Pantai Balekambang, Pantai Indah Paling Populer di Malang


Malang adalah salah satu kota di jawa timur yang memiliki banyak sekali tempat wisata keren, mulai dari wisata sejarah, taman hingga pantai.

foto pemandangan indah pantai balekambang malang 
bersih banget ya pantainya. foto : dewi.lolita

Kita tahu jika di Malang terdapat banyak sekali pantai-pantai dengan pemandangan cantik, mulai dari Pantai Batu Bengkung yang kurang populer namun menawarkan pemandangan indah hingga Pantai Balekambang yang sudah sangat populer dan menjadi ikon wisata di Malang.


Apa yang Menarik di Pantai Balekambang Malang ?

Pantai Balekambang adalah pantai paling populer di Malang, bukan tanpa alasan kenapa pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang. Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, Pantai Balekambang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang memanjakan wisatawan.

foto pura di pulau ismoyo pantai balekambang
pura luhur amertha jati. foto : ekkyriski

Karakteristik dari Pantai Balekambang adalah hamparan pasir putihnya yang nampak keren, selain itu air laut di pantai ini juga cukup biru sehingga terlihat bersih. Bukan cuma itu saja, di Pantai Balekambang terdapat sebuah pulau karang juga lho.

Pulau Karang di Pantai Balekambang terletak menjorok beberapa meter kelaut, tepat diatas Pulau karang tersebut terdapat sebuah Pura yang digunakan masyarakat setempat untuk bersembahyang, antara Pulau karang dengan pinggir pantai dihubungkan dengan sebuah jembatan.

Pemandangan tersebut mengingatkan kita dengan Pantai Kukup di Jogja yang sama-sama memiliki Pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan, tapi dengan keberadaan Pura diatas Pulau karang tersebut menjadikan pemandangan layaknya di Tanah Lot, Bali

Pulau tersebut bernama Pulau Ismoyo, sedangkan Pura yang ada diatasnya bernama Pura Luhur Amertha Jati, berbeda dengan Tanah Lot apabila laut sedang pasang maka kita tidak bisa mendekat ke Pulaunya, di Pantai Balekambang ini kita tetap bisa menuju ke Pulau karang karena terdapatnya jembatan tadi.

Selain menikmati pemandangan alam di Pantai Balekambang, ada berbagai aktivitas seru lainnya yang dapat kita lakukan di objek wisata ini, salah satunya adalah bermain flying fox dan ATV. untuk flying fox sendiri buka saat weekend.

Jika kamu datang di pagi atau siang hari kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain ATV sambil menunggu senja tiba, karena Pantai Balekambang adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya sunset di Malang, jadi kamu tidak boleh melewatkannya ya.

Selain itu di kawasan Pantai Balekambang juga disediakan camping ground bagi kamu yang ingin berkemah di pinggir pantai bersama teman.

baca juga : Pantai Banyu Meneng, Pantai cantik tersembunyi di Malang selatan

foto indahnya sunset di pantai balekambang 
indahnya matahari terbenam di pantai balekambang. foto : priscilamarcel

Fasilitas :

  • ATV
  • Flying Fox
  • Toilet
  • Camping Ground
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Toko Souvenir
  • Warung Makan
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang Malang :
Rp. 15.000/orang
Flying Fox : Rp. 20.000


Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak penginapan di sekitar Pantai Balekambang, atau kamu juga bisa berkemah di pinggir pantai karena sudah disediakan camping ground untuk pengunjung.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur.
  • 64 km dari pusat kota Malang melalui Jl. Mayor Jendral Sungkono (1 jam 52 menit)
  • 61 km dari stasiun Malang melalui Jl. Mayor Jendral Sungkono (1 jam 45 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Rute Menuju Pantai Balekambang Malang

Akses menuju Pantai Balekambang sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti rute dibawah ini :
Kendaraan Umum : Terminal Arjosari Malang - Angkutan kota jurusan Terminal Gadang dan turun di Terminal Gadang - Angkutan jurusan Bantur yang akan melalui Kecamatan Gondanglegi dan Pagelaran, turun di Bantur - Dari Bantur untuk menuju ke Pantai Balekambang kamu bisa menggunakan ojek.

Kendaraan Pribadi : Terdapat dua jalur yang bisa kita pilih, diantaranya ;
Malang – Kepanjen.
Dengan melewati Gondanglegi - Pagelaran - Bantur - Sri Gonco - Pantai Balekambang.

Malang – Bululawang.
Dengan melewati Gadang - Kendalpayak - Gondanglegi - Pagelaran - Bantur - Sri Gonco - Pantai Balekambang.


Tips Saat Berlibur Ke Pantai Balekambang :

  • Bisa diakses menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi, tapi lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Balekambang adalah di hari biasa tepatnya di sore hari dan saat musim kemarau, sebab ketika weekend atau hari libur akan cukup ramai oleh wisatawan.
  • Cocok dikunjungi bagi pecinta fotografi dan yang ingin berkemah di pantai.







Wisata Terdekat Dari Pantai Balekambang :

Pantai Sendang Biru (57 menit)
Salah satu pantai yang cukup terkenal di Malang karena memiliki pemandangan indah.

Pantai Tiga Warna (58 menit)
Selain Pantai Balekambang, Pantai 3 Warna adalah salah satu pantai paling populer di Malang, sesuai namanya, pantai tersebut memiliki 3 warna berbeda yang dapat kita lihat dalam satu tempat.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »