Bukit Parang Endog, Spot Keren Untuk Menikmati Indahnya Sunset Dan Sisi Lain Pantai Parangtritis


Siapa sih yang tidak tahu dengan pantai Parangtritis, sebuah pantai di selatan Yogyakarta yang sudah sangat populer karena keindahan dan mitosnya, mungkin kamu sudah sering berkunjung di pantai Parangtritis, apa kamu tidak merasa bosan ?



foto sunset indah di bukit parang endog jogja 
sunset di puncak bukit parang endog. foto : jojokurniawan91




Nah, bagi kamu yang sudah sering sekali berkunjung ke pantai Parangtritis, di dekat pantai tersebut terdapat sebuah tempat keren yang layak kamu kunjungi untuk menikmati pemandangan pantai Parangtritis dari sisi lain, namanya bukit Parang Endog.

Bukit Parang Endog sebenarnya adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai landasan paralayang, namun karena olahraga paralayang tidak bisa dilakukan setiap musim, hanya pada musim tertentu saja jadi selama tidak digunakan untuk paralayang, bukit Parang Endog menjadi destinasi keren untuk melihat sunset.





foto camping di bukit parang edog jogja 
bisa mendirikan tenda juga disini. foto : ana_uhibbukifillah







Mungkin kamu sudah tahu spot untuk melihat sunset indah di Jogja, seperti di Candi Ratu Boko, tapi apa kamu sudah pernah melihat sunset di atas bukit Parang Endog ini ? pemandangan diatas bukit Parang Endog ini memang sangat mempesona.

Dari tempat tersebut kita bisa melihat jejeran pantai selatan mulai dari pantai Parangtritis, Parangkusumo hingga pantai Depok, tak hanya itu disebelah timur bukit Parang Endog terdapat sebuah pantai bernama pantai Parang Endog, pantai tersebut relatif sepi dari pengunjung, menjadikan suasana masih alami.

Bukit Parang Endog terletak di sebelah timur pantai Parangtritis, bukit ini biasanya digunakan saat event-event tertentu seperti Jogja Air Show yang diadakan setiap tahun di pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo, selebihnya lokasi ini menjadi tempat untuk melihat indahnya sunset di laut selatan.




foto pemandangan bukit parang endog 
pemandangan saat siang hari. foto : dedesunarya






Di puncak bukit terdapat sebuah batu datar yang biasa digunakan untuk landasan paralayang, batu tersebut biasa disebut dengan nama watu meja karena bentuknya yang datar seperti meja, selain melihat sunset, disini kita juga bisa melihat sunrise lho, namun memang yang terkenal disini adalah sunsetnya.

Bukit ini berada tepat sebelum pantai Parang Endog jadi kamu jangan sampai terlewat ya, jalan menuju ke bukit juga cukup menanjak, untuk sampai di puncak bukit kita harus melewati beberapa anak tangga, jika kamu tidak terbiasa mendaki mungkin akan sedikit capek.

Akses menuju lokasi juga cukup mudah karena masih dalam kawasan wisata pantai Parangtritis, untuk menikmati keindahan dari puncak bukit Parang Endog kita tidak perlu membayar mahal, cukup membayar retribusi masuk di gerbang pantai Parangtrtitis saja, dan membayar uang parkir kita sudah bisa menikmati keindahan bukit Parang Endog dengan puas.





Foto kiriman Novan Yuda Entiadi (@iinoks) pada






Tips Saat Berlibur Ke Bukit Parang Endog :


  • waktu terbaik adalah saat sore hari, yaitu mulai sekitar jam 4 sore hingga sunset tiba.
  • jangan lupa persiapkan kamera terbaik kamu ya, dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • persiapkan fisik kamu terlebih dahulu, karena bagi kamu yang belum terbiasa mendaki mungkin akan sedikit menguras tenaga.





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 30 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Parangtritis (57 menit)
  • 20 km dari Bantul melalui Jl. Parangtritis (34 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)









Wisata Terdekat Dari Bukit Parang Endog :

Pantai Parang Endog (2 menit)
Goa Cerme (24 menit)
Gua Langse (3 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »