Sumber Sirah, Spot Snorkeling Air Tawar Seru Di Malang


Malang memang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik dan keren yang sudah populer di indonesia, tapi apa kamu tahu tentang wisata satu ini? namanya Sumber Sirah, merupakan sebuah danau yang terletak di malang selatan.



foto sumber sirah malang 
pemandangan ganggang di dasar danau. foto : putrairianto







Sumber Sirah memiliki pemandangan bawah air yang sangat indah, bila kita snorkeling di pantai bisa melihat pemandangan ikan laut dan terumbu karang yang cantik, maka di Sumber Sirah kita bisa melihat tanaman air tawar dan ikan tawar yang berenang kesana kemari.


Daya tarik dari Sumber Sirah sendiri adalah selain airnya yang jernih, pemandangan didalamnya juga sangat mempesona, yaitu tanaman rerumputan ganggang air tawar sejenis Hydrilla yang tumbuh subur, bahkan saking jenrihnya air di danau ini kita bisa melihat tanaman tersebut dari atas.

Sumber Sirah memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter, kejernihan dan keindahannya tak kalah dengan umbul ponggok yang ada di klaten, hanya saja Sumber Sirah berada di alam terbuka, berbeda dengan Umbul Ponggok ataupun Umbul Manten yang berada di kolam.






foto snorkeling di sumber sirah 

snorkeling di sumber sirah. foto : fachrulaan





Kita harus akui, lagi-lagi sosial media berperan besar bagi wisata indonesia, salah satunya Sumber Sirah, setalah foto-foto kerennya tersebar luas di instagram dan facebook, tempat ini menjadi sangat populer dan banyak didatangi pengunjung.


Suasana disekitar Sumber Sirah masih sangat alami, dengan ditumbuhi banyak pepohonan rindang menjadikan pemandangan kian asri dan menarik, lokasi ini sangat cocok untuk bersantai menikmati keindahan alam.

Selain menikmati pemandangan alam sekitar, kita juga bisa berenang, namun kamu harus hati hati jangan sampai tanaman dibawah air rusak karena gerakan kita yang terlalu berlebihan, sangat lebih baik jika kita berenang menggunakan ban saja, kita bisa menyewa ban dengan harga sekitar Rp. 5.000.

Berhubung tempat ini awalnya bukan sebuah tempat wisata, jadi fasilitas disini juga tidak terlalu lengkap, ditambah lagi tidak adanya tranpsortasi umum menuju ke lokasi, jadi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di tempat Sumber Sirah.





foto pemandangan sumber sirah malang 
pemandangan sumber sirah dari atas. foto : damasarya





Tips Saat Berlibur Ke Sumber Sirah :


  • datanglah saat pagi atau sore hari untuk merasakan suasana lebih nyaman karena sinar matahari tidak terlalu terik.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum menuju ke lokasi.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak tanaman yang ada di dasar danau, sebagai traveler cerdas kita juga harus menjaga kelestarian alam.
  • jangan lupa membawa kamera dengan case anti air ya, agar kita bisa puas berfoto di air tanpa perlu takut kamera basah.




Lokasi :


  • Alamat ; Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • 21 km dari pusat Kota Malang melalui Jl. Kolonel Sugiono (41 menit)
  • 8 km dari Stadion Kanjuruan melalui Jl. Pahlawan (16 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)








Wisata Terdekat Dari Sumber Sirah :

Sumber Maron (18 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »