Coban Rondo, Air Terjun Paling Populer di Malang


Kota Malang memang menjadi destinasi favorit di Jawa Timur bagi para wisatawan, bukan tanpa alasan, di Malang terdapat banyak sekali tempat tempat keren dan menarik, salah satunya adalah air terjun Coban Rondo, air terjun Coban Rondo ini tak hanya terkenal di Malang saja, melainkan juga sudah terkenal hingga luar kota.




foto coban rondo malang view air terjun coban rondo malang. foto : timotisetiadi__



Coban merupakan sebutan masyarakat Malang untuk air terjun, Coban Rondo sendiri memiliki tinggi sekitar 84 meter, air terjun Coban Rondo ini berada di ketinggian kurang lebih 1.135 Mdpl, dan terletak di lereng gunung Kawi, menjadikan udara di kawasan wisata tersebut cukup sejuk.


Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang termasuk dalam beberapa air terjun lainnya di kawasan tersebut, contohnya saja tepat diatas Coban Rondo terdapat sebuah air terjun bernama Coban Dudo, dan diatas Coban Dudo masih terdapat air terjun lagi bernama Coban Manten, namun dari ketiga air terjun tersebut, Coban Rondo merupakan yang paling terkenal, karena selain debit airnya yang cukup besar, akses menuju air terjun Coban Rondo juga paling mudah.



Legenda Coban Rondo Malang



foto coban rondo waterfall


pemandangannya terlihat menyegarkan ya. foto : burhanuddinlatif




Dahulu kala terdapat sepasang suami istri bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan suaminya bernama Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro, Saat pernikahannya baru mencapai 36 hari (selapan), Dewi Anjarwati mengajak suaminya pergi ke Gunung Anjasmoro tempat Raden Baron Kusuma berasal.


Walaupun sudah dilarang oleh orang tuanya, namun Dewi Anjarwati tetap bersikeras ingin pergi kesana, akhirnya mereka bersama Punokawan pergi menuju Gunung Anjasmoro, namun saat berada di tengah perjalanan mereka dikejutkan dengan kedatangan Joko Lelono yang entah berasal darimana.

Joko Lelono terpesona dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berniat ingin merebutnya, hingga akhirnya Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma berkelahi, Raden Baron Kusuma berpesan kepada Punokawan untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di sebuah tempat yang terdapat air terjunnya (coban).

Namun sayang, perkelahian tersebut memakan nyawa kedua lelaki tadi, dibawah air terjun (yang sekarang diebut Coban Rondo) Dewi Anjarwati menunggu suaminya yang tak akan pernah datang, karena suaminya sudah meninggal Dewi Anjarwati menjadi seorang janda (Rondo) dan akhirnya tempat ini dinamakan Coban Rondo (air terjun janda).




foto jalan menuju coban rondo malang 
coban rondo dari dekat. foto : www.agentwisatabromo.com




Rute Menuju Wisata Coban Rondo Malang

Dibalik mitos dan sejarahnya, air terjun Coban Rondo Malang ini menyimpan keindahan alam yang sangat keren lho, ditambah lagi akses menuju lokasi juga sangat mudah, bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti rute dibawah ini.


Apabila kamu menuju Batu - Pujon, Malang, setelah melewati tanjakan yang landai dan jalanan yang berkelok-kelok, kamu akan sampai di puncak bukit. nah, disitu terdapat sebuah papan nama yang berukuran besar bertuliskan arah lokasi Coban Rondo, kamu bisa mengikuti petunjuk tersebut.

Dan apabila kamu menggunakan transportasi umum, dari Surabaya kamu bisa menggunakan bus jurusan Surabaya – Malang, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Bemo dari Terminal Arjosari, Malang, dengan jurusan Landungsari, lalu sesampainya di Landungsari kamu bisa naik bus tujuan Kediri yang melewati Pujon, kamu bisa turun di patung sapi yang merupakan gerbang masuk Coban Rondo.

Sebagai tempat wisata yang sudah populer, fasilitas disini bisa dibilang cukup memadai, dan tentunya bagi kamu yang ingin menginap, sudah terdapat banyak penginapan yang ada di dekat kawasan Coban Rondo, tinggal pilih saja.


Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, sudah terdapat banyak penginapan dengan konsep hotel maupun villa disekitar kawasan wisata air terjun Coban Rondo ini, tinggal pilih saja sesuka hatimu.






Foto kiriman Ida13 Mamiko12🇲🇾 (@idamamiko) pada






Tips Saat Berlibur Ke Coban Rondo :

  • datanglah saat pagi hari karena udara masih segar dan belum ramai oleh pengunjung.
  • waktu terbaik adalah saat hari biasa, karena saat weekend biasanya akan ramai oleh wisatawan yang berlibur.
  • jangan buang sampah sembarangan dan taati aturan ya.
  • lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena jalurnya yang naik turun khas pegunungan.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • 28 km dari pusat kota Malang melalui Jl. Raya Ir. Soekarno (1 jam 17 menit)
  • 13 km dari kota Batu melalui Jl. Trunojoyo (36 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Wisata Terdekat Dari Coban Rondo :

Taman Labirin (masih satu kawasan)
Jatim Park 1 dan 2 (36 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »