Telaga Warna Puncak Bogor, Telaga Warna Versi Jawa Barat


Apa yang kamu pikirkan jika mendengar nama Telaga Warna ? pasti yang terpikirkan di kepalamu adalah Telaga Warna di dataran tinggi Dieng kan, namun jangan salah, ternyata tidak hanya di Dieng saja yang memiliki Telaga Warna.






foto telaga warna puncak bogor
suasananya kelihatan tenang ya. foto : rezhadochi







Siapa sangka di Bogor ternyata juga terdapat Telaga Warna dimana air telaga tersebut bisa berubah-ubah warna, namun di kawasan ini hanya ada satu Telaga saja, tidak seperti di Dieng yang terdapat dua Telaga.

baca juga : yuk melihat golden sunrise gunung prau

Kawasan Telaga Warna Puncak Bogor ini dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam, objek wisata satu ini menjadi destinasi favorit saat weekend dan hari libur karena sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Lokasi Telaga Warna berada di ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan laut, menjadikan udara dan suasana di kawasan ini cukup sejuk, ternyata yang tertarik bekunjung kesini tidak hanya wisatawan lokal saja lho, wisatawan asing juga tertarik untuk melihat keindahan Telaga Warna.

Perubahan warna di Telaga ini tidak pasti karena yang menyebabkan berubahnya warna air adalah pantulan sinar matahari, jadi bukan karena kandungan belerang didalam danau layaknya Telaga Warna di Dieng.

Pemandangan di danau kecil ini cukup membuat mata kita segar karena disekitar danau dikelilingi oleh pepohonan rindang, sejauh mata memandang kita akan melihat warna hijau dari pepohonan dan rerumputan, walaupun Telaga Warna tidak terlalu luas namun cukup menarik banyak orang untuk datang kesini.






foto telaga warna
keren gak ? foto : atikaa.am








Ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan disini, selain bersantai di pinggir danau kita juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu atau sepeda air yang sudah disediakan, tak hanya itu, bagi kamu yang menyukai kegiatan menyatu dengan alam, kamu bisa mencoba treking disini, di kawasan Telaga Warna terdapat trek lintas alam lengkap dengan shelter-shelter dan information center.

Selain itu juga terdapat tempat untuk outbond, dimana terdapat beberapa permainan seru yang bisa kita coba, salah satunya adalah Flying Fox, bermain dan bersantai merupakan kegiatan menyenangkan disini, ditambah lagi kawasan Telaga Warna juga dihuni oleh beberapa jenis hewan seperti lutung, surli dan kera abu-abu.

baca juga : daftar danau indah di gunung indonesia






Sejarah Telaga Warna

Menurut cerita dahulu tempat tersebut adalah sebuah Kerajaan bernama Kutatanggeuhan dan di pimpin oleh sorang Raja bernama Prabu Suarnalaya dengan istrinya bernama Purbamanah, sang Raja menginginkan seorang anak namun sang istri tak kunjung hamil, lalu Raja memutuskan untuk bertapa dan memohon kepada Tuhan agar diberikan karunia seorang anak.

Setelah sekian lama bertapa, akhirnya sang istri hamil dan mereka beruda dikaruniai seorang anak perempuan, setelah sang anak dewasa, Raja memberikan sebuah hadiah berupa kalung namun sang anak tidak mau menerimanya yang membuat ibunya menangis, dan tiba-tiba bagian pendopo kerajaan mengeluarkan air yang sangat deras hingga menenggelamkan seluruh kerajaan.

Sebagai tempat wisata populer, Telaga Warna didukung dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti terdapatnya warung, toilet umum, tempat parkir hingga toko souvenir, dan bagi kamu yang ingin menginap sudah terdapat banyak penginapan disekitar tempat wisata yang bisa kamu pilih.

baca juga : situ gunung, walaupun danau buatan namun keindahan alamnya tak dibuat buat









foto telaga warna puncak bogor
berkabut euy. foto : suchairiyah











Rute Menuju Telaga Warna

Untuk menuju lokasi bisa dibilang sangat mudah, bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui Tol Ciawi menuju kearah puncak Bogor, kamu akan melewati perkebunan teh ikuti saja jalan tersebut hingga kamu sampai di Masjid Atta’awun, setelah melewati Masjid kira-kira 2 km kamu akan melihat papan petunjuk Telaga Warna disebelah kiri.

baca juga : situ biru cilembang, labuan cermin versi sumedang?







A photo posted by N I N D Y (@nindy.puspita) on









Tips Saat Berlibur Ke Telaga Warna Puncak Bogor :


  • Datanglah saat pagi hari agar kamu bisa lebih puas karena belum terlalu banyak pengunjung, atau datanglah menjelang tutup sekitar jam 3-4 sore, selain itu udara juga masih terasa segar jika kamu datang di pagi hari.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya, salah satunya adalah tidak berenang di danau.
  • Jaga baik baik barang bawaan kamu karen masih terdapat monyet-monyet liar.
  • Harga tiket cukup murah karena tidak lebih dari Rp. 10.000 saat weekend, jika hari biasa lebih murah lagi.
  • Waktu terbaik adalah setelah musim penghujan.
  • bagi yang tidak tahan udara dingin, jangan lupa membawa baju hangat ya.







Lokasi :


  • Alamat ; Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • 30 km dari pusat Kota Bogor melalui Jl. Raya Ciawi – Cianjur (1 jam 18 menit)
  • 15 km dari Cibodas melalui Jl. Labuan – Cianjur (36 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Lihat peta cara menuju ke telaga warna puncak






Wisata Terdekat Dari Telaga Warna :

Kebun Raya Cibodas (33 menit)
Curug 7 Cilember (29 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »