Daftar Tempat Wisata Populer di Setiap Kabupaten di Jogja


Jogja merupakan sebuah Provinsi yang terletak di pulau Jawa, lucunya banyak orang awam terutama kalangan orang tua dan anak-anak tidak menyadari jika Jogja adalah Provinsi, mereka hanya tahu bila di Kota Jogja terdapat banyak tempat wisata keren, jika ditanya orang “kamu berlibur kemana di Jogja kemarin?” mereka akan menjawab “emm... ya ke Jogja, di pinggiran laut sana”.

Nah, agar kamu tidak bingung saat ditanya, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata paling populer disetiap Kabupaten yang ada di provinsi ini, Jogja sendiri memiliki 4 Kabupaten diantaranya Bantul, Sleman, Gunung Kidul dan Kulonprogo, ditambah satu lagi yaitu Kota Yogyakarta, jadi total ada 5 daerah.




Kota Yogyakarta






foto keraton yogyakarta
kelihatan megah. foto : airellluthfimaulana








Di pusat kota Jogja terdapat sebuah wisata yang sudah menjadi ikon Jogja, bukan Tugu Jogja, melainkan Keraton Kesultanan Yogyakarta, komplek keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

Di Keraton Yogyakarta kita bisa berwisata sejarah dengan melihat kerennya bangunan Keraton, objek wisata Keraton Yogyakarta terletak di pusat kota Jogja yang menjadikan lokasi ini selalu ramai oleh pengunjung, ditambah lagi lokasinya juga tak jauh dari Jalan Malioboro lho.

Selain bisa melihat langsung bagaimana para abdi dalem keraton Yogyakarta menyambut para pengunjung dengan busana adat Keraton Jogja, kita juga bisa melihat pagelaran pentas seni yang digelar setiap hari untuk para wisatawan. Dibawah ini adalah jadwal pagelaran seni harian di Keraton Jogja:
Senin dan Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 wib)
Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 wib)
Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 wib)
Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 wib)
Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 wib)
Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 wib)

Lokasi Keraton : Alun Alun Utara Yogyakarta





Bantul






foto pantai parangtritis jogja
waktunya main pasir. foto : betha.jt










Kabupaten pertama yang menjadi destinasi favorit adalah Bantul, di Kabupaten ini terdapat sebuah objek wisata yang juga menjadi ikon wisata di Jogja, yaitu pantai Parangtritis, pantai tersebut terletak berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal dengan deretan pantai indahnya.

Selain terkenal dengan keindahannya Pantai Parangtritis juga terkenal dengan mitos tentang Ratu Pantai Selatan, Pantai Parangtritis memiliki garis pantai yang sangat panjang, objek wisata ini sangat cocok untuk melihat sunset di Jogja, kepopuleran pantai Parangtritis menjadikan tempat wisata tersebut tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai Parangtritis disebut sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti di Yogyakarta bersama Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan Jogja. Pantai Parangtritis mempunyai elemen air, Gunung Merapi mempunyai elemen api, dan Keraton Kesultanan berperan sebagai penyeimbang keduanya. Jika ditarik garis lurus, ketiganya berjajar di satu garis yang sama dari utara ke selatan, keren kan?

Lokasi Pantai Parangtritis : Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

baca juga : pantai Parangtritis, pantai paling populer di Jogja




Gunung Kidul






foto goa pindul jogja
seru nih kayaknya. foto : luthfipratama02










Kabupaten Gunung Kidul terkenal dengan deretan pantai indahnya, di Kabupaten ini terdapat banyak sekali pantai-pantai indah yang memiliki pemandangan dengan ciri khasnya masing-masing, namun dibalik keindahan pantainya, Gunung Kidul juga terdapat sebuah tempat wisata yang sudah sangat populer.

Yaitu Goa Pindul, daya tarik utama di Goa Pindul adalah cave tubing, atau menyusuri goa dengan menggunakan peralatan seperti pelampung, perahu karet atau ban dalam, untuk menyusuri aliran sungai didalam goa kita akan dipandu oleh seorang guide profesional dari desa tersebut.

Sambil merasakan dinginnya air sungai didalam goa, pemandu akan bercerita tentang asal-usul penamaan Goa Pindul. Menurut legenda yang dipercayai masyarakat, nama Goa Pindul tidak bisa dipisahkan dari cerita pengembaraan Joko Singlulung ketika mencari ayahnya. Setelah menjelajahi hutan lebat, gunung, dan sungai, Joko Singlulung pun memasuki goa-goa yang ada di Bejiharjo. Saat masuk ke salah satu goa mendadak Joko Singlulung terbentur batu, sehingga gua tersebut dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata pipi gebendul.

Lokasi Goa Pindul : Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

baca juga : serunya cave tubing di Goa Pindul





Kulon Progo







foto sunset di kalibiru jogja
senja di kalibiru, cantik. foto : salmadaelani










Wisata di Kabupaten Kulon Progo memang masih kalah populer dengan Kabupaten lainnya, namun jangan salah, di Kulon Progo terdapat sebuah tempat wisata alam yang memiliki pemandangan tak kalah indah dengan wisata di Kabupaten lainnya lho.

Kalibiru, merupakan sebuah wisata alam yang menawarkan pemandangan alam Kabupaten Kulon Progo dari ketinggian, spot paling terkenal disini adalah gardu pandangnya, yaitu sebuah papan yang dibangun diatas pohon dengan memperlihatkan pemandangan perbukitan nan indah, menara pandang inilah yang kini menjadi ikon wisata kalibiru.

Salah satu pemandangan yang cukup populer di Kalibiru adalah waduk Sermo, sebuah waduk besar yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, bahkan jika kamu berencana menginap di kawasan ini, saat fajar kamu bisa melihat indahnya sunrise di Kalibiru lho.

Lokasi Kalibiru : Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

baca juga : Kalibiru, wisata alam populer di Kulonprogo 






Sleman







foto candi prambanan jogja
megah banget. foto : bayuwwibowo










Di Kabupaten satu ini pasti kamu sudah tahu tempat wisata apa yang menjadi ikonnya, ya, Candi Prambanan, sebuah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia ini terdapat di Kabupaten Sleman dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten di Jawa Tengah.

Candi prambanan memiliki keinggian sekitar 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Borobudur), di kawasan ini terdapat 3 candi utama, yaitu candi Siwa, Brahma dan Wisnu, ketiga candi tersebut melambangkan Trimurti yang dianut oleh umat hindu, dan setiap candi utama masing-masing memiliki satu candi pendamping.

Candi Prambanan menawarkan pemandangan bangunan candi yang terlihat sangat megah, selain menikmati kemegahan candi Prambanan kita juga bisa melihat candi-candi lainnya yang tak kalah keren lho, seperti Candi Sewu yang terletak tak jauh dari Candi Prambanan.

Lokai Candi Prambanan : Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

baca juga : Candi Prambanan, Candi Hindu terbesar di Indonesia


Nah, itulah daftar tempat wisata paling populer di masing-masing Kabupaten di Jogja, diantara objek wisata diatas mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi dan menjadi favoritmu ?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »