Top 19 Tempat Wisata Keren di Sukabumi


Provinsi Jawa Barat memang memiliki banyak sekali tempat wisata keren yang tersebar di kota kota seperti Bandung, namun tentunya jika kamu sudah pernah atau sering sekali berlibur ke Bandung pasti akan bosan dengan tempat wisatanya.

Nah, selain di Bandung, salah satu kota di Jawa Barat ini juga memiliki banyak sekali objek wisata keren, terutama wisata alam, yaitu di kota Sukabumi, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata keren yang ada di Sukabumi, yuk kita simak.





Pantai Ujung Genteng



foto sunset di pantai ujung genteng sukabumi 
sunset di pantai ujung genteng. foto : sarah.ysp




Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai paling terkenal dan terbaik di Sukabumi, pantai Ujung Genteng terletak di kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, untuk sampai di lokasi ini kita harus menempuh jarak sekitar 120 km dari pusat kota Sukabumi.

Walaupun letaknya cukup jauh dari pusat kota, namun pantai Ujung Genteng selalu menjadi magnet bagi wisatawan yang berlibur ke Sukabumi, pantai ini terkenal dengan julukan “ombak tujuh” karena ombak disini cukup bagus untuk surfing, tak hanya itu, jika beruntung di pantai ini kita juga bisa melihat penyu langka lho.






Pantai Cibangbang




foto pemandangan pantai cibangbang 
pemandangan pantai cibangbang. foto : fendirev




Pantai Cibangbang hanya berjarak sekitar 10 km dari pelabuhan Ratu, tepatnya terletak di desa Cisolok, kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, berbeda dengan pantai Ujung Genteng, di pantai Cibangbang ombaknya cukup tenang, jadi tidak cocok untuk surfing, namun lebih cocok bagi kamu yang menyukai suasana tenang dan santai.






Pantai Cimaja




foto pantai cimaja sukabumi 
suasana di pantai cimaja. foto : nhenhe07





Pantai Cimaja terletak di desa Cimaja, kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, pantai Cimaja merupakan salah satu dari ke 9 pantai di sekitar pelabuhan Ratu yang menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang hobi surfing, tak hanya wisatawan lokal saja yang mencoba ombak di pantai Cimaja ini melainkan juga wisatawan mancanegara yang penasaran dengan kerennya ombak pantai Cimaja.







Geopark Ciletuh




foto curug cimarinjung geopark ciletuh 
curug cimarinjung di geopark ciletuh. foto : fajarnoorf






Geopark Ciletuh merupakan sebuah taman wisata alam yang memiliki pemandangan sangat keren, saat kamu berkunjung ke Sukabumi, jangan lupa untuk menyambangi Geopark Ciletuh ini, di kawasan Geopark terdapat banyak sekali spot keren seperti air terjun dan tebing.





Curug Cikaso




foto cueug cikaso sukabumi 
pemandangan curug cikaso, keren ya. foto : arizalkyo




Curug Cikaso atau air terjun Cikaso ini merupakan salah satu air terjun yang sangat populer di Sukabumi, aliran air terjun di curug Cikaso sangat deras, jadi pastikan kamu membawa baju ganti saat berlibur kesini untuk berjaga jaga, di Sukabumi sendiri terdapat banyak air terjun lainnya yang tak kalah keren seperti curug Cingangsa dan curug Luhur.

baca selengkapnya : pesona keindahan curug cikaso






Gua Buniayu




foto caving di goa buniayu 
caving di goa buniayu. foto : liburkabur




Bagi kamu yang menyukai wisata alam seru dan memacu adrenalin, maka kamu harus coba datang ke goa Buniayu yang terletak di desa Kerta Angsana, hanya berjarak sekitar 150 km dari Jakarta, wisata gua Buniayu menawarkan wisata alam yang seru, untuk menyusuri gua ini kita memerlukan waktu sekitar 5 jam, jadi persiapkan fisikmu dulu sebelum berniat berpetualang ke gua ini ya.







Situ Gunung




foto sunrise di situ gunung sukabumi 
sunrise di situ gunung. foto : adventureideas





Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata alam yang cocok untuk liburan bersama keluarga, Situ Gunung terletak di kaki gunung Gede Pangrango menjadikan udara disini cukup sejuk dan segar, Situ Gunung adalah sebuah danau yang memiliki pemandangan alam keren di Sukabumi, selain itu terdapat juga camping ground di area tersebut yang bisa kita gunakan untuk camping.



Desa Ciptagelar




foto desa ciptagelar sukabumi 
suasana di desa ciptagelar. foto : richardpapievans






Desa Ciptagelar atau disebut juga dengan nama kampung Kasepuhan Ciptagelar merupakan sebuah kampung adat unik yang terdapat di Sukabumi, Kampung Ciptagelar sendiri terletak di wilayah kampung Sukamulya, desa Sirnaresmi, kecamatan Cisolok, Kampung Ciptagelar memiliki ciri khas dan tradisi yang masih di pegang erat masyarakat desa.







Kawah Ratu




foto kawah ratu sukabumi 
kawah ratu. foto : adi_sapanusantara




Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang terletak di lereng gunung salak, untuk sampai di lokasi kawah, kita harus mendaki dengan waktu sekitar 3 jam, lokasi ini sangat cocok bagi kamu pecinta alam dan pendaki gunung.







Sungai Citarik




foto arung jeram di sungai citarik 
rafting di sungai citarik. foto : mnrohman




Nah, bagi kamu yang menyukai aktivitas memacu adrenalin lainnya, selain menyusuri gua buniayu, di Sukabumi terdapat sungai Citarik yang menawarkan serunya arum jeram, tak hanya itu saja selain arum jeram di kawasan sungai Citarik kita juga bisa bermain flying fox, team building, paint ball dan masih banyak lagi, seru kan ?



Taman Rekreasi Salabintana


foto taman salabintana sukabumi
serasa lihat bidadari ya. foto : qy_mazky


Jika kamu mencari sebuah tempat wisata yang terletak tak jauh dari pusat kota, maka Taman Rekreasi Salabintana bisa menjadi pilihanmu, Taman Rekreasi Salabintana merupakan sebuah taman dengan pemandangan dan suasana yang cukup menyenangkan, tak heran jika Taman Salabintana ini menjadi tempat wisat keluarga favorit di Sukabumi.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di tempat wisata satu ini, mulai dari bersantai, bermain ATV, flying fox hingga berkunjung ke perkebunan teh dan hutan lindung, ditambah lagi harga tiketnya yang murah menjadikan Taman Rekreasi Salabintana selalu ramai oleh pengunjung.


Curug Cibeureum


foto curug cibeureum sukabumi
yuk kesini. foto : adeirmapratiwi



Masih tentang wisata alam, selain Curug Cikaso, di Sukabumi masih terdapat air terjun keren lainnya yang tak boleh kamu lewatkan, salah satunya adalah Curug Cibeureum, air terjun ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Dari gerbang Taman Nasional, kita harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter sebelum sampai di lokasi air terjun, walaupun begitu nyatanya tempat wisata Curug Cibeureum selalu menarik wisatawan untuk datang lho.


Situ Sukarame


foto danau situ sukarame
cocok buat nyepi. foto : wilie.dt


Selain Situ Gunung, di Sukabumi terdapat danau lainnya yang menarik wisatawan, yaitu Situ Sukarame, danau ini menjadi pilihan alternatif bagi pecinta alam yang ingin camping seru di akhir pekan, danau Situ Sukarame dikelilingi oleh pepohonan heterogen yang menjadikan pemandangan kian hijau dan menyegarkan mata, jadi kini kamu punya alternatif lain ketika Situ Gunung mulai ramai oleh pengunjung.


Curug Sawer



foto curug sawer sukabumi
mari basah basahan di curug sawer. foto : hardi_ch


Curug Sawer terletak di kawasan Situ Gunung, jadi jika kamu sudah bosan melihat pemandangan danau saja, kamu bisa berkunjung ke Curug Sawe yang berlokasi di Kecamatan Kudampit, Sukabumi, pemandangan dan suasana di Curug Sawer cukup alami sehingga sangat cocok untuk bersantai.


Wana Wisata Cipelang


foto wana wisata cipelang sukabumi
pemandangannya bro! sis! keren! foto : www.nativeindonesia.com



Wana Wisata Cipelang merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Sukabumi barat, di objek wisata ini kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat menyegarkan mata, dengan adanya hutan seluas 3 hektar menjadikan udara di kawasan wisata ini cukup terjaga, Wana Wisata Cipelang terletak di Desa Gunung Pangrango.


Pondok Halimun



foto pondok halimun sukabumi
kuda besi siap berkeliling pondok. foto : helmifrhn


Tempat wisata Pondok Halimun terletak di Desa Gede Pangrango, hampir sama dengan Wana Wisata Cipelang, Pondok Halimun menawarkan pemandangan keindahan alam Sukabumi yang mempesona, bahkan sepanjang perjalanan menuju lokasi kita akan disuguhkan hijaunya hamparan kebun teh.


Sumber Air Panas Cikundul


foto pemandian air panas cikundul
yuk memanjakan badan. foto : newsmetropol.com


Lelah seharian bekerja, kini saatnya kita memanjakan tubuh dengan berendam di pemandaian air panas Cikundul, sama halnya dengan kebanyakan pemandian air panas, di objek wisata air panas Cikundul juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Kerennya lagi, Pemandian Air Panas Cikundul dikelilingi oleh pepohonan yang menajdikan suasana kian terasa alami, uniknya lagi aliran air di pemandian Cikundul mengalir ke sungai Cimandiri, jadi apabila kita menyentuh air di sungai Cimandiri yang terletak tak jauh dari lokasi pemandian akan terasa hangat.


Situs Purba Megalitik Cengkuk



foto situs megalitik cengkuk
peninggalan zaman megalitik nih. foto : disparbudporakabsukabumi.co.id


Bosan dengan wisata alam, kini saatnya kamu mencoba wisata sejarah, di Sukabumi terdapat sebuah tempat wisata unik yang harus kamu datangi, yaitu Situs Purba Megalitik Cengkuk yang berlokasi di Desa Cengkuk, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Di kawasan Situs Purba ditemukan berbagai macam peninggalan pada zaman dahulu, menurut informasi Desa Cengkuk memang menjadi lokasi peradaban zaman Megalitik yang berlanjut ke zaman logam jadi tak heran jika ditemukan banyak peninggalan di kawasan ini.


Curug Awang



foto curug awang sukabumi
keren banget. foto : eri.eriana


Kembali ke wisata alam, masih tentang air terjun, terdapat air terjun lainnya dengan pemandangan tak kalah indah di Sukabumi, yaitu Curug Awang yang berlokasi di Kecamatan Ciletuh, Curug Awang memiliki pemandangan alam yang mempesona, bahkan tak sedikit paket wisata yang memasukkan Curug Awang kedalam daftar tujuannya lho.

Nah, itulah beberapa tempat wisata keren yang ada di Sukabumi, dari tempat wisata diatas yang sudah disebutkan, mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »