Pantai Klayar, Salah Satu Pantai Indah Di Pacitan


Melihat Keindahan Yang Ditawarkan Dari Klayar Beach



Di Pacitan, terdapat sebuah pantai yang memiliki keindahan sangat mempesona, namanya pantai klayar, terletak di desa kalak, kecamatan donorojo, pacitan, jawa timur, pantai klayar merupakan salah satu deretan pantai laut selatan.



foto indahnya sunset di pantai klayar pacitan 
indahnya matahari terbenam. foto : tourismwave

 


Pantai klayar menjadi salah satu ikon wisata di pacitan selain gua gong, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut yang berwarna biru, terlebih lagi pantai ini dikelilingi tebing-tebing besar seperti di pantai laut selatan pada umumnya.


Pantai klayar menjadi salah satu destinasi wajib bagi wisatawan yang sedang berlibur di pacitan, ya, memang keindahan dari pantai ini tak diragukan lagi, selain keindahannya, terdapat juga air mancur alami setinggi 10 meter dan tebing yang menyerupai patung Sphinx.



foto air mancur alami di pantai klayar pacitan 
air mancur alami. foto : dio_gustriadi




Beberapa batuan karang yang terdapat di pinggir pantai memiliki celah, yang apabila terkena ombak besar air akan masuk kedalam bawah karang dan langsung menyembur keatas, inilah yang dinamakan air mancur alami, bahkan terkadang semburan air bisa mencapai ketinggian sekitar 10 meter lho.



Selain batuan karang dan tebing besar, disekitar kawasan pantai klayar juga terdapat pepohonan kelapa dan gazebo-gazebo, sangat cocok untuk kita bersantai setelah bekerja seharian, dan yang perlu diingat, ombak disini cukup besar jadi kamu harus berhati-hati jika ingin berenang.

Akses menuju lokasi menjadi kendala bagi wisatawan yang ingin kesini, jalurnya yang berbelok-belok dan tidak mulus menjadikan banyak wisatawan yang mengurungkan niatnya untuk berlibur ke pantai klayar.




foto keindahan pantai klayar 
jernihnya air laut. foto : robysudarmanto




Rutenya cukup sulit karena kita harus melewati jalanan rusak di beberapa bagian, tikungan tajam, turunan dan tanjakan yang bisa menguras bahan bakar kendaraan kita, namun sesampainya di tempat tujuan, semua kekesalan dan kelelahan saat perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkan.

Fasilitas disini bisa dibilang sedikit memadai, seperti sudah terdapatnya toilet umum, tempat parkir dan warung makan, tapi untuk penginapan masih belum ada, jika mau kamu bisa membawa tenda untuk berkemah di kawasan pantai.

Tapi, jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman, karena biasanya saat malam warung-warung akan memilih tutup.





foto pemandangan pantai klayar pacitan 
pemandangan sekitar. foto : robysudarmanto





Tips Saat Berlibur Ke Pantai Klayar :


  • datanglah saat pagi atau sore hari karena sinar matahari tidak terlalu terik.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • belum ada penginapan disini.
  • kamu bisa mendirikan tenda di pinggir pantai untuk merasakan suasana berbeda.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • lokasi ini juga cocok untuk foto prewedding.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • 29 km dari pusat kota Pacitan melalui Jl. Nasional III (58 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Pantai Klayar :

Goa Gong (27 menit)
Pantai Teleng Ria (55 menit)
Watu Karung Beach (26 menit)
Pantai Banyu Tibo (23 menit)
Pantai Nampu (25 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »