Situ Gunung, Danau Buatan Namun Keindahannya Tak Dibuat Buat


Sukabumi memang tak sepopuler Bandung sebagai kota wisata, namun di Sukabumi terdapat sebuah objek wisata yang cukup populer dan layak untuk kita kunjungi, yaitu danau Situ Gunung, danau Situ Gunung terletak di lereng gunng Gede Pangrango.






foto situ gunung di pagi hari 
suasana di pagi hari. foto : darojatfc





Objek wisata ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, terletak di ketinggian sekitar 850 Mdpl menjadikan udara disini cukup segar dan sejuk, ditambah lagi pemandangan alam di kawasan danau juga cukup indah.
 
baca juga : Curug Cikaso, air terjun keren di Sukabumi

Danau Situ Gunung dikelilingi oleh pepohonan yang cukup rimbun sangat cocok untuk bersantai, sejanak menghilang dari keramaian kota, Situ Gunung juga menjadi destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga saat weekend, jadi jangan heran bila objek wisata ini ramai pengunjung saat hari libur dan weekend, apalagi harga tiketnya tak lebih dari Rp. 15.000.

Selain bersantai di pinggir danau, kita juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu lho, sudah terdapat tempat penyewaan perahu yang bisa kita gunakan untuk menjelajah danau, namun perlu diingat, air danau Situ Gunung tidak terlalu jernih, hal ini mungkin karena danau ini adalah danau buatan, bukan danau alami.





foto camping ground di situ gunung 
area camping ground. foto : widjajasurya





Fasilitas di Situ Gunung juga cukup lengkap, selain bersantai dan berkeliling menggunakan perahu, di kawasan Situ Gunung juga terdapat tempat outbond, jadi bagi kamu yang menyukai kegiatan seru, cobalah outbond di Situ Gunung bersama teman atau keluarga.

baca juga : daftar tempat wisata keren yang ada di Sukabumi

Tak hanya itu, di kawasan Situ Gunung juga terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di area ini, bisa dengan membawa peralatan sendiri atau dengan menyewa tenda yang sudah disediakan, namun tentunya harga sewa akan jauh lebih mahal daripada kamu membawa peralatan sendiri.

Atau kamu ingin bermalam di penginapan ? di kawasan Situ Gunung sudah terdapat Villa dan losmen yang bisa kita sewa, namun kamu harus merogoh dompet sedikit lebih dalam karena harganya cukup mahal, tapi sepadan dengan fasilitas yang akan kamu dapatkan kok.

Jika kamu kira di objek wisata ini hanya ada danau saja, kamu salah, di dekat kawasan Situ Gunung juga terdapat air terjun keren lho, air terjun tersebut bernama Curug Sawer, sebenarnya di area tersebut terdapat dua air terjun, salah satunya adalah Curug Cimanaracum, namun wisatawan lebih sering mengunjungi Curug Sawer saja.





foto curug sawer di situ gunung 
curug sawer di situ gunung. foto : hilmimawaddi







Untuk sampai ke Curug Sawer sendiri kita harus berjalan kaki cukup jauh, mungkin beberapa orang tidak menyukainya, tapi bagi kamu yang memang memiliki jiwa petualang pastinya tertantang untuk berkunjung ke Curug Sawer.

Akses menuju Situ Gunung bisa bilang cukup mudah karena jalannya yang halus walupun ada beberapa bagian yang rusak, ditambah lagi sudah banyak petunjuk arah ke Situ Gunung, jadi kamu tidak perlu kawatir tersesat, tapi jalan yang akan kita lewati adalah jalanan menanjak, jadi persiapkan kendaraanmu dengan baik ya.











Rute Menuju Situ Gunung

Untuk sampai di tempat tujuan, ada dua cara, yaitu menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum, bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa mengikuti rute Jakarta – Bogor – Sukabumi, atau Bandung – Cianjur – Sukabumi.

Nah, bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik kereta dari Bogor, sudah terdapat kereta api yang berangkat dari Bogor menuju ke Sukabumi, namanya KA Pangrango, kamu harus turun di Stasiun Cisaat Sukabumi lalu melanjutkan perjalanan menuju Situ Gunung menggunakan angkutan umum.












Tips Saat Berlibur Ke Situ Gunung :

  • Datanglah saat pagi hari karena udara masih cukup segar dan sinar matahari tidak terlalu terik, selain itu belum banyak pengunjung yang datang, jadi kamu bisa puas berkeliling.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor agar kamu terhindar dari macet, namun sebelum itu persiapkan motor kamu dengan baik karena jalur yang akan dilewati merupakan jalur naik turun dan berkelok-kelok.
  • Apabila kamu ingin camping, disarankan untuk membawa perbekalan logistic sendiri, karena tidak ada tempat penjual makanan dan peralatan camping disini.







Lokasi :

  • Alamat ; Sukamanis, Kecamatan Kadu Dampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • 18 km dari pusat kota Sukabumi melalui Jl. Mancagar (52 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Situ Gunung :

Tanakita Camping Ground (37 menit)
Gunung Gede - Pangrango



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »