Pantai Sadranan, Spot Snorkeling Baru di Yogyakarta


Pesona keindahan Kabupaten Gunung Kidul memang tak perlu diragukan lagi, terlebih dengan banyaknya pantai-pantai indah yang senantiasa membuat siapapun tak mau pulang, salah satu pantai indah di Gunung Kidul adalah pantai Sadranan.


foto pemandangan pantai sadranan jogja
pemandangan di pantai sadranan. foto : citraararet


Pantai Sadranan memang tak sepopuler pantai pantai lainnya seperti Krakal, Kukup dan Baron, namun jika membahas pemandangannya, pantai Sadranan tak kalah dengan pantai populer lainnya lho, nama Sadranan sendiri diambil dari kegiatan yang sering dilakukan masyarakat setempat, yaitu “nyadran sesajen ke laut” atau bisa disebut sedekah laut.

Terletak di sebelah pantai Krakal menjadikan objek wisata satu ini cepat populer, karakteristik pantai Sadranan tak jauh berbeda dengan deretan pantai lainnya, yaitu memiliki pasir berwarna putih kekuningan, namun walaupun termasuk dalam pantai laut selatan, ombak disini cukup tenang kok.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, pantai Sadranan juga menjadi spot snorkeling baru di Jogja, jika dulu kita mengenal pantai Nglambor sebagai lokasi favorit untuk snorkeling, kini pantai Sadranan muncul untuk memberikan kita pilihan.

baca juga : indahnya taman bawah laut di pantai Nglambor


foto snorkeling di pantai sadranan jogja
snorkeling di pantai sadranan. foto : diandra_91



Pemandangan bawah laut di pantai Sadranan juga tak kalah indah dengan pantai Nglambor, jadi jika kamu memang hobi snorkeling maka wajib hukumnya untuk mencoba di tempat wisata satu ini, hanya saja pantai Sadranan lebih sepi dari pantai Nglambor karena memang kurang populer.

Di pinggir pantai sudah terdapat banyak sekali tempat penyewaan peralatan snorkeling, jadi kamu tidak perlu kawatir jika tidak membawa atau mempunyai peralatan snorkeling sendiri, selain itu juga terdapat banyak gazebo yang bisa kita sewa untuk beristirahat dan nongkrong bersama teman maupun keluarga.

Waktu paling tepat untuk snorkeling disini adalah saat pagi sekitar jam 6-8 dan sore hari sekitar jam 4-6 sore, untuk snorkling di pantai sadranan pengunjung bisa menyewa peralatan snorkling sebesar kurang lebih Rp.50.000 sepuasnya.

Pantai Sadranan memiliki beberapa spot favorit untuk snorkeling, diantaranya adalah spot Watu pecah dan Kali Senggoro, di dua spot ini kita akan di suguhi dengan pemandangan biota laut lucu dan terumbu karang yang mempesona ditambah lagi pantai Sadranan juga dihuni spesies–spesies langka yang di lindungi seperti ikan Kepe–Kepe, Areng–Areng, Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Kerondong (Belut Moray), anakan Kerapu, Belanak, Muniran/ Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon, dan lain–lain.

Bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa menyewa dome atau tenda dengan harga sekitar Rp.50.000/24 jam atau kamu juga bisa membawanya sendiri dari rumah, maka nikmatilah pemandangan dan suasana malam di pantai Sadranan yang menyenangkan.

baca juga : berani naik gondola di pantai Timang Gunung Kidul ?


foto indah pantai sadranan jogja
cantik ya. foto : alvie_alfoon


Rute Menuju Tempat Wisata Pantai Sadranan

Untuk menuju ke lokasi bisa dibilang cukup mudah. Dari kota jogja langsung saja menuju ke gunung kidul melewati jalan wonsoari, setelah sampai di pasar wonosari ambil kanan menuju arah pantai baron, setelah sampai di pantai baron masih ketimur lagi menuju pantai Krakal, lokasi pantai Sadranan berada setelah pantai Krakal dan sebelum pantai Indrayanti.




foto keren ayunan pantai sadranan jogja
ayunan di pantai sadranan, foto : syifanrl




Tips Berlibur Ke Pantai Sadranan :

  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalannya yang sempit dan naik turun.
  • Waktu terbaik untuk berlibur kesini adalah saat hari biasa dan di pagi hari agar kamu lebih puas.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Selain snorkeling kita juga bisa berenang atau bersantai di pinggir pantai kok.








Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 64 Km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Pantai Selatan Jawa (1 jam 48 menit)
  • 67 km dari Stasiun Maguwoharjo melalui Jl. Nasional III (1 jam 50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Lihat peta cara menuju ke pantai sadranan



Wisata Terdekat Dari Pantai Sadranan :

Pantai Krakal (3 menit)
Pantai Indrayanti (5 menit)
Pantai Ngandong (4 menit)
Pantai Sundak (4 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »