Info dan Tips Lengkap Mendaki Gunung Ungaran

Info dan Tips Lengkap Mendaki Gunung Ungaran

Jawa Tengah memang dikaruniai dengan banyaknya gunung-gunung tinggi, selain gunung dengan ketinggian lebih dari 3000Mdpl, di Jawa Tengah juga terdapat gunung dengan ketinggian dibawah itu, salah satu gunung populer adalah Gunung Prau dengan ketinggian 2565Mdpl.

foto gunung ungaran
pagi di gunung ungaran. foto : @officialbayu

Berbicara mengenai gunung pendek, di Kabupaten Semarang terdapat sebuah gunung dengan ketinggian 2050Mdpl bernama Gunung Ungaran.

Bagi para traveler, kawasan Ungaran, Semarang memang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang keren, seperti Candi Gedong Songo, Curug Lawe dan Umbul Sidomukti.

Wisata-wisata tersebut terletak di lereng Gunung Ungaran yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Semarang.

Walaupun begitu ternyara Gunung Ungaran tak sepopuler gunung pendek lainnya lho, seperti Gunung Prau dan Andong misalnya.

Sayang sekali memang, padahal Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung yang sangat cocok untuk pemula sebelum mendaki di gunung yang lebih tinggi seperti Gunung Rinjani.

Nah, buat kamu yang ingin mendaki di Gunung Ungaran, dibawah ini Brobali sudah memberikan info dan tips saat pendakian di Gunung Ungaran, yuk kita simak.





Gunung Ungaran memiliki 3 jalur pendakian, yaitu melalui Gedong Songo, Pasar Jimbaran (Basecamp Mawar) dan Promasan, dari ketiga jalur tersebut, pendakian melalui Basecamp Mawar merupakan yang paling populer, selain itu Basecamp Mawar dan Promasan merupakan jalur resmi, sedangkan Gedong Songo bukanlah jalur resmi.



foto jalur pendakian gunung ungaran
jalur menuju puncak. foto : http://www.ardiyanta.com/



Pendakian Gunung Ungaran via Basecamp Mawar (Pasar Jimbaran)

Untuk menuju ke Basecamp Mawar, dari pusat kota Semarang kita hanya perlu menuju ke Ungaran, ikuti jalan hingga sampai di Pom Bensin Lemah Abang di kiri jalan, nanti beberapa meter kedepan terdapat gapura bertuliskan Kawasan Wisata Candi Gedong Songo di kanan jalan.

Silahkan masuk ke gang tersebut dan ikuti jalan hingga sampai di Pasar Jimbaran, tepat didepan Pasar Jimbaran terdapat gang di kanan jalan dengan gapura bertuliskan "Wisata Umbul Sidomukti", ikuti gang tersebut hingga kamu sampai di Basecamp Mawar dengan melewati Umbul Sidomukti.


Estimasi Pendakian Gunung Ungaran via Basecamp Mawar

  • Pasar Jimbaran – Basecamp Mawar (30 menit)
  • Basecamp – Pos Pronojiwo (40 menit)
  • Pos Pronojiwo – Kolam Renang Pos 3 (15 menit)
  • Kolam Renang – Kebun Teh (15 menit)
  • Kebun Teh – Puncak Ungaran (2 jam 20 menit)
  • Total : kurang lebih 4 Jam (tergantung kecepatan dalam berjalan)

NOTE :
Mulai sekarang, jalur pendakian tidak lagi melewati kebun teh, jalur dialihkan sebelum kebun teh karena sekarang kebun teh sudah menjadi tempat wisata dan memiliki tiket masuk sendiri.

Jika kamu tetap ngeyel ingin lewat kebun teh, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar kurang lebih Rp. 2.000/orang


Info Jalur Basecamp Mawar :
  • Terdapat sumber air di antara jalur Pos Pronojiwo
  • Jalur didominasi oleh hutan sepanjang perjalanan hingga Kebun Kopi.
  • Untuk menuju Basecamp Mawar bagi yang menggunakan kendaraan pribadi diharap memeriksa kendaraannya terlebih dahulu karena jalan menuju Basecamp sangat menanjak, sedangkan bagi yang ingin jalan kaki-pun akan cukup menguras tenaga.




Pendakian Gunung Ungaran via Promasan atau Medini

Untuk menuju ke lokasi Basecamp, dari Kota Semarang bisa dengan bus kecil jurusan Boja turun di pertigaan yang menuju Gonoharjo dan Kendal.

Lalu melanjutkan perjalanan dengan angkutan pedesaan sampai ke desa Gonoharjo. Diteruskan dengan jalan kaki atau ojek sampai di bumi perkemahannya, sesampainya di Medini kita masih melanjutkan perjalanan menuju ke Promasan hingga Kebun Tehnya.




Pendakian Gunung Ungaran via Gedong Songo

Rute menuju ke Gedong Songo cukup mudah, sama halnya dengan cara menuju ke Basecamp Mawar diatas, sesampainya kamu di Pom Bensin Lemah Abang, kuti saja jalan tersebut hingga sampai di POM Bensin Palbapang (POM bensin kedua yang kita lewati).

Di depan POM Bensin terdapat pertigaan, silahkan belok kanan dan ikuti jalan hingga sampai di pintu masuk objek wisata Gedong Songo.

#Dari Arah Kendal, Pekalongan dan Sekitarnya
Atau bagi kalian yang berdomisili di Kendal, Pekalongan dan Jakarta bisa melalui jalan Pertigaan Kaliwungu Kendal – Sumowono – Pertigaan lampu merah Boja Kendal pilih jalur kiri – Perempatan sebelum jembatan ambil kanan menuju Sumowono – Pasar Sumowono ada pertigaan lurus saja hingga POM Bensin Palbapang ikuti petunjuk seperti diatas tadi.

Nah, mengenai jalur pendakian Promasan tadi, sebenarnya jalur ini sama dengan jalur Basecamp Mawar, kedua jalur tersebut akan bertemu di Kebun Teh.

Sedangkan untuk jalur Gedong Songo, jalur tersebut bukanlah jalur resmi, jalur ini biasa dilalui oleh para pencari kayu, jadi bagi kamu yang ingin mendaki melalui jalur Gedong Songo silahkan dipikir matang-matang dulu ya.

Karakteristik jalur pendakian Gunung Ungaran terbilang gabungan antara jalur esktrim dan datar, selama perjalanan dari Basecamp Mawar hingga Pos 2 kita akan menemukan banyak sekali jalur datar, dan hanya terdapat jalur menanjak dibeberapa tempat saja.

Pendakian sebenarnya akan dimulai pada jalur diatas Kebun Teh, jalur akan mulai menanjak dengan melewati hutan, setelah melewati hutan kita tidak akan menemukan rimbunnya pepohonan lagi, melainkan bebatuan besar yang akan membuat tangan dan kaki bekerja lebih keras.

baca juga : 
daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Semarang

foto gunung ungaran kabupaten semarang
keren ya. foto : @wisatasemarang

Untuk mendirikan tenda, terdapat banyak tempat, mulai dari puncak bayangan, dibawah puncak utama dan dibelakang puncak, biasanya para pendaki mendirikan tenda di belakang puncak karena terdapat banyak pepohonan yang melindungi tenda dari terpaan angin.

baca juga :
perturan tak tertulis yang harus ditaati oleh pendaki gunung
daftar nomor kontak basecamp gunung-gunung di Indonesia

Nah, itulah info mengenai pendakian Gunung Ungaran, Gunung di Kabupaten Semarang yang sangat cocok untuk pendaki pemula, jadi kapan kamu mendaki di Gunung Ungaran?


...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments