Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna Unik Di Puncak Gunung


Flores, sebuah pulau yang masih termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyimpan banyak sekali objek wisata menarik, salah satu tempat wisata yang sangat populer hingga seluruh dunia di Flores adalah danau Kelimutu yang memiliki pemandangan sangat indah.




foto sunrise di danau kelimutu flores 
sunrise di danau kelimutu. foto : rubenkristianto






Danau Kelimutu merupakan danau yang terdapat di puncak gunung Kelimutu, di puncak gunung ini terdapat 3 buah danau, dimana danau-danau tersebut bisa berubah warna, lokasi ini juga sering disebut dengan nama Danau Tiga Warna.

Gunung Kelimutu memiliki ketinggian sekitar 1.631 Mdpl, danau kelimutu sendiri berada di puncak gunung tersebut, nama Kelimutu merupakan gabungan kata dari bahasa Flores, “keli” yang berarti “gunung” dan “mutu” yang berarti “mendidih”.




Apa Yang Menarik Di Kelimutu ?




foto danau tiga warna kelimutu 
wow! warnanya beda. foto : ganitafuri




Sebenarnya, danau Kelimutu terkenal di kalangan masyarakat Flores sebagai tempat yang angker, mereka percaya jika tempat tersebut merupakan tempat bersemayamnya arwah orang yang sudah mati, tak hanya itu, nama dari ketiga danau tersebut dalam bahasa Flores juga cukup menyeramkan.

Contohnya saja danau yang paling jauh (sebelah barat) memiliki nama “Tiwu Ata Mbupu” yang berarti “danau jiwa-jiwa orang tua yang meninggal”, danau yang berada di tengah bernama “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” berarti “danau jiwa muda yang meninggal” sedangkan danau sebelah timur (terdekat) bernama “Tiwu Ata Polo” yang berarti “danau untuk jiwa yang semasa hidupnya melakukan kejahatan”.

Namun dibalik cerita seramnya, danau Kelimutu memiliki pemandangan yang sangat mempesona, walaupun letaknya yang berdekatan, namun warna air di ketiga danau tersebut berbeda, beberapa warna yang sering muncul adalah warna merah, coklat, hijau tosca, putih, hitam dan biru.




foto pemandangan danau kelimutu flores 
pemandangan dari ketinggian. foto : oyan_floreskomodo






Ketiga danau tersebut dipisahkan oleh tebing curam yang mudah longsor, karena itu kita hanya boleh sampai dibatas teraman, danau Kelimutu ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, merupakan salah satu Taman Nasional terkecil diantara Taman Nasional lainnya di daerah Bali dan kepulauan Nusa Tenggara.



Sejarah Tentang Danau Kelimutu

Danau Kelimutu pertama kali ditemukan oleh Van Such Telen, seorang berkewarganegaraan Belanda pada tahun 1915, saat itu ia mengatakan kepada masyarakat Flores jika di puncak gunung Kelimutu terdapat 3 buah danau dengan warna berbeda, yaitu merah, putih, dan biru.


Awalnya warga tidak percaya karena warna yang disebutkan sama dengan warna bendera Belanda, hingga akhirnya warga membuktikannya sendiri dengan naik ke puncak gunung, danau ini semakin populer setelah diabadikan di sebuah lukisan karya Y.Bouman pada tahun 1929, dan pada saat itu mulai banyak orang yang penasaran hingga akhirnya dibuatlah Taman Nasional Kelimutu.

Akses menuju ke lokasi bisa dibilang cukup mudah, dari ibukota provinsi NTT, yaitu Kupang kita bisa naik pesawat menuju ke Kabupaten Ende di pulau Flores, perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum menuju ke desa terdekat, salah satunya desa woloara.




foto tangga menuju danau kelimutu 
tangga menuju danau. foto : christo.isamia






Tips Saat Berlibur Ke Danau Kelimutu :


  • kamu bisa mulai mendaki saat fajar, sekitar jam 3 pagi agar bisa melihat indahnya sunrise di puncak gunung kelimutu, tenang, sudah terdapat banyak penginapan di desa terdekat, jadi kita tidak perlu kawatir.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan jangan melakukan vandalisme.
  • jangan mencoba untuk mendekat ke bibir danau, karena tanah dan batunya mudah longsor, cukup di batas aman saja.
  • perjalanan dari Kupang menuju ke lokasi gunung cukup lama, jadi siapkan stamina kalian.




Lokasi :


  • Alamat ; Desa Woloara, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Provinsi NTT
  • 106 dari Maumere melalui Jl. Moni – Kelimutu (3 jam 1 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Danau Kelimutu :


Taman Nasional Kelimutu










Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »