari atas tebing saja kok.







foto sunset indah di pantai banyu tibo pacitan 
pemandangan sunset yang indah. foto : lianurhastuti



Selain menikmati keindahan pantai dan air terjun, disini kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya, contohnya saja memancing, bagi kamu yang hobi memancing, kita bisa memancing ikan dari atas tebing dengan menggunakan teknik rock fishing.


Untuk menuju ke lokasi, bisa dibilang susah susah gampang, karena lokasinya cukup tersembunyi, tapi fasilitas disini cukup memadai kok, dan bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mencari penginapan di pusat kota pacitan.




foto suasana di pantai banyu tibo pacitan 
lebih menarik mana, pemandangannya apa orangnya ? foto : dessy_aurorah






Tips Saat Berlibur Ke Pantai Banyu Tibo :


  • jangan malu bertanya kepada penduduk sekitar jika tidak tahu jalannya.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • datanglah saat pagi hari untuk merasakan suasana yang segar.
  • hati hati saat turun menuju pantai ya.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Widoro, Kecamatan Donoharjo, Kabupaten Pacintan, Jawa Timur.
  • 32 km dari pusat kota Pacitan melalui Jl. Nasional III (1 jam 2 menit)
  • 5 km dari Kalak melalui Jl. Nampu Kalak (16 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Pantai Banyu Tibo :

Pantai Teleng Ria (58 menit)
Pantai Klayar (23 menit)
Pantai Nampu (21 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »